Tips cara cepat mendapatkan tema atau topik judul skripsi

Tips cara cepat mendapatkan tema atau topik judul skripsi – Masuk semester 6 atau 7 seorang mahasiswa sudah mulai kebingungan untuk mengambil mata kuliah yang bernama tugas akhir atau skripsi. tugas akhir atau skripsi seakan menjadi momok yang menakutkan untuk di hadapi, bahkan tidak jarang mahasiswa yang pintar di kelas akan tertinggal dengan teman yang lain karena tugas akhir ini.

Tips cara cepat mendapatkan tema atau topik judul skripsi
Tips cara cepat mendapatkan tema atau topik judul skripsi (sumber gambar : pixabay.com)

Tips cara cepat mendapatkan tema atau topik judul skripsi

Pada dasaarnya Skripsi dan tugas akhir memiliki banyak kesulitan, dari awal menentukan tema atau topik kemudian mencari permasalahan, meng-analisis dan melakukan uji di pembahasan serta menentukan kesimpulan dari hasil penelitiannya.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas satu pokok terlebih dahulu dalam tugas akhir atau skripsi yaitu bagaimana tips cara cepat mendapatkan tema atau topik dari judul skripsi :

1. Tentukan Topik atau tema skripsi anda sesuai dengan minat anda

Skripsi pada dasarnya adalah penelitian yang di dukung oleh setiap mata kuliah yang anda ambil dari semester awal sampai dengan akhir. misalnya ada seorang mahasiswa IT, pada semester awal anda senang dengan mata kuliah pemograman web, anda dapat menggunakan kemampaun tersebut untuk membuat produk dan mencari topik yang berhubungan dengan hal tersebut.

2. Mulai mencari referensi dari Buku, Jurnal ataupun literarur yang lain

Buku adalah jendela dunia, pepatah tersebut saya rasa sangat benar. tetapi saat ini jendela dunia bukan saja dari buku atau bisa gunakan teknologi informasi untuk mencari topik tersebut. anda dapat membaca jurnal-jurnal terkait dengan penelitian anda dengan mendownload di Internet.

3. Cari Informasi di Youtube

Situs Youtube saat ini dapat anda jadikan referensi untuk mencari topik atau teman tugas akhir atau skripsi anda. karena bentuk video, anda dapat memahami referensi yang ada di Youtube.

4. Banyak Ngobrol atau berdiskusi dengan kakak tingkat yang sedang melaksanakan Tugas akhir

Komunikasi itu sangat penting, bertukar pengetahuan atau knowledge ke kakak tingkat kemungkinan besar anda akan mendapat topik atau tema skripsi, dan hal tersebut bukan hal yang mustahil

5. Datang ke perpustakaan baik di kampus ataupun perpustakaan daerah (jika ada) dan baca judul skripsi yang pernah di buat.

Bagi kamu yang masih alergi ke perpustakaan menjelang tugas akhir atau skripsi, saya rasa harus di hilangkan rasa alergi tersebut. kenapa? karena di perpustakaan kampus khususnya terdapat ribuan skripsi yang dapat kamu baca dan kamu jadikan referensi untuk menentukan topik tugas akhir kamu.

6. Mulailah sering berdiskusi dengan dosen pembimbing

Dan terakhir memulai bertukar pikiran dengan dosen pembimbing, kamu dapat sama-sama belajar dengan dosen pembimbing dan bukan hal yang mustahil dosen pembimbing kamu dapat memberikan ide yang cemerlang mengenai topik atau tema skripsi kamu.

Demikianlah Tips cara cepat mendapatkan tema atau topik judul skripsi kamu, dan artikel ini masih awal untuk membahas tentang penelitian, tugas akhir atau skripsi.

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam hangat dari kami….

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin