Mengenal Serangan Virus Jahat Ransomware WannaCry dan WannaCrypt

Mengenal Serangan Virus Jahat  Ransomware WannaCry dan WannaCrypt – Baru-baru ini dunia digemparkan dengan adanya variant virus baru/malware yang menyerang sistem keamanan komputer diseluruh dunia. beberapa hari lalu saya membaca running text disebuah TV swasta tentang 99 negara yang sudah terkena hack dengan serangan virus bernama Ransomware WannaCry dan WannaCrypt. pada kesempatan kali ini saya akan membahas untuk mengenal tentang virus atau malware tersebut.

Mengenal Serangan Virus Jahat Ransomware WannaCry dan WannaCrypt
Serangan Virus Jahat Ransomware WannaCry dan WannaCrypt

Mengenal Serangan Virus Jahat  Ransomware WannaCry dan WannaCrypt

Ransomware adalah Nama malware atau virus jahat yang menyerang sistem komputer. cara kerja dari Malware Ransomware yaitu dengan menginjek, mengunci dan mengenskripsi data-data yang ada dikomputer kita. Enskripsi adalah sebuah metode untuk merubah atau mengkonversi data sehingga data-data tersebut tidak dapat dibaca atau dikenali. contoh enskripsi misalnya : nama Jejakdosen di Enskripsi misalnya menjadi @#safsajfhsarudn223. contoh secara umum seperti itu.

Baca Juga : Pelantikan anggota Cyber Police Community di polda Lampung

Virus Ransomware bekerja seperti itu, Virus tersebut masuk ke komputer dan mengubah semua data-data yang dienskripsi oleh mereka. Jenis Ransomware yang sering menginfeksi keamanan yaitu bernama WannaCry (Wanna Decryptor) atau WannaCryptBagaimana cara untuk mengembalikan data-data tersebut ?, Kita membutuhkan kode enskripsinya, kode enskripsi tersebut hanya di miliki oleh pembuat enskripsi, sehingga modusnya mereka meminta tebusan sejumlah uang kepada perusahaan-perusahaan yang datanya terkena virus Ransomware.

Bagaimana kita tidak mau memberikan tebusan ? Biasanya Virus Ransomware memberikan beberapa waktu untuk si user berpikir untuk membayar tebusan, jika tidak terpenuhi maka yang terjadi adalah data yang sudah terenskripsi tersebut di hapus ataun dihilangkan secara permanen. bayangkan bila Perusahaan besar dengan penghasilan yang besar datanya terhapus karena virus ini. bisa rugi..

Mendengar berita tadi Malam, di Indonesia ada 2 rumah sakit yang kabarnya sudah terinfeksi virus ini yaitu rumah sakit Dharmais dan Rumah sakit harapan kita. seperti yang admin cek diwebsite resmi rumah sakit dharmais http://dharmais.co.id/gangguan-sistem-informasi-rumah-sakit/ tentang ganguan sistem informasi dikarenakan virus Ransomware kabarnya para penjahat cyber ini meminta tebusan sekitar USD 300 dalam bentuk bitcoin.

Sampai saat ini virus Ransomware masih menyerang platform windows (XP)  tetapi tidak menutup kemungkinan virus ini menyerang platform yang lain seperti Linux dan Android karena besarnya pengguna Sistem Operasi Mobile tersebut. Apa saja yang kira-kira diserang oleh virus Ransomware ? penyerangan yang sudah terjadi yaitu penyerangan dengan sistem operasi windows, atau penyerang sekaligus windows, linux dan mac os. kemudian penyerang ke server-server induk, website e-commerce serta aplikasi berbasi android

Bagaimana Cara pencegahan yang dapat dilakukan pertama kali untuk mengatasi virus Ransomware ?

1. Sering mencabut koneksi jaringan internet Lan atau Wifi.

2. Sering Rutin melakukan Back up data, ingat back up data pekerjaan yang membosankan tetapi wajib dilakukan

3. Jika anda memakai antivirus, Rajin Update antivirus usahakan menggunakan antivirus berbayar.

4. Pastikan Windows yang digunakan sering terupdate (windows asli)

5. Gunakan produk-produk ESET. Eset adalah Aplikasi Antivirus untuk scanning malware terbaik saat ini

6. Berhati-hatilah jika mendapatkan email yang berisi attachment atau lampiran yang mencurigakan, diharap jangan dibuka

7.  Bagi pelaku bisnis sebaiknya gunakan antivirus yang beredisi bisnis.

Kesimpulan dari artikel Mengenal Serangan Virus Jahat Ransomware WannaCry dan WannaCrypt adalah berhati-hati lah dalam segala bentuk kejahatan, bentuk kejahatan yang tidak terlihat adalah kejahatan di dunia maya dan supranatural (hiks), bagi pemula paling tidak dapat mengetahui cara pencegahan dari virus ini. secara teknis ISACA ID sudah membuat panduan untuk mencegah virus Ransomware masuk kedalam Sistem Operasi Windows 10. Silahkan cari di google ya panduannya. gunakan internet secara bijak dan berhati-hatilah..

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

4 thoughts on “Mengenal Serangan Virus Jahat Ransomware WannaCry dan WannaCrypt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin