Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru

Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru – Seorang Dosen memiliki jenjang karier yaitu Jabatan akademik yang terdiri dari 4 (empat) level yaitu Asisten Ahli (AA), Lektor, Lektor Kepala dan Guru besar. untuk mengurus Jenjang akademik diperlukan nilai Kum.

Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru
sumber picture : www.pixabay.com

Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru

Untuk pengajuan jenjang akademik dosen dengan pengajuan nilai kum dihitung melalui Pedoman Operasional Penilaian angka kredit kenaikan jabatan akademik dosen, saat ini panduan yang terbaru akan berlaku pada bulan april 2019.

Silahkan download Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru tahun 2019

Dari pedoman operasional penilaian PAK dosen yang berubah yaitu penghitungan nilai kum dari masing-masing tridharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian serta Unsur Pendukung dari Kinerja dosen.

contohnya pada panduan PAK dosen sebelumnya untuk bidang pendidikan yaitu mengajar, dihitung berdasarkan jumlah mahasiswa dan Bobot SKS maka total dari perkalian tersebut merupakan nilai KUM dari Pendidikan dan Pengajaran.

Dan pada panduan yang baru tahun 2019 penghitungan berubah contohnya untuk 10 sks pertama mengajar bagi dosen yang berjenjang akademik Asisten Ahli bernilai kum 0,5 dan sks selanjutnya adalah 0,25. jadi walaupun seorang dosen banyak mengajar pada satu semester maka nilai yang didapat tidak besar alias kecil.

Kemudian untuk bukti kum tridharma pada pedoman terbaru ini adalah bukti yang diberi hanya berupa scan dan link url yang di upload. misalkan contoh Bapak/Ibu dosen memiliki penelitian yang diterbitkan atau dipublikasi di jurnal, bukti yang dibutuhkan hanya alamat url ataupun link website tempat uploadnya saja.

Jadi tidak perlu membawa atau mengirimkan bukti fisiknya saja. perbedaan lain adalah ketika menjadi Ketua penguji dan anggota penguji. serta menjadi pembimbing mahasiswa.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Berapakah Nilai Toep dan TKDA PLTI untuk serdos

Untuk lebih jelas Bapak/Ibu Dosen dapat mendownload Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru dan membaca perlahan atau secara detil untuk memahami agar tidak terjadi masalah dalam pengurusan JJA dosen.

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru semoga bermanfaat para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan akademik dosen terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.