Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar Lampung

Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar LampungDonor darah adalah Suatu proses pengambilan darah dari seseorang yang sukarela yang nanti akan disimpan di bank darah untuk digunakan kepada orang yang membutuhkan melalui transfusi darah. Palang Merah Indonesia (PMI) adalah suatu organisasi yang independen yang bergerak di bidang kemanusian salah satunya adalah proses transfusi dan donor darah.

Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar Lampung
Donor darah selagi bisa

Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar Lampung

PMI pada dasarnya bertujuan tidak hanya mengumpulkan pendonor darah dan menyimpan darah di Bank darah, tetapi ikut terlibat membantu korban bencana alam, membantu daerah yang terkena wabah penyakit dan juga berkomitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat. tetapi kebanyakan dari kita tugas PMI adalah mengumpulkan darah saja. 😀 pada dasarnya golongan darah manusia di kelompokan menjadi 4 yaitu golongan darah O , A , B dan AB. kemudian dari 4 golongan darah tersebut di bagi lagi atas dasar faktor rhesus.

Rhesus adalah Protein yang terkandung atau yang ada di dalam tubuh manusia. rhesus dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Rhesus Positif dan Rhesus Negatif. apakah perbedaan antara rhesus positif dan negatif yaitu ada tidaknya protein yang ada di dalam darah manusia, jika ada protein itu disebut rhesus positif dan jika tidak ada disebut rhesus negatif. sehingga total jumlah pengelompokan darah manusia ada 8 yaitu O+, O-, A+, A-, B+, B-, AB+, AB-. Banyak manfaat yang dapat anda rasakan jika berdonor darah. jika ingin memulai untuk mendonor darah, cek syarat-syarat untuk menjadi pendonor darah.

Syarat dan bagaimana cara donor darah di PMI Bandar Lampung :

1. Untuk mendonorkan darah anda bisa datang di Unit Palang Merah Indonesia (PMI), untuk di Bandar Lampung bisa datang ke :

=> PMI Bandar Lampung beralamat di jalan dr.Samratulangi No.105 Bandar Lampung dibelakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Moeloek (kira-kira 100 m)

=> Unit PMI di Chandra Departement store beralamat jalan hayam wuruk tanjung karang, di lantai 1 tempat parkir motor.

=> Atau di tempat-tempat yang menyelenggarakan kegiatan donor darah.

2. Syarat sebagai pendonor darah adalah :

a. Seorang pendonor Usia Minimal 17 Tahun dan Maksimal 60 tahun

b. Seorang pendonor berat badan minimal 45 Kg baik wanita ataupun pria

c. Seorang pendonor tekanan darahnya normal : untuk tekanan tistol 100-150 mmhg dan diastol 70-100 mmhg

d. Seorang pendonor denyut nadinya normal frekuensinya 50-100 kali/menit

e. Seorang pendonor kadar hemoglobin atau hbnya  minimal 12 gram untuk wanita dan 13 gram untuk pria.

3. Tata cara mendonorkan darah :

a. Datang ke PMI kemudian isi formulir yang disediakan oleh PMI, isi kuesioner secara jujur ya

b. Kemudian pendonor akan di cek kadar atau jumlah Hemaglobinnya atau HB sesuai dengan syarat

c. Selanjutnya pendonor di cek tekanan darah sesuai dengan syarat.

d. Jika semua hasil pemeriksaan oke, langkah selanjutnya adalah mencuci tangan sampai dengan siku.

e. Kemudian pendonor darah berbaring dikursi yang disediakan PMI, kemudian darahnya di ambil satu kantung (kira-kira 250 cc – 500 cc)

f. Tenang tidak sakit, bagi yang phobia jarum suntik pasti merasa ketakutan.

g. Kurang lebih 15 menit, proses donor darah selesai dan pendonor akan diberikan Kopi susu, Multivitamin dan telur rebus.

4. Manfaat mendonorkan darah

Secara pribadi hampir satu tahun kebelakang yang rutin untuk mendonorkan darah saya. dan saya merasakan beberapa manfaat :

a. Cek kesehatan Gratis

b. Tubuh terasa lebih bugar karena regenerasi darah. dari darah lama ke darah baru

c. Dapat meningkatkan sel darah merah

d. Lebih seneng lagi bisa membantu banyak orang

Pada saat ini pendonor darah boleh mendonorkan darahnya minimal 2 bulan sesuai dengan aturan world health organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia. yang sebelumnya pendonor darah dapat menyumbangkan darahnya minimal 3 bulan. kemudian jika ingin menjadi member atau anggota pmi anda bisa mendaftarkan diri ke PMI dengan syarat foto copy ktp dan akan mendapatkan kartu member.

Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar Lampung
Contoh Kartu member donor darah

Semoga dengan membaca artikel Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar Lampung dapat memberikan referensi calon pendonor darah bahwasanya donor darah itu tidak sakit dan banyak manfaat untuk pendonor tersebut. jangan ragu untuk mendonor, setetes darah anda berharga untuk orang lain..

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Syarat dan Manfaat donor darah di PMI Bandar Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin