Registrasi ulang nomor hp anda sebelum batas terakhir

Registrasi ulang nomor hp anda sebelum batas terakhir – Hampir sebulan yang lalu, saya melihat iklan di televisi ataupun video yang berseliweran di media sosial tentang registrasi baru atau registrasi ulang untuk pengguna nomor handphone yang ada di Indonesia. pengguna mengharuskan registrasi ulang nomor handphone dengan menggunakan nomor kartu keluarga ataupun nomor induk kependudukan yang ada di E-KTP.

Registrasi ulang nomor hp anda sebelum batas terakhir

Awalnya saya berpikir, registrasi ulang kartu atau nomor handphone ini sama seperti biasa dengan memasukan data asal-pun pengguna dapat teregistrasi, agak sedikit malas sih sebenarnya untuk melakukan registrasi ulang. dengan selalu mendapat informasi dari provider via sms, untuk melakukan registrasi ulang nomor hp, akhirnya seminggu yang lalu saya putuskan untuk melakukan registrasi ulang nomor handphone saya.

Kebetulan, saya memegang dua (2) nomor handphone untuk komunikasi, bukan karena banyak utang karena dikejar-kejar debt collector, tetapi alasan klise yaitu efiesiensi. hehe.. kedua nomor tersebut yang saya gunakan adalah nomor dengan provider XL yang sudah bertahan hampir 13 tahun dengan saya dan juga satu lagi nomor dengan plat merah Telkomsel, yang hampir setahunan ini juga menempel di handphone saya.

Untuk registasi pengguna baru secara umum tanpa melihat providernya anda dapat menggunakan cara berikut ini :

Ketik SMS dengan format :  NIK#nomor KK# lalu kirim ke 4444 

atau

Untuk registrasi pengguna lama dapat melakukan dengan cara berikut ini :

Ketik SMS dengan format : Ulang#nomor NIK#nomor KK# kirim ke nomor 4444

Tetapi dengan menggunakan format SMS, terkadang terasa sulit ataupun tidak user friendly. berikut cara mudah untuk registrasi ulang dengan melalui website provider yang ada di Indonesia.

1. Registrasi kartu Telkomsel via Web :

a. Ketik atau klik link berikut ini : Registrasi kartu telkomsel kemudian akan tampil form menu seperti gambar di bawah ini :

Registrasi ulang nomor hp anda sebelum batas terakhir

b. Isikan semua data yang dibutuhkan No Handphone Telkomsel anda dan termasuk Nomor Kartu keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda sesuai E-KTP

c. Registrasi ini berlaku untuk semua kartu telkomsel prabayar : simpati, as ataupun loop.

d. Tombol Dapatkan password berfungsi untuk memverifikasi bahwa benar anda pemegang nomor hp tersebut, dan telkomsel akan mengirimkan beberapa digit angka / huruf ke nomor hp anda untuk anda masukan ke website tadi.

e. Jika berhasil registrasi ulang, maka anda akan dikirimkan sms selamat dari no 4444

2. Registrasi kartu XL Via Web :

a. Ketik atau klik link berikut ini untuk provider XL Registrasi Ulang XL dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Registrasi ulang nomor hp anda sebelum batas terakhir

b. Ikuti Langkah-langkahnya seperti Registrasi ulang kartu telkomsel, ingat yang terpenting anda tahu nomor kartu keluarga dan Nomor induk kependudukan (NIK).

c. Jika sudah selesai, no 4444 akan mengirimkan Sms berhasil ke anda

3. Registrasi kartu Indosat Via Web :

a. ketik url atau klik link Registrasi nomor Indosat

b. saya mencari link seperti provider telkomsel atau XL seperti indosat tidak memiliki, atau saya yang salah. anda bisa menggunakan cara sederhana tadi bagi pengguna indosat dengan mengirimkan format SMS.

4. Registrasi kartu 3 Via Web :

a. untuk kartu 3 kamu dapat membaca informasinya dari link berikut ini : Registrasi kartu 3

b. Sama halnya indosat, 3 tidak memiliki interface khusus web untuk registrasi khusus, jada anda dapat menggunakan cara format sms.

Apa Resiko atau akibatnya kalau tidak registrasi ulang sampai dengan deadline 28 Februari 2018.

Sesuai dengan wawancara oleh Agung harsoyo Komisioner BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) ada 3 tahap proses pemblokiran :

1. 30 hari setelah deadline (28 Februari 2018) maka panggilan keluar dan sms keluar di blokir

2. 15 hari setelah panggilan keluar dan sms keluar di blokir, maka panggilan masuk dan sms masuk di blokir

3. Setelah 15 hari pada point ke 2, maka akan diblokir selamanya.

Demikianlah artikel singkat saya tentang Registrasi ulang nomor hp anda sebelum batas terakhir, aturan registrasi ulang menurut Peraturan Menkominfo No. 12/2016 dan registasi ulang di mulai pada tanggal 31 Oktober 2017 sampai batas akhir sampai akhir bulan februari 2018.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin