Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu

Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu – Dua hari yang lalu saya menghadiri undangan dari Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengikuti workshop penyusunan output penelitian. yang kali ini menjadi host adalah Universitas Negeri Bengkulu.

Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu

Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu

Workshop tersebut di selenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 7-8 maret 2018 di bengkulu. saya berangkat dengan pesawat pada tanggal 7 maret dengan menggunakan pesawat pagi yaitu maskapai sriwajaya. karena sesuai dengan susunan acara kegiatan, pembukaan akan di mulai pada pukul 11.00 WIB.

Agenda dari kegiatan tersebut yaitu membuat output penelitian yang lebih spesifik yaitu masuk ke jurnal internasional yang bereputasi dan terindex oleh scopus. selain pemberian materi, ada coaching clinic secara personal oleh orang-orang yang sangat berkompetensi di bidang mereka masing-masing.

Secara garis besar, para narasumber memiliki banyak hasil riset yang di publish baik dalam negeri dan luar negeri, serta banyak terindek di tempat-tempat yang menjadi rujukan bagi para peneliti di dunia.

Setibanya di ruang pertemuan dan pembukaan, banyak orang yang telah berkumpul. karena ada beberapa kendala saya tiba ke tempat Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu agak telat. dan saya melihat beberapa orang yang saya kenal, dan luar biasanya lagi orang-orang tersebut merupakan orang hebat dari para doktor dan profesor di kampus negeri.

Sebelumnya undangan ini sendiri diberikan kepada para peneliti yang mendapatkan pembiayaan penelitian dari kementrian ristek dan dikti pada tahun 2018 dalam skim PDUPT (Penelitian dasar unggulan perguruan tinggi), dan Alhamdulilahnya salah satu yang dapat adalah TIM saya (ketua tim) yang mendapatkannya.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tanya jawab seputar serdos atau sertifikasi dosen terbaru

Narasumber pada acara Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu antara lain :

1. Bapak Adhi Indra Hermanu Kasubdit Riset Dasar

Berikut materi dari bapak adhi

2. Prof. Dr. Ir. Sikstus Gusli, M.Sc merupakan Dosen dan peneliti yang berasal dari Universitas Hasanudin.

Pada paparannya beliau menyampaikan bagaimana teknik membuat jurnal internasional yang baik dan cepat di lirik oleh reviewer, dan banyak teknik lain yang diberikan. selain itu beliau pun bersedia memberikan coaching clinic untuk para dosen yang hadir disana.

Workshop penyusunan output penelitian di bengkulu
Diskusi dan coaching clinic dengan Prof. Dr. Ir. Sikstus Gusli, M.Sc

Berikut materi dari Prof. Dr. Ir. Sikstus Gusli, M.Sc

3. Prof. Mudasir M.eng PhD merupakan dosen dan peneliti yang berasal dari Universitas Gajah Mada

Pada persentasinya beliau menjelaskan bagaimana tahap-tahap serta persiapan untuk menerbitkan jurnal international.

Berikut materi dari Prof. Mudasir M.eng PhD

4. Ibu Faiza sari, Phd. beliau merupakan dosen dan direktur di Universitas Surya.

Dalam penjelasannya beliau lebih menitik beratkan materi terhadap penulisan dan sistematika jurnal dalam bahasa inggris

Berikut materi  Ibu Faiza sari, Phd

5. Prof dari IPB (saya lupa namanya)

Berikut materinya

Saya termasuk orang yang beruntung yang dapat belajar dari narasumber atau semua pesera untuk penulisan dan publikasi di jurnal internasional. peserta sendiri selain saya merupakan dosen dan peneliti yang publikasinya banyak terindex scopus atau jurnal terakreditasi dan bereputasi lainnya.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.