Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru di Kampus

Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru di Kampus –  Semester baru akan dimulai dikampus, untuk mahasiswa yang semester lama mungkin tidak ada yang spesial, masuk kuliah seperti rutinitas saja. tetapi akan berbeda dengan calon mahasiswa baru. Ya, pasti ada rasa deg-degan, seneng, malas dan rasa-rasa yang lain ketika masuk ke tempat dan suasana baru yaitu kampus.

Mahasiswa baru

Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru di Kampus

Well, pada kesempatan kali ini saya akan membahas persiapan apa saja yang harus anda persiapkan ketika menjadi mahasiswa baru di kampus : yuk silahkan disimak.

Persiapan menjadi mahasiswa baru :

1. Beradaptasi dengan Lingkungan kampus

Yang pertama adalah yang harus kamu persiapkan untuk menjadi mahasiswa baru adalah beradaptasi dengan lingkungan kampus. salah satu contohnya adalah dengan teman. berbeda dengan saat anda sekolah di kampus sangat sulit mendapatkan teman yang akrab satu kelas misalnya seperti yang ada disekolahan. bukan karena mahasiswa yang sombong, tetapi waktu kuliah yang berbeda-beda tidak seperti kuliah.

2. Mulai Bersikap Mandiri

Ketika kamu menjadi seorang mahasiswa, tentunya kamu dituntut lebih mandiri dalam segala hal dikampus, misalnya untuk masalah nilai. kalau disekolah ketika kamu tidak mengikuti ujian, guru akan memanggil kamu dan meminta kamu untuk melaksanakan ujian susulan, berbeda dengan di kampus, dosen tidak akan mencari kamu untuk ikut susulan. oleh sebab itu kamu harus berperan aktif untuk mengikuti ujian susulan.

3. Mulai suka berkomunikasi 

Jika kamu pada saat sekolah menjadi siswa yang suka sendiri, mulai berubah ketika anda sudah kuliah. kenapa harus berubah karena kamu kalau tidak bisa membuka diri dan berkomunikasi baik dengan dosen atau teman. kamu akan sangat ketinggalan informasi di kampus. sehingga akan menyulitkan kamu dalam melaksanakan perkuliahan atau hal lain yang ada dikampus.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Program edit data dengan java databases MYSQL
4. Mulai terbiasa dengan waktu perkuliah

Waktu perkuliahan sangat berbeda dengan waktu sekolah, misalkan kamu dahulu sekolah kuliah dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 15.00 sore dan tempatnya pasti diruang kelas yang sama. berbeda dengan kuliah, waktu kuliah kamu sangat berbeda. bisa saja di satu hari kamu bisa kuliah pagi dari jam 08.00 sampai dengan 11.30 dan sisanya tidak ada kuliah dan atau sebaliknya.

5. Mulai membuat strategi perkuliahan

Lulus kuliah tepat waktu merupakan strategi kamu sebagai mahasiswa, karena antara mahasiswa satu dengan yang lainnya sesuai pengalaman saya ada kuliahnya yang tepat waktu ada juga yang standart atau bahkan lebih lama. itu dikarenakan strategi perkuliahan yang berbeda-beda.

6. Mulai mencari pekerjaan sampingan

Khususnya kamu mahasiswa yang kuliah di luar kota tentunya harus berpikir bagaimana survive dikota orang, salah satunya adalah mencari pekerjaan yang dapat sejalan dengan waktu kuliah kamu. karena pasti ada waktu dimana kiriman dari orang tua telat atau tidak ada bahkan setiap bulannya. jika kamu memiliki pekerjaan dan kamu pasti memiliki simpanan uang, maka kamu pasti tidak terlalu pusing apabila tidak mendapat kiriman.

7.Mulai meninggalkan Kebiasaan menggunakan seragam

Kuliah dengan baju bebas tapi sopan, ya kamu harus meninggalkan mindset menggunakan seragam di sekolah. kamu sudah berpikir menggunakan pakaian-pakaian yang menunjukan kamu mahasiswa. karena dari berpenampilan orang dapat melihat kamu sebagai orang yang berpikir dewasa.

Demikianlah artikel singlat saya mengenai Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru di Kampus semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.