Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer

Dosen memiliki beberapa pembagian menurut bagian dan ikatannya dalam perguruan tinggi atau universitas. dari pengalaman pribadi saya, sebagian mahasiswa belum mengetahui tentang apa sih dosen tetap, dosen tidak tetap ataupun dosen luar biasa. dosen yang terakhir disebutkan merupakan dosen yang sering ditanyakan oleh mahasiswa. yaitu dosen LB atau dosen luar biasa atau ada yang menyebut Dosen Terbang. bahkan ada mahasiswa yang tertawa mendengarkan kata Dosen Terbang, padahal saya tidak lagi becanda. hehe.. oleh karena itu pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer.

Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer

Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer
Dosen Tetap | Dosen Tidak Tetap | Dosen Luar Biasa

Sebelum masuk ke topik artikel, ada sedikit pengalaman saya tentang dosen luar biasa ini, di fakultas tempat saya mengajar, kami memiliki beberapa dosen LB atau terbang. yang menarik dari pertanyaan saya ke teman-teman LB tersebut, mereka memiliki Homebase di Perguruan tinggi lain, tetapi status mereka disana pun LB atau kata mereka tidak mau terikat. wah, saya menjadi bingung dari jawaban mereka, is ok..itu hidup mereka..jika mereka enjoy..saya ikut enjoy..bravoo broo hehe

Lanjut ke Judul, Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer. pada dasarnya dosen sama dengan guru. mempunyai murid atau mahasiswa. dan perbedaan di tugas kalau dosen memiliki tugas yaitu tridharmaa perguruan tinggi dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada masyarakat. setahu saya untuk guru tugasnya hanya Pendidikan dan Pengajaran tidak ada penelitian, tetapi yang saya ketahui tugas pak guru dan bu guru lebih susah dibandingkan dosen, beliau tersebut harus membangun pondasi yang kuat kepada siswa sejak dini. pantas rasanya guru dijuluki Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

Lanjut ya Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer, Dosen Tetap adalah dosen yang bekerja penuh waktu di Univeristas atau dikampus, yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Untuk mengetahui Syarat menjadi dosen bisa baca artikel ini. Alhamdulilah pada saat ini saya sudah menjadi Dosen tetap (walaupun ada Kontrak) di kampus saya hehe. dan Telah tersertifikasi. Alhamdulilah.

Dosen tetap diperguruan tinggi atau di kampus terdiri dari :

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Calon Pegawai Negeri Sipil yang mengajar di Perguruan Tinggi

2. Dosen DPK Kopertis (Dipekerjakan), pada dasarnya dosen tsb merupakan PNS di Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta) dan dosen tersebut dipekerjakan/diperbantukan di Perguruan Tinggi yang ditunjuk oleh Kopertis.

3. Dosen Tetap Non Pegawai Negeri Sipil yang diangkat oleh Yayasan Sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. Dosen Tetap Yayasan yang diangkat dan diberhentikan Oleh yayasan

5. Dosen Luar negeri atau warga negara asing yang di kontrak min 2 tahun dan memiliki Ijasah S3 atau setara Doktor.

Dosen Tidak Tetap adalah Dosen yang diangkat oleh Perguruan Tinggi atau Yayasan atau kampus tertentu selama jangka waktu tertentu, bekerja bisa penuh waktu ataupun paruh waktu. dan diberikan NUPN. NUPN adalah Nomor Urut Pengajar Nasional. dan Biasanya Dosen Tidak tetap ini dikontrak Perguruan Tinggi tertentu, dan perguruan tinggi tsb menjadi Homebase mereka.

Dosen Tidak tetap diperguruan tinggi atau di kampus terdiri dari :

1.Dosen Kontrak yang tidak memenuhi syarat pada peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan no. 84 Tahun 2013.

2. Dosen Luar negeri atau warga negara asing yang tidak memenuhi syarat.

Dosen Honorer atau dosen Luar biasa adalah dosen yang tidak memiliki ikatan kerja pada perguruan tinggi tertentu, tidak memilik Homebase dan Tidak Memilkik Nomor Urut Pengajar nasional atau NUPN.

Dosen Honorer atau Dosen Luar Biasa terdiri dari :

1. Dosen Tamu, yang sesekali mengajar. misalnya dikuliah umum

2. Dosen Pengganti

3. Dosen Luar Biasa.

Setelah Membaca Artikel Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer, saya harapkan para mahasiswa mulai memahami perbedaan tersebut, walaupun tidak ada ditanyakan di soal UAS atau pada wawancara pekerjaan, saya merasa mahasiswa bisa mengetahui hal tersebut. beberapa isian dari pengertian tersebut saya kutip di website Kopertis 12 yang berjudul pembagian dosen menurut ikatan kerja. Semoga Bermanfaat Tulisan ini, salam jejakdosen.com

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer

  • June 16, 2017 at 5:48 pm
    Permalink

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu dan selamat malam
    Kewenangan mengangkat dosen tetap yayasan ada pada pengurus Yayasan,,,yang biasanya dibuktikan denga SK dan tertera nominal insentif bulanan,lalu kenapa ada perguruan tinggi tidak merealisasikan apa yang telah dituangkan dalam SK? Kalau ini terjadi apakah dianggap pelanggaran dan kenapa tidak diperingatkan atau ditindaki sebagai salah satu bentuk pengawasankopertis???
    Hari gini orang kerja tanpa digaji sungguh perbuatan tidak manusiawi….

    Reply
    • June 17, 2017 at 3:51 am
      Permalink

      Waalaikum salam warahmatullahiwabarokatuh, untuk masalah tersebut saya kurang memahami mba. apakah itu pelanggaran atau tidak. coba bisa diteruskan ke lembaga yang berwenang, misal kopertis ataupun DIKTI. terima kasih

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin