Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos

Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos – Sertifikasi dosen atau serdos menurut saya merupakan bentuk apreasiasi Pemerintah terhadap beban kinerja dosen. Tetapi untuk mengikuti seleksi untuk mendapatkan serdos tidak mudah, banyak hal yang harus terpenuhi baik syarat-syarat administratif atau pun syarat penilaian. dan semua proses dilakukan melalui sistem di website serdos ristekdikti.

Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos
Tips dan Contoh Deskripsi Diri Dosen

Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos

Baca Juga : Syarat mengajukan usulan serdos

Seperti yang banyak dosen ketahui, pembukaan seleksi penerimaan sertifikasi dosen atau serdos ini, biasanya di buka 3 kali dalam setahun yaitu Gelombang pertama yang diadakan di bulan Januari atau Februari. Kemudian Gelombang kedua diadakan Juni atau Juli serta gelombang ke 3 yang diadakan biasanya pada saat akhir tahun oktober, november atau Desember.

Pada tulisan artikel kali ini saya akan sharing sedikit bagaimana menulis dan contoh deskripsi diri untuk serdos. seperti pada artikel sebelumnya, saya telah membahas syarat mengajukan usulan serdos secara adminstratif. dan salah satu syarat penting penilaian serdos adalah essai tentang deskripsi diri.

Deskripsi diri di serdos adalah merupakan essay yang terdiri dari point-point pertanyaan, yang harus di isi oleh seorang dosen. deskripsi diri merupakan tulisan yang bersifat unik atau tidak plagiat. pada dasarnya membuat deskripsi diri ini gampang-gampang susah, pada saat saya menuliskan deskripsi diri saya untuk serdos tahun 2014, untuk menulis satu paragraph saja, saya membutuhkan waktu satu hari. karena tidak ada ide untuk menulisnya. akhirnya saya putuskan untuk mencari referensi di internet serta bertanya kepada teman-teman yang sudah menulis deskripsi diri.

Akhirnya apa yang saya dapat? yaitu kebingungan yang besar. semakin saya membaca deskripsi diri milik orang lain serta semakin saya bertanya, maka tulisan-tulisan deskripsi diri serdos orang lain tersebut yang memutar-mutar dibenak saya, karena saya ingat bahwa tulisan tersebut harus unik dan orisinil.

Dan Bagaimana Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos, berdasarkan pengalaman saya (2014) :

1. Cukup membaca satu ada dua referensi deskripsi diri, jangan terlalu banyak

2. Deskripsi diri merupakan narasi atau cerita keseharian seorang dosen dalam kegiatan tri dharma, pasti cerita tersebut berbeda-beda antara satu dengan yang lain. sehingga buatlah tulisan original (penting)

3. Jangan mengetik langsung deskripsi diri serdos di system, mulailah mencicil dari jauh-jauh hari dan ketik di Ms.word atau notepad.

4. Maksimakan Jumlah kata, pada tahun 2014 yang lalu batas minimal penulisan Deskripsi diri adalah sekitar 150 – 250 kata.

5. Tulisan tidak perlu menggunakan bahasa baku banget, berdasarkan pengalaman kata-kata pada tulisan saya banyak yang tidak baku.

6. Jangan terlalu memporsir, jika blank. istirahat dan lanjutkan besok hari untuk menulis Deskripsi Diri.

7. Carilah tempat se-nyaman mungkin untuk menulis deskripsi diri.

8. Jelaskan tentang diri kamu, Mata kuliah yang diampu serta kegiatan di Fakultas dan Prodi.

9. Berdoa lah

ada beberapa teman yang harus mengulang beberapa kali untuk mendapatkan serdos ini, kesalahan salah satunya ada pada penulisan deskripsi diri. saya pastikan apabila tulisan tersebut di ambil diinternet tanpa modifikasi, maka dosen tersebut akan gagal, karena Pemerintah mengecek original atau tidak menggunakan System. kalau sudah sekali gagal, kita semakin bingung untuk membuat tulisan deskripsi diri.

Untuk sebagai bahan referensi, bukan untuk sombong atau mengajari, saya mau mengirimkan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos yang saya buat pada tahun 2014. dengan deskripsi diri tersebut alhamdulilah saya lulus. Jika Bapak/Ibu teman sejawat dosen yang ingin membaca tulisan deskripsi serdos saya, dapat kirimkan email ke : jejakdosen@gmail.com dengan subjek : Deskripsi diri serdos, Inshaa Allah saya akan kirimkan ke email Bapak/Ibu.

Semoga artikel Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos bermanfaat untuk pembaca. dan saya berharap dan berdoa kepada Bapak/ibu dosen seluruh Indonesia yang sedang mengikuti serdos Lulus semua. Aamiinn

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Tips Menulis dan Contoh Deskripsi Diri untuk serdos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin