Tips menghadapi Micro teaching Dosen baru

Tips menghadapi micro teaching dosen baru – Jika anda berniat dan ingin menjadi seorang dosen. tentunya anda harus memenuhi syarat-syarat wajib untuk menjadi dosen misalnya anda berpendidikan minimal S2 dan memiliki nomor induk dosen nasional (NIDN). selain itu banyak kampus yang sedang mencari dosen mengadakan micro teaching terlebih dahulu untuk melihat skill dari dosen baru tersebut.

Tips menghadapi micro teaching dosen baru

Beberapa hari yang lalu saya diberikan kesempatan oleh kampus untuk menjadi dosen penilai pada saat micro teaching dosen baru. dan dari saya mengikuti kegiatan tersebut saya memiliki tips untuk menghadapi micro teaching untuk dosen baru. mudah-mudahan tips ini dapat membantu anda semua.

Sebelum masuk ke tips micro teaching, saya akan menjelaskan sedikit apa itu micro teaching.

Micro teaching adalah merupakan wadah atau bentuk, model untuk pelatihan pengajaran. pada saat micro teaching di kampus anda tidak langsung dihadapakan oleh mahasiswa tetapi dihadapkan dengan tim penilai yang dijadikan seolah-olah mereka adalah mahasiswa.

Oke, lanjut gimana sih tips menghadapi micro teaching untuk dosen baru :

1. Persiapakan materi 

Hal ini menjadi penting, persiapakan materi yang mau anda ajarkan yang sangat anda kuasai. biasanya waktu untuk penyampaian materi tidak terlalu banyak. jadi anda harus memilah-milih bagian mana saja yang cukup dengan waktu yang disediakan.

2. Persiapkan rencana bahan ajar

Persiapkan rencana bahan ajar yang akan anda berikan materinya pada saat micro teaching. sebaiknya anda meng-copy dan memberikan kepada tim penilai. agar tim penilai dapat melihat seberapa serius anda ketika mengajar.

3. Buat komunikasi dua arah

Pastikan ketika anda memulai micro teaching anda melakukan komunikasi dua arah. tentunya ketika kamu mulai micro teaching semua yang ada didalam kelas adalah mahasiswa kamu. jadi mulai berinteraksi dengan mahasiswa.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Ebook materi android untuk pemula untuk referensi

4. Buatlah slide persentasi yang baik dan maksimal

walau tajuknya hanya micro teaching, pastikan anda persiapkan slide sebagus, sebaik dan semaksimal mungkin karena itu merupakan salah satu penilaian dari tim penilai.

5. Kuasai ruangan dan audience

Pastikan anda tidak hanya terpaku dengan laptop (hanya didepan laptop) anda dapat berjalan kecil dan menguasai kelas saat menjelaskan slide persentasi. pastikan suara anda terdengar jelas dan menjelaskan jangan terburu-buru. atau sisipkan sedikit humor di dalam kelas

6. Persiapkan alat tambahan untuk mengajar

Ketika anda menjelaskan, memungkinkan anda untuk menggunakan alat tambahan seperti pointer ataupun speaker. atau lebih baik juga menggunakan sarana multimedia yang dapat menambah menarik metode pengajaraan anda

7. Jangan lupa dengan teknik mengajar.

Ketika ingin mengajar ada Pembukaan, penjelasan materi yang mau di jelaskan, pertanyaaan, diskusi dan penutup.

Demikianlah Tips menghadapi micro teaching dosen baru semoga bermanfaat untuk para pembaca.

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.