Syarat mengajukan usulan serdos | Sertifikasi Dosen

Sertifikasi dosen pertama kali di launching kira-kira pada tahun 2010 atau 2011 (Mohon dikoreksi), merupakan angin surga untuk semua dosen tetap di Indonesia, alasannya tentunya adalah pemerintah mengapresiasi kinerja dosen dengan memberikan award atau gaji tambahan kepada dosen yang telah tersertifikasi. Alhamdulilah saya pada tahun 2014 telah tersertifikasi. Dari hal tersebut saya akan berbagi tentang syarat mengajukan usulan serdos, serta apa yang harus dipersiapkan untuk mengukiti sertifikasi dosen.

syarat mengajukan usulan serdos
contoh sertifikat pendidik serdos

syarat mengajukan usulan serdos | Sertifikasi Dosen

Mendapatkan sertifikasi dosen menurut saya, susah susah banget, Karena perhitungan dan kalkulasi nilai menggunakan system/komputer. Apa yang terjadi kalau system menilai, tidak ada toleransi. Kecuali untuk portofolio yang diisi telah memenuhi syarat. Contoh : dalam pengisian deskripsi diri atau portofolio dosen setiap point harus memiliki minimal 150 – 200 kata, apabila kita kurang dalam menulis, tulisan kita tidak bisa disave/diterima oleh Komputer.

Untuk mengajukan Sertifikasi dosen, syarat mengajukan usulan serdos secara administratif sebagai berikut :

1. Memiliki Ijasah S2 dari perguruan Tinggi Terakreditasi

2. Merupakan Dosen Tetap Diperguruan Tinggi

3. Menjadi Dosen Tetap di perguruan tinggi min 2 tahun

4. Memiliki Jenjang Jabatan Akademik (JJA) min Asisten Ahli

5. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan beban min 12 Sks, Max 16 sks

Pada 5 point diatas merupakan syarat mengajukan usulan serdos, ingat ya baru syarat belum tentu lulus, ada beberapa point lagi yang harus diperhatikan (saya pribadi) yaitu :

1.Selalu cek website PDPT RISTEK DIKTI : http://forlap.dikti.go.id/ untuk melihat update data dosen. Maksudnya adalah apabila Dosen A telah memilki JJA Asisten Ahli dan terpenuhi ke 5 syarat untuk mengajukan usulan serdos tetapi pada halamana profile di web PDPT RISTEK DIKTI belum terupdate maka Dosen A tsb belum dapat mengajukan usulan serdos. Catatan: yang bisa melihat profile tampilan keseluruhan pada website hanyalah operator PDPT perguruan tinggi.

2. Download Buku panduan Sertifikasi dosen terbaru, di menu download website: serdos.dikti.go.id baca dengan seksama panduan tsb.

3. Apabila sudah eligible status dosen, mulailah membuat deskripsi diri atau portofolio dosen di ms.word atau di notepad. Karena point yang akan diisi sangat banyak dan harus original.

4. Persiapkan arsip digital (scan) misalnya sertifikat, laporan penelitian dll

5. Jangan Lupa ikuti test Tes Potensial Akademik (TPA) dan Test of English Proficiency (TOEP) , untuk serdos biasanya yang menyelenggarakan Pusat Layanan Test Indonesia (PLTI) website resmi : https://plti.co.id/. Di website tersebut berisi Panduan Pendaftaran, Panduan Memilih tempat dan panduan pembayaran. Pada tahun 2014, seingat saya ketika saya mengikuti kedua test tsb saya membayar 500 rb rupiah. Masing-masing test bernilai 250 rb rupiah.

6. Pada Test TPA dan TOEP yang saya ikuti pada saat itu, tidak miliki batas minimal untuk nilainya, Karena nilai-nilai tsb akan dikonversi menjadi angka yang ada di buku panduan serdos. Pengaruhnya apa? Semakin besar nilainya, maka angka konversinya semakin tinggi.

7. Sejak setahun yang lalu, ada penambahan syarat pada kopertis tempat saya bernaung yaitu menambahkan harus mengikuti workshop materi dari kopertis. Hehe

8. Berdoa, dan cek terus website serdos dikti.

Saya berharap dengan adanya sertifikasi dosen ini, menjadi angina seger untuk dunia pendidikan dan akan menambah kualitas dari sisi dosen. Bagi yang belum tersertifikasi mudah-mudahan artikel syarat mengajukan usulan serdos dapat menjadi inspirasi dan membantu agar LULUS serdos. Aamiinn yeayyyy

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

3 thoughts on “Syarat mengajukan usulan serdos | Sertifikasi Dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin