Teknologi tidak bisa terbendung apa yang harus dilakukan | Kolom opini

Teknologi tidak bisa terbendung apa yang harus dilakukan – Berita dimedia elektronik, media masa ataupun sosial media semakin mengkhawatirkan, saya ambil contoh adalah berita tentang konflik jasa transportasi online yang ada di Indonesia dengan penyedia jasa tranportasi konvensional. antara gojek, grab, dan uber denga ojek pangkalan ataupun supir angkot. dan itu terjadi disetiap daerah, siapakah yang harus disalahkan?

Teknologi tidak bisa terbendung apa yang harus dilakukan

Teknologi tidak bisa terbendung apa yang harus dilakukan

Belum lagi toko-toko atau gerai-gerai bahkan di mall besar pada tutup karena makin suburnya dan berkembangan toko online seperti bukalapak.com, tokopedia.com, shoppee.co,id, JD.id, lazada dab lain-lain. seperti yang saya baca di situs detik.com (Sevel hingga lotus tutup) secara langsung maupun tidak langsung akan dipengaruhi dengan yang namanya teknologi. walaupun agak dibantah oleh ceo tokopedia.com William Tanuwijaya.

Teknologi tidak dapat terbendung dengan waktu yang lama kedepannya, jangan heran jika saat ini banyak orang mendapatkan kemudahan, proses bisnis yang baik ataupun mencari uang dengan menggunakan teknologi, contohnya :

1. Jasa transportasi online gojek, uber, grab dan lain-lain sangat di gemari oleh masyarakat indonesia khususnya, kenapa? karena mudah digunakan, ongkos jelas, kendaraan baik dan penumpang menjadi prioritas, jika kita bandingkan moda transportasi konvensional?

2. E-Commerce berkembang sangat cepat, bahkan kebanyakan masyarakat beralih ke toko online seperti bukalapak.com, lazada dan lain-lain.

3. Digital marketing lebih efektif dan efiesien untuk mengincar pangsa pasarnya, contoh saat kampanye pilpres, pilkada dan lain-lain, para pasangan calon lebih concern branding image di sosmed dibandingkan menggunakan cara konvensional, memasang spandung menyebar pamlet atau yang lainnya.

4. Mencari uang tidak lagi di dunia nyata, ya saat ini sudah mulai terlihat sebagian orang mendapatkan penghasilan dari internet atau teknologi. contoh : blogger, pedagang online, developer aplikasi dan lainnya. yang mendapatkan penghasilan tidak sedikit dengan memanfaatkan teknologi, jangan aneh jika nanti 20-30 tahun lagi banyak orang yang tidak ingin menjadi karyawan kantoran dan lebih memilih bekerja di rumah dengan bermodalkan internet.

5. Belum lagi tentang uang elektronik yang mulai dijadikan alat tukar, seperto e-tolls, Tcash, e-money, gopay sampai dengan bitcoin, apa yang kita pikirkan dengan perkembangan bank konvensional kedepannya? mungkin bisa saja di dalam satu kota atau propinsi hanya membutuhkan satu kantor bank konvensional.

6. Belum lagi perkembangan Trend techonogy 2017 yang salah satu bidangnya adalah AI (artificial intelegence), banyak pekerjaan manusia mulai digantikan dengan robot-robot cerdas yang sudah di tanami AI. contoh saja google sudah mengeluarkan model mobil tanpa awak/pengemudi.

Apa yang harus dilakukan untuk membendung kemajuan teknologi saat ini ?

Cara yang paling aman menurut saya adalah mengikuti teknologi, jika tidak mengikuti suka tidak suka kita akan di tinggalkan. tetapi kita harus mempersiapkan juga filtering terhadap terhadap teknologi ini. jangan sampai semua yang dikerjakan, terlalu tergantung dengan teknologi. ingat, anda yang mengatur teknologi, bukan teknologi yang mengatur anda. perkembangan teknologi ini pasti memiliki sisi positif dan negatif. pertanyaannya Teknologi tidak bisa terbendung apa yang harus dilakukan??

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin