Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula | PDP

Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula – Salah satu kewajiban seorang dosen adalah melakukan penelitian, itu tertuang dalam tridharma perguruan tinggi. menurut website http://www.scimagojr.com ranking Indonesia di penelitia se-asia berada di peringkat 11 pada tahun 2015, Indonesia berada jauh dari China yang berada di peringkat 1 dan di Ranking Indonesia di Asia Tenggara berada di peringkat ke 4 berada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand. dengan data tersebut Pemerintah secara khusus memperhatikan serta concern, sehingga memberikan dana penelitian kepada dosen, atau peneliti melalui Kementrian Ristek dan Teknologi, LPDP atau lembaga lainnya.

Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula
Ilustrasi Diskusi pembuatan proposal dosen pemula antar dosen

Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula

Melalui Direktorat Riset dan Pengabdian kepada masyarakat pada buku panduan terbaru Edisi XI tahun 2017, banyak skema yang dihadirkan baik dari skema penelitian ataupun skema kepada pengabdian masyarakat. program penelitian di bagi menjadi 3 yaitu Desentralisasi, Kompetitif nasional dan insinas. masing-masing program terdiri dari beberapa skema. contohnya adalah pada program kompetitif nasional memiliki salah satu penelitian dosen pemula (PDP).

Program dari skema Penelitian dosen pemula atau pdp adalah program riset yang ditujukan kepada peneliti muda atau pemula yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan riset dalam pelaksanaannya di perguruan tinggi. selain itu tujuan dari PDP adalah Menjadi sarana/tempat berlatihnya dosen pemula untuk publikasi hasil dari riset atau penelitiannya ke jurnal minimal jurnal nasional. adapun Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula untuk dosen adalah sebagai berikut.

Syarat Dosen untuk memasukan proposal penelitian dosen pemula :

1. Untuk Ketua berpindidikan minimal S2 (Starta 2) dan memiliki Jenjang Akademik Maksimal Asisten Ahli

2. Atau Ketua PDP boleh tidak memiliki jenjang akademik (tenaga pengajar) dengan pendidikan S2

3. Untuk Anggota minimal 1 – 2 orang anggota

4. Pada tahun anggaran yang sama hanya boleh mengirimkan satu proposal menjadi Ketua Tim dan Anggota

5. Ketua tim dan Anggota tim pdp, hanya boleh mendapatkan 2 kali dana penelitian pdp, 2 kali menjadi Ketua dan  2 Kali menjadi Anggota

6. Jenis keilmuan proposal harus sesuai dengan latar belakang pendidikan Peneliti

7. Jangka waktu Penelitian Dosen Pemula (PDP) hanya satu tahun

untuk format penulisan Penelitian dosen pemula pada dasarnya sudah di jabarkan pada buku panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat edisi XI. berikut contoh format Penelitian Dosen Pemula (PDP) secara umun :

1. Satu lembar halaman sampul penelitian

2. Satu lembar halaman Pengesahan penelitian

3. Tentang Identitas dan jabaran serta uraian secara umum

4. Daftar isi Proposal

5. Abstrak Penelitian atau Ringkasan

6. Bab I Pendahuluan

Pendahuluan Berisi latar belakang kenapa anda ingin mengambil topik penelitian, permasalah-permasalahan yang ada. Hipotesa serta konsep untuk menyelesaikan masalah tersebut. dan ditambah target capaian tahunan.

7. Bab II Tinjauan Pustaka

Berisi Referensi dan landasan teori mengenai ide atau gagasan dari penelitian yang akan diajukan, untuk tinjauan pustaka min 10 tahun kebelakang

8. Bab III Metode Penelitian

yaitu berisi perencanaan, dan tahap penelitian. kemudian dimana objek penelitian serta rancangan dan analisis data penelitian.

9. Bab IV Biaya dan Anggaran

10. Daftar Pustaka

11. Lampiran-lampiran yang terdiri dari lampiran 1 Susunan Organisasi dan pembagian tugas, Lmapiran 2 Biodata ketua dan anggota dan Lampiran ke 3 Surat Pernyataan yang dibuat oleh ketua peneliti.

Adanya Program Penelitian dengan skema Penelitian dosen pemula dapat membuat para dosen pemula seperti saya mendapatkan apresiasi dan juga banyak mendapat pelajaran oleh para dosen yang sudah berpengalaman di penelitian disamping hal tersebut peneliti PDP akan tercata track recordnya di website Simlibtabmas.ristekdikti.go.id. yang menjadi bahan borang akreditasi, bahwa seorang dosen secara tertulis produktif atau tidak dalam melakukan riset setiap tahunnya. untuk contoh proposal penelitian dan dosen pemula yang ingin membaca milik saya silahkan email ke jejakdosen@gmail.com Inshaa Allah akan saya kirimkan. Demikian Artikel saya Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula semoga bermanfaat untuk pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Syarat dan contoh proposal Penelitian Dosen Pemula | PDP

  • July 4, 2017 at 5:22 pm
    Permalink

    Aslm..maaf mau tanya..kalau pemgajuan pdp boleh mengajukan mhs sebagai anggotanya?mohon penjelasan dan sarannya trima kasih

    Reply
    • July 4, 2017 at 10:32 pm
      Permalink

      Waalaikum salam ibu yati, untuk penelitian dosen skim apa pun sesuai dengan buku panduan, baik ketua atau anggota peneliti harus seorang dosen yang memiliki NIDN. untuk pdp ketua atau anggota yaitu dosen yang memiliki NIDN dan Maksimal ber JA Asisten Ahli (AA), dosen yang belum ber JA pun bisa mengajukan Skim PDP ini. Terima kasih ibu sudah berkunjung ke blog saya

      Salam kenal

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin