Syarat menjadi dosen di Kampus Indonesia, Susah Tidak?

Izinkan saya mempublish blog pribadi yang baru saya buat. sebelum masuk kejudul, ga salahnya ya saya memperkenalkan diri blog saya. saya berharap para teman-teman blogger bisa membantu dan mengkritik saya soal isi atau content. hehe.. lanjut ya, baru sekitar 3 hari yang lalu saya berkeingan membuat blog pribadi. sebelumnya sih saya sudah memiliki blog tetapi content dan isinya masih kayak gado-gado alias campur aduk. artikel pertama saya ini akan membahas tentang syarat menjadi dosen, sesuai dengan profesi saya.

Secara pribadi kurang sreg aja buat saya. dan setelah saya pertimbangkan dan bersemedi akhirnya saya tercetus buat blog pribadi tentang profesi saya saat ini, yaitu dosen. dengan cukup bersusah payah akhirnya saya memberikan nama blog ini jejakdosen.com. dan pada pembahasan nanti saya akan berbagi cerita. awal mulai menjadi dosen dan syarat menjadi dosen baik aturan Kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi serta pengalaman saya.

Dosen atau pendidik profesinya hampir sama dengan guru. meskipun kedengarnyan sama ada perbedaan yang mesti diketahui. kalau guru tugasnya untuk mendidik dan mengajar sedangkan dosen selain mendidik dan mengajar, mempunyai tugas lain yaitu melakukan penelitian daan pengabdian masyarakat. sering disebut dengan tridharma perguruan tinggi.

Foto sedang persentasi kepada mahasiswa, salah satu tugas Syarat menjadi dosen
Foto sedang persentasi kepada mahasiswa

Kenapa jejak dosen? apa iya dosen tidak berjejak kaki? hehe

Alasannya menurut saya lho, banyak cerita yang menarik, banyak cerita yang seru, kadang nyenegin kadang ada keselnya untuk menghadapi para mahasiswa, yang berbeda-beda kareakter, sehingga kalau saya bagikan pengalama, cerita yang menarik tentang dosen atau berbagi pengalaman dunia mahasiswa itu gimana dan dunia kampus itu gimana. hehe intinya sih saya mau eksis aja jadi dosen wkwkkww

Katanya blog dosen, kok bahasanya ga formil kayak mahasiswa yang disuruh buat latar belakang di skripsinya?

Intinya saya tidak ingin memindahkan ke formilan tentang dosen ini  di dunia nyata, ke dunia maya, bukan untuk ga mendidik, tapi lebih ingin fleksibel aja, saya menggambarkan pengalaman saya menjadi pendidik dan pengajar  dengan bahasa yang lain.

nah itu penjelasan sedikit saya tentang latar belakang kenapa saya membuat blog ini, kembali ke judul saya yaitu syarat menjadi dosen itu apa aja ya, susah ga ya? dan pertanyaan itu sering diajukan oleh mahasiswa saya yang baru lulus di kampus, dan ingin meneruskan karirnya ke profesi pendidik dan pengajar.

Pertanyaan besar nya adalah Syarat menjadi dosen dikampus?

Tulisan ini berawal dari obrolan santai seorang alumni dari kampus saya mengajar, secara tidak sengaja dari obrolan santai tsb via WA atau Whatsapp, si anak menanyakan kepada saya, pak saya bisa ga ya jadi dosen dan syarat-syaratnya apa saja? pak bisa ga ya saya ngajar dikampus? dengan tulisan agak becanda saya jawab syaratnya cuma satu yaitu harus ganteng mas..hehhe..kebetulan mahasiswa saya itu seorang laki-laki tulen. seketika si anak menjawab di WA saya dengan kata-kata wkwkwkkwkwkw (alias ketawa terbahak-bahak).

Jawaban Seriusnya..

Secara informil syarat menjadi dosen menurut saya adalah :

1. Niat dan Siap mental : karena berbeda dengan profesi lain, dosen tujuannya sebagai pendidik, peneliti dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Selalu ingin belajar dan terus belajar.

3. Tidak phobia dengan kata membaca : karena ketika mengajar dan penelitian sumbernya tidak sedikit.
Pandai berbicara serta berkomunikasi.

4. Selalu mempunyai solusi alternatif

5. Jangan orientasi dengan uang / kaya. ini sangat penting, karena jika niat ingin kaya saya sarankan jangan jadi dosen, jadi pengusaha atau pebisnis saja (hehehe), kalau cukup bisa dikatakan cukup.

6. Saran saja ketika menjadi mahasiswa berusahalah untuk menjadi asisten dosen karena dari sana kita bisa banyak belajar.

7. Mempunyai jiwa empati dan simpati Karena dosen bukan menghadapi mahasiswa saja tetapi permasalahan yang mereka punya juga.

8. Tidak Phobia dengan yang namanya jurnal, jurnal lokal ataupun internasional. 😀 

9. Terkadang sering tak mengenal waktu. 🙂

10. Siap menjadi orang tua mahasiswa saat dikampus.

Menurut saya semua profesi sama saja, ketika niat baik, insya allah hasilnya juga baik…demikian artikel permulaan saya, semoga yang ingin menjadi dosen terpenuhi semua syarat-syaratnya.

 

Salam Hangat

 

Jejakdosen.com 

 

 

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Syarat menjadi dosen di Kampus Indonesia, Susah Tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin