Tentang Jenjang karier menjadi dosen kamu harus tahu

Tentang Jenjang karier menjadi dosen kamu harus tahu – Beberapa hari yang lalu saya bergabung dengan sebuah grup yang ada di facebook yaitu Forum Karir Dosen Indonesia atau yang disingkat FKDI. untuk bergabung ke grup tersebut ada dua pertanyaan sebagai validasi, karena grup ini tertutup alias grup khusus.

Tentang Jenjang karier menjadi dosen kamu harus tahu

Pertanyaan yang harus di isi untuk join grup Forum Karir Dosen Indonesia atau yang disingkat FKDI adalah anda berasal dari kampus mana dan Jenjang akademik anda apa? well jika anda seorang dosen pasti anda memiliki kedua hal yang di minta tersebut.

Bagi anda yang ingin bergubung silahkan klik link FKDI ini.  Forum karir dosen indonesia ini dikelola oleh Bapak Amirullah. karena Facebook grup ini membahas tentang jenjang karir dosen, ada satu informasi yang menurut saya menarik untuk di bagikan.

Yaitu Tentang Jenjang karier menjadi dosen kamu harus tahu. Dosen merupakan profesi yang memiliki jenjang karir. karena bersifat jenjang karir, sebagai dosen anda harus mengisi dan mengurusnya sendiri.

Jenjang karier meliputi Tugas atau Job Desc seorang Dosen yaitu :

1. Jenjang akademik yang terdiri dari :

a. Asisten Ahli (AA)

b. Lektor

c. lektor Kepala

d. Guru besar

2. Sertifikasi Dosen (serdos)

3. Aktif setiap semesternya dalam membuat penelitian, pengabdian masyarakan dan kegiatan-kegiatan pendukung tri dharma lainnya.

Berikut Gambar yang saya referensi dari Grup FKDI mengenai jenjang karier dosen :

Tentang Jenjang karier menjadi dosen kamu harus tahuGambar jenjang karir dosen : Sumber : FKDI

Berikut Penjelasan ketika anda ingin memulai menjadi seorang dosen seperti gambar di atas :

Tahap Pertama (1) :

Ketika Pertama kali di angkat sebagai dosen dan ketika anda sudah mendapatkan Surat Keterangan Pengangkatan (SK) segera urus Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). karena NIDN sama hal seperti SIM jika anda ingin mengendarai kendaraan.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen

Tahap Kedua (2) :

Selanjutnya setelah mengabdi selama satu tahun anda dapat mengajukan usulan jenjang akademik Asisten Ahli (AA) sebanyak 150 KUM. untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel ini USULAN JJA KE ASISTEN AHLI.

Tahap Ketiga (3) :

Kemudian setelah anda mendapatkan SK Jenjang akademik, segeralah untuk mengurus SK Inpassing atau penyetaraan. agar anda dapat eligible untuk pengurusan sertifikasi dosen (serdos)

Tahap Keempat (4)

Pada tahap ini, anda dapat mengurus sertifikasi dosen dengan syarat anda harus eligible via sistem yaitu forlap.dikti.go.id minimal anda memilki jabatan fungsional asisten ahli dan SK inpassing. Baca juga artikel : Syarat mengajukan sertifikasi dosen

Tahap Ke Lima dan Ke Enam (5) dan (6)

Anda dapat mengajukan lagi Jenjang akademik selama minimal 2 tahun waktu tunggu dan sama halnya pada poin ke 2 setelah mengurus jenjang akademik, anda segera mengurus SK Inpassing.

Alur pengurusan Jenjang Akademik :

a. Asisten Ahli => Lektor (200) atau Lektor (300)

b. Lektor => Lektor Kepala

c. Lektor Kepala => Guru Besar

Tahap Ke Tujuh (7)

Jika anda ingin mengajukan ke Guru Besar, setelah anda menyelesaikan pendidikan S3 (Doktoral). waktu tunggu anda selama 3 tahun baru dapat memproses ke guru besar atau anda dapat mengurus di bawah 3 tahun jika anda memiliki kemampuan luar biasa

Dosen merupakan profesi dan memiliki jenjang karir, jika anda ingin jenjang karir meningkat anda harus care dengan karir anda sebagai dosen. tidak menutup kemungkinan dosen baru lebih tinggi jenjang karirnya dari anda yang sudah lama menjadi dosen.

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin