Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui

Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui – Sebelum masuk ke judul artikel, pada blog ini akan ada jenis kategori yang berjudul opini. opini sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI adalah pendapat, pikiran atau pendirian. artinya bahwa semua tulisan yang ada di dalam kategori opini blog ini merupakan pendapat dari penulisnya. dan dapat terjadi perbedaan pastinya.

Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui
Sosial media di Indonesia (source gambar : www.pixabay.com)

Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui

Pada Kolom opini postingan yang akan saya bahas adalah tentang tipe pengguna sosial media di Internet yang harus diketahui. Definisi sosial media secara umum adalah tempat bersosialisasi antara user satu dengan yang lain lewat media internet / online tanpa mengenal batas dan waktu.

Di Indonesia Pengguna internet menurut kominfo sekitar 63 juta orang (sumber : postingan kominfo) hampir 95 persen pengguna internet tersebut adalah pengguna jejaring sosial atau sosial media. seperti yang diketahui Indonesia di Banjir dengan banyak jenis sosial media dari facebook, instagram, path, twitter dan lain-lain. sehingga tidak aneh data kominfo tersebut diatas.

Dari 95 persen pengguna sosial di Indonesia banyak tipe pengguna sosial media tersebut yang saya akan jabarkan di postingan berikut :

Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui

1. Newbie (Pengguna baru)

Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui
User Newbie (source Pic : www.flickr.com)

Apa yang menarik dari pengguna baru atau newbie di Sosial media, mungkin bagi pengguna sosmed facebook dari 5-6 tahun yang lalu. kegiatan memposting tidak aktif dan terlalu banyak lagi. tetapi buat pengguna baru (newbie) yang baru saja berkenalan dengan sosial media itu menjadi hal aneh. apa yang dilakukan? kegiatan aktif baik upload foto, update status yang dapat di hitung per menit-nya. penuh deh halaman news feed anda.. ūüėÜ

2. Silent Reader

Tipe Silent reader ini tipe pengguna sosial media yang pasif. tipe ini masih menggunakan sosial media dan membaca informasi, postingan ataupun melihat foto-foto tanpa meninggalkan jejak apapun di sosmed orang lain. baik like, comment ataupun share. dan tipe silent reader ini pun jarang atau bahkan tidak pernah meng-update status ataupun upload foto di sosmednya sendiri.

3. Over Sharing

Tipe Pengguna sosial media yang satu ini adalah meng-share informasi tanpa membaca terlebih dahulu isi atau content artikelnya. biasanya mereka hanya membaca dari headline atau judul besar dari postingan saja. karena biasanya dalam content berita dan judul itu berbeda.

4. Eksistensi

Tipe Pengguna Sosial media satu ini adalah Eksistensi. yang penting eksis aja disosmed, agak berbeda dengan tipe newbie. pengguna satu ini lebih menonjolkan hal-hal yang bersifat materil ataupun gaya hidup yang dijalani sehari-hari

5. Riya kecil

Pengguna satu ini juga termasuk pengguna yang banyak berkeliaran di sosial media. saya menyebutnya pengguna Riya kecil yaitu meng-umbar kegiatan ibadahnya lewat postingan foto ataupun status sosmednya. contohnya yang saya ingat : ” Terjaga di Sepertiga Malam, Ambil Wudhu, Sholat Tahajud ”¬†atau “Alhamdulilah Puasa Sunnah hari ini berjalan lancar, terima kasih ya Allah”¬†dan banyak lagi postingan yang lain. untuk postingan gambar banyak tersebar foto wanita dengan mukena sambil mengaji di sajadah panjang. dengan caption : “Hati ini sangat tenang jika membaca alquran”

6. Suka Debat

Tipe Selanjutnya yaitu suka debat. ada teman yang share hal yang baik di perdebatkan, ada share gambar di comment ajak berdebat tetapi ketika di ajak berdebat betulan si user ini diam seribu bahasa.

7. User Provokator

User ini aktif sekali di media sosial dan kerjaannya hanya menjelek-jelekan seperti agama, ras atau yang lainnya. disosmed cuitannya bagaikan singa dan menakutkan. dan kita di tangkap oleh pihak berwajib user ini rupanya seperti anak kutu buku,pakai kacamata tebal, kulit putih, rambut berponi. tidak segarang cuitannya. hehe sering saya lihat di sosmed juga.

8. User Bayaran

Ada user bayaran juga di sosmed, yaitu bertugas untuk meng-share berita-berita hoax melalui akun cloningan atau akun palsu. user ini mulai beredar di kala pesta demokrasi atau pemilu. biasanya user seperti ini mengshare atau mem-posting tulisan sesuai permintaan yang bayar saja.

9. User Jualan

Kalau user satu ini lebih positif, memanfaatkan sosial media untuk berbisnis. kalau ketemu user ini jangan harap news feeds kamu bersih dari barang dagangan. hehe

Demikianlah ulasan saya mengenai¬†Tipe pengguna sosial media di internet yang harus diketahui¬†mungkin ada tambahan dari yang lain…??

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *