Website Pangkalan data dikti pusat informasi data kampus

Website Pangkalan data dikti pusat informasi data kampus – Pusat informasi tentang Universitas atau perguruan tinggi yaitu pangkalan data dikti atau alamat website yaitu forlap.dikti.go.id. pada website pangkalan dikti tersebut berisi informasi mengenai perguruan tinggi beserta atribut-atribut di dalamnya. Bagi akademisi baik seorang dosen atau mahasiswa pasti mengetahui tentang pangkalan data ini.

Website Pangkalan data dikti pusat informasi data kampus

Website Pangkalan data dikti pusat informasi data kampus

Dengan Sistem informasi berbasis web yang terintegrasi setiap kampus, dosen atau mahasiswa dapat melihat progress atau aktifitas kampus secara real time, kapan  saja dan dimana saja.

Atribut atau jenis informasi yang disediakan oleh pangkalan data dikti atau forlap dikti meliputi :

1. Pencarian data yang meliputi :

a. Profil PT

b. Profil Prodi

c. Profil Dosen

d. Profil Tenaga Kependidikan

e. Profil Mahasiswa

f. Penelitian

Website Pangkalan data dikti pusat informasi data kampus

2. Grafik Statistik 

Berisi jumlah atau data tentang perguruan tinggi, jumlah mahasiswa dan lain-lainnya

3. Infografis

Data-data statistik tentang dosen, perguruan tinggi serta informasi lain mengenai perguruan tinggi

4. Rekap Data

Menu Kesimpulan tentang data mahasiswa pada setiap lembaga pendidikan yang ada di Indonesia

Setiap orang, perusahaan atau stakeholder yang memiliki kepentingan dengan akademisi baik dosen ataupun mahasiswa serta perguruan tinggi, dapat mencari informasi terlebih dahulu di forlap dikti atau pangkalan data dikti ini.

Menurut Kemenristek dikti, semua data yang ada di pangkalan data dikti, data tersebut diakui oleh pemerintah dan negara.

Dengan pelaporan secara online, Kampus, mahasiswa dan dosen sangat dimudahkan untuk melihar rekam jejak mereka. contohnya dosen, sebagai seorang dosen anda dapat melihat profil dosen anda, baik informasi tentang NIDN, Jabatan akademik, Golongan serta track record tri dharma perguruan tinggi seperti pendidikan dan pengajaran, Penelitian serta pengabdian masyarakat.

Data-data tersebut, tidak serta merta muncul begitu saja di pangkalan data pendidikan tinggi atau forlap, tetapi ada tim operator setiap perguruan tinggi untuk meng-update data-data yang diperlukan. dengan adanya sistem secara real time, saya berharap pengurusan apapun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Demikian lah artikel saya mengenai Website Pangkalan data dikti pusat informasi data kampus, Semoga bermanfaat untuk kita semua dan selalu memiliki track record yang baik di pangkalan dikti.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin