Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti

Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti – Hari ini iseng-iseng browsing website resmi ristekdikti, siapa tau ada pengumuman dan informasi penting. pada menu Layanan publik sub Mahasiswa ada satu artikel tentang penyetaraan ijasah luar negeri. dan topik ini cocok kayaknya diangkat di sore sambil nunggu bedug berbuka puasa.

Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti
Ilustrasi Penyetaraan ijasah Luar Negeri

Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti

Dan mari kita mulai, yang pertama apa sih penyetaraan ijasah luar negeri itu ? Penyetaraan ijasah adalah suatu layanan yang dilakukan oleh Kementistek Dikti untuk mahasiswa yang berkuliah di luar negeri, apakah gelar yang mereka dapatkan dari luar negeri tersebut setera dengan ijasah pendidikan yang berlaku di Negara Indonesia. parameter atau hal-hal yang di cermati dari penyetaraan ini adalah Lama masa studi yang di ambil, sistem perkuliahan/akademik di perguruan tinggi luar negeri, jumlah total SKS yang diambil, kualitas tugas akhir serta lama tinggal dinegara tempat mahasiswa tersebut berkuliah. dan apa saja Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti

Apakah Mahasiswa yang berkuliah di Luar Negeri harus melakukan penyetaraan ijasah ? Sebenarnya tidak harus, tergantung dari tempat mereka akan bekerja apakah memerlukan penyetaraan atau tidak.

Syarat-Syarat penyetaraan ijazah luar negeri RistekDikti adalah Sebagai berikut :

1. Penyetaraan dapat dilakukan secara online dengan mendaftar/registrasi di website RISTEKDIKTI

2. Pada menu registrasi ada dua pilihan disesuaikan :

=> Calon Pemohon Sebagai Dosen

=> Calon Pemohon Non Dosen

Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti
Pilihan di form Pendaftaran Penyetaraan ijazah

3. Kemudian Calon pemohon mengisi form pendaftaran seperti gambar di bawah ini :

Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti
Contoh Isian Form Registrasi Penyetaraan Ijazah Non Dosen

4. Kemudian Setelah Selesai Mengisi Form Pendaftaran Calon pemohon akan mendapatkan Nomor Registrasi. Harap nomor tersebut di simpan atau di catat di tempat yang aman.  😎

5. Selanjutnya Calon Pemohon penyetaraan ijasah Luar negeri datang ke Direktorat Jendral Pembelajaran dan Mahasiswa yang Beralamat di : Gedung D Pintu 1 Senayan Jalan. Jenderal Sudirman, RT. 01/ RW. 03, Gelora, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270. 

6. Dan Calon Pemohon membawa Dokumen-dokumen asli serta Fotocopy, Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah sebagai berikut :

=> Ijasah dan transkrip asli (yang akan disetarakan)

Jika Ijasah dan Transkrip tersebut tidak berbahasa inggris, maka harus disertakan ijasah berbahasa inggris yang divalidasi oleh kedutaan besar negara tempat kuliah atau Penterjemah yang sudah disumpah.

=> Bagi Calon Pemohon penyetaraan ijasah yang berkuliah dari Malaysia wajib membawa Ijasah dan transkrip berbahasa melayu dan juga berbahasa inggris.

=> Bagi Calon Pemohon yang berasal dari Tiongkok wajib membawa China Academic Degree & Graduate Education Development Center (CDGDC)

=> Calon Pemohon Membawa ijasah jenjang sebelumnya. Jika Lulus S2 luar negeri, maka membawa ijasah S1 begitu seterusnya

=> Membawa transkrip nilai berbahasa inggris atau sudah divalidasi

=> Membawa Dokumen Tugas Akhir lengkap :

a. Disertasi untuk jenjang S3

b. Tesis untuk jenjang S2

c. Skripsi untuk jenjang S1

Apabila dokumen tersebut diatas tidak berbahasa inggris, maka calon pemohon wajib melampirkan : I. Title Page (Halaman Sampul) II. Abstract (Abstrak) dan III. Conclusion (Kesimpulan)

=> Buku Panduan akademik yang salah satunya berisi kurikulum perkuliahan (terjemahan bahasa inggris)

=> Membawa Artikel ilmiah yang sudah dimuat di Jurnal Internasional Reputasi (untuk jenjang S3)

=> Membawa passport dan Student Visa ( Asli dan Fotocopy seluruh halaman)

=> Membawa Surat perjanjian dari Sponsor

=> Pas foto 3×4 3 lembar (Warna atau hitam putih)

=> Surat izin tugas Belajar (wajib  bagi PNS)

=> Syarat tambahan Apabila Perguruan tinggi dan Program studi belum pernah di setarakan wajib membawa Surat dari KBRI wilayah tempat berkuliah bahwa perguruan tinggi tersebut sudah terakreditasi. 

Berapa Lama waktu Penyetaraan Ijasah luar negeri ? Jika berkasnya lengkap dan perguruan tinggi serta program studi sudah pernah melakukan penyetaraan maka waktu yang dibutuhkan 2 hari kerja.

Apakah SK Penyetaraan ketika di ambil dapat di wakilkan ? Bisa, dengan syarat membawa surat kuasa bermaterai Rp.6000 dan Fotocopy Identitas Pemohon penyetaraan dan identitas pengambil SK, dan apabila SK tidak diambil dalam waktu 3 bulan, bila terjadi kehilangan bukan lagi menjadi tanggung jawab Direktorat Pembelajaran dan mahasiswa.

Demikianlah artikel bagaimana Syarat dan Tata Cara Penyetaraan Ijasah Luar negeri Ristekdikti yang saya referensi dari website http://ijazahln.ristekdikti.go.id , dan agak banyak dokumen yang dikumpulkan, sistem online hanya untuk pendaftaran saja dan penyerahan dokumen dan lain-lain harus datang ke kantor Direktorat Pembelajaran. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin