Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa

Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa – Dosen?? atau disebut tenaga pendidik yang memiliki beberapa tugas dan kerja yang tertuang didalam Tridharma perguruan tinggi. jika secara general tidak ada bedanya antara tugas dosen dan guru. salah satunya menjadi pendidik untuk para murid atau mahasiswanya, walaupun dosen memiliki tugas lain yaitu penelitian dan PKM.

Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa
Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa

Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa

Di era yang sangat berkembang dengan teknologi, maka metode pembelajaran juga mulai bergeser dari sifatnya yang konvensional dan monoton di dalam kelas, saat ini banyak dosen yang menggunakan media interaktif dengan menggunakan gadget yaitu menggunakan video, gadget atau dengan menggunakan teknologi yang lain.

Metode pembelajaran mulai bergeser dan pertanyaannya bagaimana dengan dosen? apakah saat ini masih ada terdengar dosen killer? sepertinya hany beberapa persen yang saat ini dosen yang mendapat julukan dosen killer.

Dan pada tulisan saya akan berbagai Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa yang saya kumpulkan dari referensi pribadi dan juga diberbagai sumber di internet. dan tulisan ini sangat subjektif

Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa :

1. Posisikan anda menjadi Partner mahasiswa 

Saat ini banyak mahasiswa yang menyukai dosen sebagai partner, dapat berdiskusi dan belajar tanpa harus takut. serta berkomunikasi dengan cara-cara mahasiswa tetapi memiliki batas-batasan tertentu. jangan sampai dengan menjadi partner mahasiswa menjadi ga ada attitude atau kurang sopan.

2. Menggunakan Teknologi dan Gadget untuk media pembelajaran

Dikelas jika seorang dosen mengajar mata kuliah teori dengan bobot sks yang besar, maka di pastikan mahasiswa yang jenuh di dalam kelas. Gunakan metode pembelajaran berkombinasi dengan gadget, mahasiswa tidak akan jenuh berada di dalam kelas.

3. Jangan Moody atau baper

Terkadang sebagai dosen terbawa mood atau permasalahan yang dibawa ke kampus, dan mahasiswa yang akan terkena dampaknya. memang sulit untuk mengatur mood dan memisahkan antara urusan pribadi dan kampus.

4. Jangan suka mengintimidasi mahasiswa dengan alasan nilai dan lain-lain

Intimidasi atau menekan mahasiswa hal tersebut yang tidak disukai mahasiswa, sebagai contoh : jika ada mahasiswa yang sedikit bandel, si dosen mengancam nanti kamu saya tidak lulusin atau dengan alasan lain.

5. Gunakan kata-kata yang baik kepada mahasiswa 

Sebagai dosen tidak salahnya sekali-sekali menggunakan kata-kata yang memuji mahasiswa untuk membangun semangat mereka belajar dan berkuliah.

6. Menjadi Teladan untuk mahasiswa

Dosen atau guru harusnya menjadi teladan bagi mahasiswa atau muridnya, tidak sebaliknya. teladan tidak hanya dari cara berbicara selain itu dari perbuatan.

Demikianlah artikel opini saya mengenai Tips dan cara menjadi dosen yang asik bagi mahasiswa, yang datanya saya kumpulkan salah satunya dari website : www.duniadosen.com semoga artikel ini bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin