Syarat mengurus SK Inpassing dosen | jejakdosen.com

Syarat mengurus SK Inpassing dosen – Awal Juli 2017, Posting baru di jejakdosen.com akan membahas tentang Sk Inpassing dosen. lebih ke khusus profesi, Dosen baik PNS ataupun yang bukan PNS pasti pernah mendengar tentang kata “Inpassing”. Inpassing adalah Penyetaraan pangkat yang diberikan kepada dosen yang bukan PNS yang telah memiliki Jenjang Jabatan akademik (JJA) sesuai dengan kepangkatan di PNS.

Syarat mengurus SK Inpassing dosen
Syarat-syarat mengurus Sk Inpassing dosen Non PNS

Syarat mengurus SK Inpassing dosen

Seperti yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, seorang dosen harus memiliki Jenjang Jabatan Akademik (JJA) yang terdiri dari beberapa tingkatan dari yang terendah Asisten ahli (AA), Lektor , Lektor Kepala dan Guru Besar. dari setiap jenjang akademik tersebut dosen dapat melakukan penyetaraan dengan mengurus SK inpassing ke Kopertis tempat dosen tersebut bernaung (jika dosen swasta).

Baca Juga : Syarat untuk Mengusulkan Jenjang Jabatan Akademik (JJA)

 

Apa saja Syarat mengurus SK Inpassing dosen Baik berupa dokumen atau berkas ?

Sesuai dengan pengalaman saya, karena pada bulan yang lalu usulan Jenjang Jabatan akademik (JJA) saya sudah keluar, dan saya mulai mempersiapkan berkas-berkas atau dokumen untuk mengurus JJA tersebut. Hampir semua berkas, pasti sudah dimiliki setiap dosen.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengurus SK Inpassing adalah :

1. Surat Keterangan Permohonan Penyetaraan pangkat yang di tanda tangani oleh Pimpinan Universitas atau perguruan tinggi.

2. Fotocopy (legalisir) Sertifikat Pendidik Dosen (serdos) sebanyak 1 Lembar

3. Fotocopy Surat Keputasan (SK) Inpassing yang sebelumnya (jika ada)

4. Surat / Daftar Hasil Penilaian pelaksanaan pekerjaan yang diterbitkan oleh biro sumber daya manusia SDM (kampus saya) yang di tanda tangani oleh pimpinan fakultas terkait (yaitu Dekan) dan Pimpinan Program Studi (Ketua Program Studi)

5. Fotocopy Ijasah Starta 1 (S1) di Legalisir basah sebanyak 1 lembar

6. Fotocopy Ijasah Starta 2 (S2) di Legalisir basah sebanyak 1 lembar

7. Fotocopy Ijasah Starta 3 (S3) di Legalisir basah sebanyak 1 lembar (jika sudah S3  😎 )

8. Fotocopy Surat keputusan Kenaikan Jenjang Jabatan akademik yang Baru dan Yang Sebelumnya (jika ada)

9. Surat Tanda terima penyerahan Berkas Beban Kinerja Dosen (BKD) semester sebelumnya

10. Surat Pernyataan (asli) yang berisi bahwa anda adalah dosen tetap, tidak berstatus sebagai PNS, Anggota Polri / TNI, tidak sedang melanjutkan studi lanjut dan tidak sedang menjabat menjadi pejabat struktural negara. surat pernyataan tersebut di tanda tangani dosen bersangkutan di atas materai Rp. 6000 dan diketahui oleh pimpinan perguruan tinggi bersangkutan.

Kemudian berkas-berkas tersebut dikirimkan ke bagian kepegawaian (kalau tidak salah) kopertis masing-masing, kemudian tinggal menunggu proses pembuatan sk Inpassing. pengalaman saya sebelumnya tidak lama dalam pengurusan SK Inpassing tersebut paling lama sekitar 1 Minggu.

Berikut saya lampirkan Daftar / Tabel penyetaraan Pangkat Dosen bukan PNS yang telah memilik Jenjang Jabatan akademik :

Syarat mengurus SK Inpassing dosen
Tabel Penyetaran Pangkat untuk dosen bukan PNS (Peraturan mentri pendidikan nasional nomor 20 2008)

Berikut saya lampirkan Daftar / Tabel penyetaraan Pangkat Dosen bukan PNS yang loncat Jenjang Jabatan akademik :

Syarat mengurus SK Inpassing dosen
Tabel Penyetaran Pangkat untuk dosen bukan PNS (Peraturan mentri pendidikan nasional nomor 20 2008) Loncat Jenjang akademik

 

Apakah Maksud Loncat Jenjang Jabatan akademik (JJA) ?

Maksudnya adalah Jika Seorang dosen yang memiliki JJA sekarang Asisten Ahli (kum 50) kemudian pada tahap pengusulan selanjutnya, Kum dapat memenuhi JJA Lektor 300 (kum 300), maka dosen tersebut tidak harus lagi mengusulkan untuk JJA lektor 200 (kum 200) sehingga sering disebut loncat JJA.

Apakah Keuntungan loncat JJA dan Apakah dosen yang loncat JJA ketika di Inpassing kan langsung mendapatkan penyetaraan sesuai dengan JJA yang sekarang?

Ini pengalaman saya, kemarin ketikan saya mengurus JJA dengan kum 300 (lektor 300), saya berpikir akan terjadi penyetaraan ke Golongan III/d, tanpa harus melakukan ke penyetaraan III/c. ternyata hal tersebut salah, Saya tetap diseterakan pada golongan III/c untuk 2 tahun setelah terbitnya TMT di SK JJA, dan setelah habis 2 tahun saya dapat melakukan lagi penyetaraan ke golongan III/d tanpa harus mengajukan usulan JJA kembali.

Keuntungan yang mungkin (sampai saat ini belum saya rasakan hanya baru gambaran saja 😆 ) adalah meningkatnya besaran tunjangan profesi (serdos) dan saya tidak perlu sibuk lagi pengurusan berkas untuk 2 tahun yang akan datang. yeay

Apakah Tujuan Dosen yang bukan PNS harus di Inpassing / penyetaraan ?

Tujuan dari Inpassing adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Dasar untuk memberikan besaran uang Tunjangan Profesi (serdos) untuk dosen yang telah tersertifikasi.

2. Perlakuan yang sama antara dosen PNS dan Non PNS

3. Sebagai Penetapan masa kerja dalam jabatan.

Walaupun anda sudah masuk sebagai dosen tetap pada tahun 2007, dan sk inpassing pertama kali terbit tahun 2010 maka masa kerja anda di hitung mulai dari tahun 2010.

4. Sebagai salah satu kriteria sebagai peserta daftar urutan kepangkatan

5. Salah satu syarat untuk mengikuti sertifikasi dosen

 

Demikianlah artikel Syarat mengurus SK Inpassing dosen, tulisan ini hanyalah pengalaman saya. dan dikampus pun saya bukan merupakan bagian atau biro Sumber daya manusia (SDM) atau kepegawaian. semua materi hasil pengalaman dan membaca di website resmi kopertis12 di Indonesia. jika ada isi yang salah mohon dikoreksi, semoga tulisan saya bermanfaat bagi para pembaca.

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin