Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah | Sertifikasi dosen

Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah – Pada blog ini kurang lebih 3 artikel yang membahas tentang sertifikasi dosen atau serdos. alasan kenapa saya sering membahas tentang serdos, serdos merupakan bentuk apresiasi kepada para dosen di seluruh Indonesia dengan bentuk tunjangan uang yang nominalnya disesuaikan dengan Golongan seperti PNS.

Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah
Portal atau website serdos

Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah

Oleh Karena itu dengan tulisan saya di blog ini, saya berharap dapat memberikan motivasi terhadap teman-teman dosen di Seluruh Indonesia, untuk mengambil bagian dalam proses sampai dengan lulus sertifkasi dosen atau serdos ini.

Kalau membaca judul mungkin agak berlebihan sedikit tentang Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah, pada judul saya sisipkan kata mudah agar pada saat proses pelaksanaan untuk pelaksanaan serdos, tes yang beberapa tahap tersebut tidak menjadi momok yang menakutkan. Jujur tidak ada kata mudah untuk lulus sertifikasi dosen atau serdos, insya Allah dengan usaha yang lebih, Allah akan memberikan kemudahan dalam melakukan tes sertifikasi dosen.

Pada Tips dan Trik  Lulus Serdos dengan mudah ini saya akan berbagi dari persiapan hingga tahap pengisian deskripsi di dan CV pada sistem sertifikasi dosen

Apa Saja yang harus di Persiapkan untuk lulus sertifikasi dosen atau serdos :

1. Yang Pertama yang harus di persiapkan adalah Syarat-syarat agar dapat panggilan untuk serdos, baca artikel http://jejakdosen.com/syarat-mengajukan-usulan-serdos/ untuk lebih lengkapnya.

2. Pantau terus ketiga website ini : Website Serdos , Website Kopertis (sesuaikan dengan wilayah kopertis anda) dan website Forlap Dikti.

Menurut saya penting untuk memantau terus ke tiga website tersebut, biasanya informasi tentang di mulainya sertifikasi dosen dan informasi lainnya sering di share di website tersebut. khusus website forlap yang kita pantau adalah apakah Jenjang akademik anda sudah minimal : Asisten ahli dan Sudah memiliki Inpassing.

Karena proses validasi serdos, panitia serdos mengambil data dari forlap dikti. sehingga apabila data anda belum update dengan batas minimal syarat, mustahil anda di panggil untuk pengusulan serdos.

3. Proses Pengusulan serdos yang saya ketahui dilaksanakan 3 kali dalam setahun, waktunya bervariasi misalnya tahap 1 di bulan januari atau februari, tahap ke 2 mei atau juni dan tahap ke 3 Oktober atau november. siapkan diri anda.

4. Apabila anda sudah tervalidasi dan mendapat undangan dari kopertis (seperti kopertis 2) untuk mengikuti workshop dan sosialisasi serdos, segera datang dan penuhi undangan tersebut. jika tidak hadir misalnya di kopertis 2 maka dosen yang bersangkutan tidak akan diberi username dan password untuk login ke website serdos.

5. Luangkan waktu untuk menulis Deskripsi diri dan CV. karena menurut saya membuat kedua hal tersebut membutuhkan energi dan konsentrasi. untuk membuat Deskripsi diri silahkan baca artikel ini Tips Menulis Deskripsi diri

6. Luangankan waktu untuk membaca 3 Buku Panduan yang sudah disediakan olek DIKTI, yang menurut saya buku tersebut menjadi kisi-kisi dan sangat membantu sekali ketika kita lagi Blank : berikut 3 buku tersebut saya lampirkan dan bisa anda unduh :

A. BUKU I Tentang Naskah Akademik 

Pada Buku ini berisi tentang Landasan Hukum, Syarat-syarat serdos, Kelulusan, waktu penyelenggaraan, pembiayaan dan lain-lain. silahkan di unduh pada teks yang berwarna biru.

B. BUKU II Tentang Penilaian Portofolio 

Pada Buku ini berisi tentang Bagaimana Penyusunan Portofolio yang terdiri dari Penilaian persepsional, Penilaian personal atau deskripsi diri, Konsistensi penilaian, nilai gabungan dan rekapitulasi kesimpulan. dibuku ini terdapat bagaimana cara menghitung nilai kelulusan serdos. serta kisi-kisi bagaimana mendapatkan nilai tertinggi untuk masing-masing pembobotan nilai.

C. BUKU III Tentang Prosedur Operasional Baku Tatalaksana Serdos terintegrasi 

Pada Buku ini berisi tentang SOP atau Prosedur atau tahapan sertifikasi dosen atau serdos.

7. Persiapkan Hasil-hasil publikasi atau penelitian sebaiknya sudah dalam bentuk digital (scan) dan memiliki URL atau Link Onlinenya. minimal 3 atau 4 lebih banyak lebih baik.

8. Ketika Tahap Pengusulan serdos di buka Pantau juga website https://plti.co.id/ untuk mengetahui jadwal pelaksanaan test TKDA dan TOEP.

Apakah ada istilah tidak lulus untuk test toep dan tkda ? jawabanya tidak, nilai atau hasil kedua test tersebut akan di konversi ke nilai, ada di BUKU II tentang penilaian portofolio.

9. Tahap terakhir setelah melakukan tahap 1-8 adalah menunggu hasil kelulusan, saya sarankan untuk membuat deskripsi diri atau CV jangan plagiat, karena jika di indikasi plagiat anda akan diberi waktu 1 tahun untuk dapat mengikuti serdos ini. istilah nya adalah pembinaan.

Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah
Pengumuman hasil pengusulan serdos

Semoga dengan tulisan saya mengenai Tips dan Trik Lulus Serdos dengan mudah dapat bermanfaat untuk para pembaca. tulisan ini hanya sharing tidak untuk mengurui ataupun mengajari. apabila ada salah mohon koreksi dan bersedia untuk menuliskan di kolom komentar atau email ke jejakdosen@gmail.com atau download disini dan apabila link download buku ada yang tidak aktif mohon di infokan ke kami.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin