Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri

Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri – Dengan maraknya pencurian data melalui proses atau metode skimming. Metode skimming adalah tindakan pencurian informasi yang ada di kartu kredit ataupun kartu debit dengan meng-copy semua informasi pada pita magnetik pada kartu atm dengan alat tertentu.

Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri
contoh kartu atm chip (sumber pic : https://kreditgogo.com/artikel/Teknologi/Mengenal-Lebih-Dekat-Teknologi-Chip-pada-Kartu-ATM.html)

Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri

Metode skimming tersebut dilakukan dengan cara mengganti tempat masuk kartu atm sehingga mirip dengan aslinya, kemudian si pengguna memasukkan kartu atm tersebut, dan secara otomatis data tersebut di salin, kemudian si pencuri memindahkan semua data ke kartu atm yang baru/palsu.

Untuk mengatasi proses pencurian data skimming tersebut, banyak bank yang sudah memberlakukan atau merekomendasikan nasabah untuk mengganti kartu atm dengan menggunakkan chip tidak lagi menggunakan pita magnetik.

Salah satu Bank yang saya ketahui yang sudah menggunakan kartu atm berteknologi chip untuk penyimpanan datanya adalah Bank Mandiri. khususnya di Bandar Lampung, banyak nasabah yang sudah menukarkan kartu atm mandiri yang lama dengan atm chip yang baru.

Tetapi karena masih baru, kartu atm chip tersebut sering habis di kantor cabang untuk atm jenis tertentu. seperti yang kita ketahui sebagai pengguna kartu debit mandiri, kartu debit mandiri memiliki 4 jenis yaitu :

1. Kartu debit Mandiri silver

2. Kartu debit Mandiri Gold

3. Kartu debit Platinum

4. Kartu debit Platinum Plus

Lalu apa saja Syarat-Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri adalah sebagai berikut :

1. Anda datang ke kantor cabang mandiri terdekat

2. Membawa E-KTP Asli

3. Membawa Buku Tabungan Mandiri

4. Membawa Kartu ATM Mandiri yang lama (pita magnetik)

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Kirim motor murah antar pulau menggunakan Pos Indonesia

5. Mengisi formulir pergantian kartu debit atm

6. Untuk pertama kali perganti, anda tidak dibebankan biaya kecuali anda sudah menganti lebih dari satu kali

7. Kemudian tunggu beberapa saat untuk proses

Apakah ada permasalah setelah mengganti kartu chip bank mandiri di atm ataupun mesin EDC?

Saya pernah bertanya kepada rekan yang ada di Bank Mandiri Lampung, saat ini belum ditemukan permasalahan yang signifikan untuk penggunaan kartu chip atm mandiri baik dimesin atm ataupun di mesin edc di tempat-tempat perbelanjaan.

Demikian artikel singkat kami mengenai Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri semoga bermanfaat untuk para pembaca blog ini.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Syarat ganti kartu atm berteknologi chip bank mandiri

  • May 31, 2018 at 8:59 am
    Permalink

    Melalui tulisan kamu di blog, saya ingin berbagi pengalaman ketika mengganti kartu debit dari Bank Mandiri. Saya sudah menjadi nasabah dan juga Sahabat Bank Mandiri sejak tahun 2010 dengan produk TabunganKu, terus pada tahun 2014 saya dikonversi ke mandiri tabungan reguler dan untuk kartu debit, saya tidak memilih Classic/Silver dan/atau Gold/Premier, saya pilihnya VISA Platinum Debit, karena kartu debit jenis ini sangat cocok untuk nasabah yang mobilitasnya sangat tinggi seperti saya. Kalau saya belanja, saya sering pake kartu tersebut dimanapun, untuk mendapatkan mandiri fiestapoin. Kemudian pada hari Rabu, tanggal 21 Pebruari 2018, kasir PAPA RON’S PIZZA Cabang Bekasi BLU PLAZA menggesek Bank Mandiri VISA Platinum Debit milik saya yang lama tetapi kartu debit saya tidak terbaca oleh mesin mandiri EDC karena patah di bagian pita magnetik hitamnya. Dan akhirnya pada hari Kamis, tanggal 08 Maret 2018, saya putuskan untuk mengganti kartu debit saya menjadi yang berchip di mandiri cabang Bekasi Taman Galaxi Indah, terus kartu debit lama saya digunting oleh orang cabang untuk bukti bahwa saya sudah mengganti mandiri debit card saya sekalian aktivasi layanan mandiri SMS banking 3355 dan juga registrasi layanan mandiri online banking. Untuk kartu debit yang berchip, saya masih tetap memilih Bank Mandiri VISA Platinum Debit, karena kartu debit jenis ini sangat cocok untuk nasabah yang mobilitasnya sangat tinggi seperti saya, karena dengan kartu debit Bank Mandiri VISA Platinum Debit memungkinkan saya untuk melakukan transfer ke semua bank sampai seratus juta rupiah. Limit transaksi debit di mandiri EDC dan/atau mesin EDC off us lain berlogo VISA dan GPN serta merchant e-commerce berlogo Verified By VISA adalah sebesar seratus juta rupiah. Dan sejak hari Senin, tanggal 19 Maret 2018, saya sudah terhubung dengan layanan mandiri chat banking, Mita (mandiri intelligent assistant). Kemudian pada hari Rabu, tanggal 09 Mei 2018, saya melakukan update nomor handphone saya pada layanan mandiri debit online Verified By VISA dan setelah tiga hari kerja langsung aktif dan bisa dipake di merchant e-commerce. Oleh karena itu, saya sangat bangga menjadi nasabah dan juga Sahabat Bank Mandiri.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.