Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen

Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen – Salah satu tugas utama seorang dosen adalah melaksanakan penelitian. dan wujud atau outpout sebuah penelitian adalah publikasi penelitian. banyak cara dan tempat untuk melakukan publikasi ilmiah seorang dosen.

Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen

Publikasi ilmiah definisinya adalah sistem publikasi hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan peer review dalam rangka untuk meningkatkan objektif dari hasil penelitian tersebut setinggi mungkin.

Anda dapat mempublikasi hasil penelitian baik di jurnal nasional, Jurnal nasional terakreditasi, Jurnal internasional dan Jurnal internasional bereputasi.

Ristek dikti melalui Ditjen IPTEK dan sumber daya dikti telah mengeluarkan tabel Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen berdasarkan jenjang akademik yang di miliki seorang dosen. berikut tabel yang berasal dari ristek dikti dan saya kutip dari grup Facebook IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia) :

Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen
Tabel Tugas dan tanggung jawab dalam publikasi ilmiah
Berikut penjelasan dari tabel publikasi ilmiah dosen :

1. Untuk anda yang masih berjenjang akademik Asisten Ahli (AA 150) anda di Wajibkan untuk publikasi karya ilmiah anda di Jurnal Nasional dan selain itu disarankan untuk di muat di Jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional dan Jurnal internasional bereputasi

2. Untuk anda seorang dosen ber-jenjang akademik Lektor (L200 / L300), sama halnya pada poin pertama anda di Wajibkan untuk publikasi di Jurnal internasional dan sisanya disarankan.

3. Lain halnya dosen yang ber Jenjang akademik Lektor Kepala (LK) / Pendidikan Magister anda di wajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitian atau karya ilmiah anda di Jurnal Internasional.

4. Jika anda seorang dosen berjenjang akademik Lektor Kepala (LK) / Pendidikan Doktor anda di wajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitian anda di Jurnal nasional terakreditasi.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Ebook materi android untuk pemula untuk referensi

5. Jika seorang dosen berjenjang akademik Profesor anda di wajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitian anda di Jurnal internasional bereputasi.

Mengapa harus publikasi (slide bapak mudasir)
Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen
Mengapa harus publikasi

Anda dapat melihat perbedaan dari grafik dan tanda panah yang naik dan turun tersebut.

Kemudian pertanyaan yang muncul dimanakah saya/seorang dosen harus mempublikasi hasil penelitian atau artikel ilmiah ?

Anda dapat mencari tempat upload artikel digital/sistem jurnal online/publikasi online/Sistem indeks Online. contohnya adalah sebagai berikut :

1. Indeks Online : Thomson reuters , scopus, Google Scholar, portal garuda dan lain-lain

2. Untuk publikasi jurnal nasional anda dapat memilih jurnal sesuai dengan keilmuan dan rumpun ilmu anda disini :

a. Arjuna Ristek Dikti

b. atau anda dapat mengunjungi website-website Universitas, yang biasanya menyediakan publikasi jurnal.

Demikianlah artikel dosen tentang Tugas dan tanggung jawab publikasi ilmiah seorang dosen, semoga jadi pengingat untuk saya pribadi dan menjadi motivasi untuk para pembaca

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.