Perbedaan Hosting dan Domain di Blog | Jejakdosen.com

Perbedaan Hosting dan Domain di Blog – Pertama kali belajar membuat blog atau lagi belajar di kampus materinya adalah bahasa pemograman web, ada banyak istilah yang sering kita dengar tetapi belum mengetahui perbedaanya. contoh : ada istilah website ada istilah weblog. atau istilah http dan istilah https, dan yang paling sering di dengar adalah istilah Hosting dan domain baik pada blog maupun di Website. website adalah halaman yang berisi informasi-informasi yang mengaksesnya harus menggunakan aplikasi web browser dan internet.

Perbedaan Hosting dan Domain di Blog
Apa sih Pebedaan Hosting dan Domain ?

Perbedaan Hosting dan Domain di Blog

Sedangkan, Weblog adalah Aplikasi berbasis web yang di dalamnya berisi tulisan-tulisan dan biasanya tulisan-tulisan tersebut terstruktur dan berurutan. ketika mempelajari membuat blog pada pertama kali atau membaca tentang blog, istilah Hosting dan domain selalu ada. Perbedaan Hosting dan Domain di Blog, Definisi dari Hosting adalah tempat menyimpan data website yang berisi file-file seperti sebuah website, gambar, audio dan lain-lain. sama halnya seperti kita pertama kali membuat website, agar file website dapat diakses lokal, maka kita harus menginstal server lokal / localhost, biasanya aplikasi Xampp sudah menyediakannya.

Hosting memiliki 2 tipe atau jenis :

1. Hosting Gratis

Hosting gratis adalah tempat penyimpanan data website diberikan dan disediakan secara gratis. contohnya ketika anda membuat Blog dengan Blogspot. data-data yang dimiliki blog tersebut langsung disimpan di blogspotnya.

2. Hosting Berbayar/premium

Hosting berbayar adalah Tempat penyimpanan data, yang beban sewanya di serahkan ke pemilik blog. biasanya waktu minimalnya adalah satu tahun penyewaan.

Kemudian Definisi Domain adalah Sebuah alamat yang ditujukan kepada website kita. sebenarnya website itu merupakan dari kumpulan IP atau Internet Protocol Address adala Sejumlah angka biner yang terdiri dari 32 bit sampai dengan 128 bit yang dipakai untuk mengidentifikasi alamat komputer host disebuah jaringan internet. bagi yang sedang belajar jaringan, pasti tidak asing lagi dengan struktur Internet protocol seperti : 192.168.86.1 dst. contoh misalnya website www.google.com alamat Ip adalah 74.125.68.100, coba anda ketik alamat Internet protocol google tersebut ke web browser anda maka anda akan dilempar ke halaman utama google.

Contoh Lain, Alamat IP www.facebook.com adalah 31.13.78.35 dan anda akan diarahkan ke halaman Facebook.com. kalau misalnya semua alamat halaman website itu yang kita hafalkan adalah alamat internet protocol atau ip maka akan terlalu sulit menghafalnya sehingga kita harus membeli sebuah nama website untuk menggantikan nomor IP tersebut, dan itu disebut dengan Domain.

Bagaimana Cara mengecek Nomor Internet Protocol (IP addres) sebuah halaman website ?

Cara mengecek nomor ip address website :

1. Pastikan anda terhubung dengan internet

2. Kemudian anda buka CMD atau Command prompt di Menu Run Windows anda, atau tekan tombol windows di keyboard dan huruf R bersamaan.

3. Setelah Tampil Command Prompt silahkan ketik : Ping spasi (Alamat website yang anda ingin cari IP nya)

Contoh : PING www.google.com atau PING www.facebook.com atau alamat website yang lain dan akan tampil seperti Gambar dibawah ini :

Perbedaan Hosting dan Domain di Blog
Cek Nomor Ip Sebuah Website

Dimana saya bisa membeli Hosting dan Domain ?

Banyak penyedia jasa pembelian hosting dan domain: www.idwebhost.com atau www.domainesia.com

Jadi Kesimpulan Perbedaan Hosting dan Domain diblog adalah :

Hosting tempat penyimpanan data website anda dan Domain adalah Nama dari alamat Nomor Internet Protocol (IP address sebuah komputer yang terhubung dnegan internet)

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Perbedaan Hosting dan Domain di Blog | Jejakdosen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin