Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM yang tidak diketahui

Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM yang tidak diketahui – Mengulas Chat Messanger yang ada pada saat ini tidak akan habisnya, dengan selalu adanya inovasi dari perusahaan-perusahaan Chat Messanger dengan banyak fitur yang disediakan, akhirnya para pengguna yang akan memilih Chat Messenger apa yang akan mereka gunakan untuk berkomunikasi. Aplikasi Chat Messanger adalah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi menggunakan text. awalnya aplikasi ini bakal diperkirakaan untuk mengganti teknologi lama yaitu Short Message Service ata SMS. Memang pada saat ini, pengguna Chat Messanger sangat banyak di Indonesia apalagi orang Indonesia yang Hobi Cit cat an, tetapi SMS sendiri memiliki penguna yang setia yaitu paling tidak Bapak Ibu yang tidak bisa menggunakan Smartphone seperti Orang tua saya di Rumah.  🙂

Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM
Pilih Mana WA atau BBM ?

Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM yang tidak diketahui

Perkembangan Chat messanger pada saat ini tak terbendung, banyak perusahaan besar ataupun Starup baru untuk mengembangkan aplikasi chat ini. contoh aplikasi chat messanger dari awal saya mengenal aplikasi chat adalah Blackberry Messanger (BBM), Kakao Talk, We Chat, Line, Whatsapp (WA), Kemudian ada Telegram. bahkan dari beberapa orang memiliki semua aplikasi chat tersebut yang di Install di Smartphonenya. saya secara pribadi hanya memakai dua chat messanger yaitu Whatsapp (WA) dan Blackberry Messanger (BBM).

Pada Tulisan Kali ini saya akan membahas dan mengupas Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM yang tidak diketahui banyak orang serta keuntungan dan kerugian antara kedua chat messanger ini. untuk pembahasan keuntungan dan kerugian ini bersifat subjektif, yang saya buat pada artikel ini dari sudut pandang saya. mungkin akan ada perbedaan antara saya dan pembaca.

Gambaran Secara Umum Aplikasi Chat Messanger Whats App atau WA ?

Whats App atau WA pada awalnya di buat hanya untuk melayani platform Ios atau Iphone dan pada perkembangannya WA dapat di gunakan oleh semua Platform dari android, Blackberry, Windows dan Symbian. Fitur-fitur yang di miliki aplikasi WA adalah :

1. Fitur yang Pertama pastinya Pesan Text : Pengguna dapat mudah mengirim pesan teks seperti sms menggunakan jaringan internet.

2. Fitur Whats app yang terbaru bisa Menggunakan Panggilan Telepon dan Video

3. Fitur Mengirim Dokumen dengan mudah, ukuran dokumen sampai dengan 100 MB

4. Fitur Moment Share yang dapat dibagikan seperti your Story di Instagram

5. Fitur Grup yang anda bisa buat dengan jumlah anggota grup 256 sampai saat ini

6. Fitur Whats Web yaitu fitur dimana Whatsapp bisa digunakan di laptop asalkan laptop masih terhubung dengan smartphone via internet.

7. Fitur Keamanan Transfer text, gambar, suara dan video yang canggih

Gambaran Secara Umum Aplikasi Chat Messanger Blackberry Messanger atau BBM ?

Sama halnya seperti WA, BBM pertama kali di kembangkan hanya bisa di jalankan di Platform Blackberry Os saja dan dapat digunakan di Smartphone BBM. Hampir sepuluh tahun yang lalu, orang yang menggunakan Smartphone BBM kelihatannya keren banget. karena Blackberry pada saat itu berinovasi dengan mengedepakan aplikasi Chat tanpa pulsa yaitu BBM. Setiap Orang Bebas cit cat dengan teman, saudara atau pasangan tanpa harus memikirkan pulsa akan habis. dengan kehadiran BBM, Handphone merk nokia, motorola, Sony Ericson dll mulai berguguran dan ditinggalkan pengguna. Fitur-Fitur yang di Miliki Aplikasi BBM adalah :

1. Fitur Times Message yaitu fitur yang dapat mengirimkan pesan dengan menggunakan waktu.

2. Fitur Share Lokasi adalah fitur yang disediakan oleh BBM untuk membagi lokasi anda saat ini kepada teman atau yang lainnya

3. Fitur BBM Channel sama hal dengan Grup yang ada di BBM

4. Fitur Message Retract adalah fitur BBM yang dapat menarik atau menghapus chat yang sudah dikirim

5. Fitur Grup BBM yang dapat menampung anggota 250 kontak

6. Fitur Video Call dan panggilan yang saat ini sudah di miliki oleh BBM

7. Fitur Transfer Gambar dengan kualitas HD

Pada Keterangan diatas merupakan Gambaran dari Fitur-fitur yang di Miliki WA dan BBM yang di kutip dari Website Resmi. dan pada paragrap selanjutnya adalah saya akan membahas Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM :

1. Pada BBM untuk menjadikan seorang teman di butuhkan PIN, di WA hanya Nomor Handphone

Pada Fitur ini saya secara pribadi lebih suka menggunakan PIN, dari pada Nomor Handphone, karena dengan menggunakan nomor Handphone seluruh kontak dapat masuk menjadi teman. (tidak Private)

2. Pada BBM ada Recent Update dan di WA tidak ada

Kalau menurut saya, adanya Recent Update bisa menjadi awal pembicaraan alias Basa basi atau modus  🙂 bagi pengguna BBM, tetapi ada kalanya males ngeliat Recent update para alayers. untuk hal ini saya bandingka 50-50. tergantung waktunya.

3. Pada BBM ada fitur PING di WA tidak ada

Jelas penyalahgunaan fungsi PING pasti sangat menggangu, bagi yang tidak mengerti fungsi PING, PING biasanya digunakan untuk salam pembuka. sedangkan di WA tidak ada, pada fitur ini saya memilih WA.

4. Pada BBM banyak Iklan di WA tidak

Secara pribadi iklan sangat menggangu sekali, pada fitur ini saya lebih suka menggunakan WA

5. Pada WA bisa diakses di Web sedangkan BBM tidak

Menguntungkan bagi pengguna WA karena ketika kita sambil bekerja dengan laptop, kita bisa membalas chat yang masuk.

6. WA Memiliki Jumlah Anggota Grup yang Banyak di bandingkan BBM

7. Menurut saya, WA membutuh koneksi internet yang kecil di bandingkan BBM

8. Kualitas Pengiriman Gambar WA lebih bagus, jika di BBM harus Request HD terlebih dahulu

9. Di WA anda tanda ketika chat di baca (tetapi bisa di non aktifkan) atau seolah-olah kita belum membaca chat, di BBM tidak ada.

Caranya Buka Aplikasi WA > Klik Titik 3 disudut kanan atas > Settings > Account > Privacy > Read receipts (cheklist dihilangkan)  🙂

Kesimpulan dari artikel Perbedaan Fitur Chat Messanger WA dan BBM ini adalah Penggunaan dari kedua aplikasi chat ini tergantung pada individu pembaca masing-masing, yang saya bahas perbandingan dan perbedaan fitur ini hanya dari sisi saya sebagai pengguna aplikasi tersebut. bagi yang mempunyai pendapat lain, boleh share ke saya dan pembaca lainnya di kolom komentar.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin