73 views

Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog

Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog – Anda pernah mendengar istilah halaman amp atau Accelerated Mobile Pages? istilah tersebut sering anda dengar untuk istilah halaman blog atau website. dan pada artikel kali ini kami coba menjelaskan apa itu halaman AMP pada halaman blog atau website dan keuntungan serta kerugiannya menggunakan fitur tersebut.

Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog

Penjelasan dari Amp atau Accelerated Mobile Pages

Amp atau Accelerated Mobile Pages adalah Halaman sebuah website ataupun blog yang didesain khusus, agar website atau blog tersebut dapat di akses lebih cepat di smartphone atau mobile. dari definisi amp tersebut berarti bahwa halaman amp tersebut akan tampil dimesin pencari google, apabila user mencari menggunakan handphone ataupun smartphone.

Berikut gambar bahwa website atau blog sudah menggunakan Amp atau Accelerated Mobile Pages di halaman google yang di akses via mobile / Smartphone:

Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog
Contoh halaman AMP yang terindex google

Pada gambar di atas anda dapat melihat ada semacam simbol atau icon petir, berarti halaman website atau blog tersebut sudah menggunakan fitur Amp atau Accelerated Mobile Pages.

Amp atau Accelerated Mobile Pages sendiri merupakan project dari Perusahaan mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google. dengan tujuan kepada pengguna agar dapat mengakses halaman website dengan cepat dan kenyamanan dengan menggunakan Mobile /smartphone. anda dapat mempelajari di website https://www.ampproject.org/

Secara teori apabila ada seseorang yang mengakses halaman blog atau website anda, tetapi proses dari loading halaman website atau blog anda yang cukup lama, menurut anda apa yang di lakukan pengunjung tersebut? hampir 80 persen penggunjung menutup halaman website anda dan menganti keyword lain di halaman google.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara menghapus akun google atau gmail dengan mudah

Bagi anda yang memiliki adsense itu merupakan kerugian, seperti orang yang ingin membeli barang di toko anda, tetapi sebelum melihat produk yang anda tawarkan si ornag tersebut langsung pergi begitu saja.

Blog ini yaitu jejakdosen.com ini baru menggunakan halaman amp sekitar 2 bulan yang lalu, dan saya dapat menganalisis beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan halaman tersebut :
Keuntungan menggunakan halaman AMP :

1. Sangat cepat di akses via mobile di bandingkan dengan halaman web yang tidak menggunakan amp

2. Responsive, tampilan halaman web amp memang didesain khusus untuk mobile

3. Cepat di Index oleh mesin pencari

4. Cocok untuk blog baru atau blog lama

5. Untuk pengguna CMS WordPress anda tidak perlu repot-repot mengganti code amp, anda cukup install plugin saja.

Kerugian menggunakan halaman AMP :

Pada dasarnya kerugian menggunakan halaman AMP hanya sekedar masalah teknis saja seperti :

1. Karena ingin meningkatkan performa pasti ada source code atau hal lain yang di hilangkan seperti bahasa javascript tidak dapat dibaca.

2. Apabila anda menggunakan template premium tentu menggunakan AMP template yang premium dan bagus tersebut tidak bisa di akses di mobile

3. Template AMP di Buat sangat sesederhana mungkin, berikut perbandingan halaman amp dari blog ini :

Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog
Halaman Website tanpa AMP

 

Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog
Halaman website dengan AMP

4. Dan anda tidak bisa menampilkan iklan di sidebar website anda

5. Mungkin sampai saat ini banyak kelemahan yang di alami menggunakan halama AMP

Halaman AMP ini merupakan project serius dari Google, ketika saya mencari referensi tentang Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog serta keuntungan dan kerugiannnya, banyak point kerugian yang di saya temukan.

Tetapi saya yakin, Google akan terus akan melakukan riset untuk halaman AMP ini, dan tentunya akan berdampak dengan kinerja blog anda serta penghasilan di adsense. saya pun sempat berpikir lama untuk memutuskan apakah menggunakan halaman amp atau tidak. setelah berpikir panjang, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Halaman AMP walaupun pada referensi yang saya baca masih banyak kerugiannya

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya

Demikianlah artikel singkat kami mengenai Mengenal Halaman Amp atau Accelerated Mobile Pages untuk blog semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.