Pengalaman Jadi juri Lomba kompetensi siswa SMK Bandar Lampung

Pengalaman Jadi juri Lomba kompetensi siswa SMK Bandar Lampung – Pada hari tepat tanggal 01 Februari 2018 saya di percaya untuk menjadi juri Lomba kompetensi siswa tingkat SMA Kota Bandar Lampung tahun 2018. Saya menjadi juri di Bidang Lomba Web Design and Development.

Pengalaman Jadi juri Lomba kompetensi siswa SMK Bandar Lampung
Lomba LKS – SMK Bidang Web Design dan Development di Bandar Lampung

Pengalaman Jadi juri Lomba kompetensi siswa SMK Bandar Lampung

Hal ini menjadi Pengalaman pertama saya menjadi juri LKS SMK tingkat kota Bandar Lampung, yang diselenggarakan tepatnya di gedung pasca sarjana Universitas Bandar Lampung. ada banyak hal yang menarik yang saya dapatkan dari kegiatan ini dari jenis soal, perangkat dan kemampuan adik-adik yang masih SMK ini.

Sekilas tentang Lomba kompetensi siswa (LKS) SMK se-Bandar Lampung :

Lomba ini diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan pemerintah propinsi lampung dan Musyawarah kerja Kepala sekolah (MKKS) kota Bandar Lampung. Lomba ini di ikuti oleh siswa SMK dengan Background  :

1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

2. Multimedia

3. Animasi

4. Perhotelan

5. Dan Lain-lain

Untuk Lomba design web dan Development di Ikuti oleh 11 SMK yang ada di Bandar Lampung, sesuai aturan setiap hanya di perbolehkan untuk mengirim 1 orang siswa untuk masing-masing perlombaan. 11 Sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mengikuti LKS 2018 di Bandar Lampung yaitu :

1. SMK 2 Mei Bandar Lampung

2. SMK Yadika Bandar Lampung

3. SMKN 6 Bandar Lampung

4. SMKN 5 Bandar Lampung

5. SMK BLK Bandar Lampung

6. SMKN 4 Bandar Lampung

7. SMKN 1 Bandar Lampung

8. SMKN 8 Bandar Lampung

9. SMKN 9 Bandar Lampung

10. SMK Bakti Utama Bandar Lampung

11. SMKN 2 Bandar Lampung

Yang nantinya pada perlombaan ini akan di seleksi pemenangnya dari Tingkat Kota Kemudian Tingkat Propinsi dan Tingkat Nasional.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Definisi Toleransi antar umat beragama di Indonesia

Kegiatan LKS SMK 2018 ini sendiri direncanakan sesuai jadwal selama 2 hari dari tanggal 1 – 2 februari 2018.

Tugas Menjadi juri Lomba kompetensi siswa SMK Bandar Lampung :

Untuk menjadi juri saya ditunjukan karena background pendidikan dan pengajaran saya adalah seorang dosen komputer. dan di tunjuk memang bidang yang tidak terlalu asing untuk saya yaitu web design dan Development. ketika fix menjadi juri saya di hubungi panitia untuk koordinasi dan ternyata selain menilai hasil yang dikerjakan mahasiswa saya juga di tunjuk untuk membuat kisi-kisi dan Soal lomba kompetensi siswa bidang web design dan development.

Karena keterbatasan waktu saya tidak sempat untuk membuat soal kisi-kisi LKS SMK 2018, dan saya berpedoman dengan kisi-kisi SMK 2017 saja untuk membuat soal LKS SMK 2018 kota Bandar Lampung, berikut saya lampirkan file-filenya :

1. Kisi-kisi soal LKS-SMK tahun 2017. DISINI

2. Soal LKS SMK 2018. DISINI

Untuk Web design dan Development ini terdiri dari 4 Modul utama yang harus diselesaikan selama 15 Jam, Modul tersebut antara lain :

1. Modul A : tentang Design gambar untuk web

2. Modul B : Slicing Layout

3. Modul C : Client Side

4. Modul D : Server Side Programming

Jujur ketika saya membaca pertama kali soal dan kisi-kisi, saya sedikit agak kaget, kenapa? karena soal yang diberikan cukup sulit dan mahasiswa pun belum tentu dapat menyelesaikan soal ini.

Dan saya berpikir karena dasar pendidikan mereka adalah SMK dan disiapkan untuk dunia kerja siswa tersebut selalu di gembleng untuk praktek. setelah penilaian tahap pertama saya cukup apresiasi dengan hasil siswa-siswa ini dan banyak dari peserta yang masih di bangku kelas 1 atau 2.

Demikianlah artikel opini saya tentang Pengalaman Jadi juri Lomba kompetensi siswa SMK Bandar Lampung Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Teknologi tidak bisa terbendung apa yang harus dilakukan | Kolom opini

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin