Tools sederhana untuk membuat video tutorial youtube pemula

Tools sederhana untuk membuat video tutorial youtube pemula – Saat ini Youtube merupakan salah satu media referensi untuk belajar, selain buku atau artikel lain. dengan belajar langsung menonton video kita cepat memahami cara kerja atau penyelesaian dari suatu kasus. Dan Youtube merupakan Gudang video terbesar di dunia dan setiap menitnya jutaan video ter-upload di Youtube.

Tools sederhana untuk membuat video tutorial youtube pemula

Tools sederhana untuk membuat video tutorial youtube pemula

Pertanyaanya, jika anda ingin membuat video dan di upload di youtube tentunya butuh tools atau alat untuk membuat video sehingga video tersebut menarik untuk di tonton. Untuk kamera yang di miliki youtubers profesional harganya dari 8 jutaan keatas sedangkan modal yang anda miliki pas-pasan.

Belum lagi untuk meng-edit videonya, tentunya setelah anda rekam moment untuk video anda, pastinya anda harus edit dan anda dapat memberikan effect-effect yang menarik tetapi masalahnya ketika anda menggunakan editor video profesional, fiturnya sangat banyak dan sulit untuk di pahami.

Kemudian masalah sound effect, di Youtube dilarang menggunakan sound yang memiliki lisensi tanpa izin dari pemilik. apakah harus buat musik sendiri?

Kemudian masalah aplikasi perekam layar atau screen record yang sebenarnya banyak bertebaran di internet, tetapi permasalahannya sama, sulit menggunakan aplikasi tersebut.

Dan pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana membuat video di youtube, khususnya untuk membuat video tutorial dengan menggunakan Tools yang dapat di bilang sangat sederhana dan pastinya mudah untuk di gunakan.

Berikut adalah Tools sederhana untuk membuat video tutorial youtube pemula khususnya yang saya gunakan untuk membuat video tutorial di Youtube Channel saya di : jejakdosen.com

1. Komputer atau Laptop

Menurut saya ketika anda membuat video tutorial laptop atau komputer merupakan alat utama, tetapi anda jangan khawatir anda tidak perlu menggunakan atau membeli komputer dengan spesifikasi yang tinggi. cukup spesifikasi standar untuk kuliah atau kerja, itu sudah cukup. misalnya prosesor min dual core, ram 2 GB dan HDD 250 GB.

2. Aplikasi Perekam Layar Komputer atau Laptop

Untuk membuat video tutorial di Youtube channel, saya menggunakan aplikasi kecil yaitu screen record dengan ukuran aplikasi tidak lebih 15 MB. dan entah kekurangan atau kelebihan aplikasi ini, tetapi menurut saya ini kelebihan bahwa aplikasi ini tidak dapat langsung me-record suara anda.

Kenapa saya bilang kelebihan, ketika saya mencoba install aplikasi perekam layar lainnya yang memiliki fitur dapat merekam suara, alhasil suara kipas laptop saya pun ikut terekam dan sangat menggangu sekali di video.

Baca juga : Aplikasi penting untuk membuat video tutorial di Youtube 

Dan hal ini saya pernah bahas di artikel sebelumnnya

3. Smartphone

Tidak perlu yang mahal yang penting pada smartphone anda fitur untuk merekam suara. jadi, ketika saya membuat video tutorial untuk merekam gambar saya menggunakan screen record dan untuk merkeam suara saya gunakan fitur record sound di smart phone.

Jadi teknisnya, ketika saya merakam video dan suara, pada saat saya akan memulai merekam saya klik tombol record bersamaan di aplikasi dan di smartphone. memang agak sedikit ribet dan itu resiko youtubers yang punya modal pas-pasan. 😆

4. Aplikasi Editor Video

Dengan tidak memiliki kemampuan edit video, dan malesnya saya belajar menggunakan aplikasi Adobe Premier atau yang lainnya. saya putuskan untuk menggunakan aplikasi video sederhana yaitu Movie maker bawaan windows anda.

Dengan kebutuhan minimun install yang sangat kecil, maka movie maker oke dijalankan di laptop dengan spesifikasi minim.

5. Aplikasi Screen record untuk smartphone

Seperti di video youtube saya, salah satunya saya buat bagaimana cara menggunakan aplikasi gojek. otomatis saya harus menggunakan aplikasi screen record di handphone. dan tools yang saya gunakan adalah aplikasi SCR Pro 2. yang penjelasannya dapat anda lihat di artikel saya sebelumnya

Baca Juga : Cara mudah membuat video di hp dengan menggunakan aplikasi

Contoh video yang saya rekan menggunakan SCR Pro 2 :

6. Headset (Optional)

Untuk mengedit video tentunya kita akan melihat hasil dan mendengarkan kualitas suara. dan lebih detilnya anda dapat menggunakan headset.

7. Mic Tambahan (Optional)

Terkadang menggunakan mic bawaan laptop terkendala suara jembreng atau kecil. untuk pilihan optional saja anda dapat menggunakan mic eksternal khusus laptop atau smartphone yang banyak di jual di aplikasi belanja online.

Ketika anda ingin terjun ke dunia Youtubers, yang anda harus kuatkan adalah niat dan konsistensi anda. viewer di youtube indonesia karakteristiknya aneh, untuk video pelajaran kurang suka di minati tetapi video yang aneh-aneh cepat viralnya. hehe

Demikianlah artikel singkat informasi kami kali ini tentang Tools sederhana untuk membuat video tutorial youtube pemula, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua. mohon maaf apabila ada beberapa point memang sudah di bahas di postingan sebelumnnya.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin