//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Blog Seputar Dosen, Mahasiswa,Kampus dan sisi lain seorang Dosen

InformasiNge-blog

Budget Backpacker dari Lampung ke Bandung

Budget Backpacker Lampung ke Bandung – Tanggal 09 November 2019 kemarin kebetulan tanggal merah/libur nasional. saya dan teman-teman berencana untuk pergi liburan singkat bersama ke kota Bandung. kurang lebih hanya 3 hari. dengan berbagai ide, estimasi biaya dan tempat wisata kami kunjungi sudah di list. wacana dan rencana itu terealisasi akhirnya kami berangkat ke kota Bandung. Bandung we Coming..

Penginapan di Gegerkalong tengah

Budget Backpacker Lampung ke Bandung

Pada tulisan ini saya akan sedikit berbagi tentang perjalanan kami ke bandung tentunya selain sebagai informasi buat anda yang akan berpergian ke Bandung, tentunya tulisan ini buat arsip dan dokumentasi buat saya pribadi dan teman-teman.

Hari Pertama berangkat 1 (OTW Bandung)

Walaupun judulnya backpackeran tentunya kami tidak ngeteng banget ke Bandung. karena alasan senin akan kembali bekerja, tentunya kami akan menjaga kondisi badan kami agar tidak tepar di hari senin.

untuk transportasi dari Bandar Lampung ke Bandung dan sebaliknya kami menggunakan jasa moda transportasi Darat yaitu dengan menggunakan DAMRI.

Kami sudah memesan tiket damri satu minggu sebelumnya (karena weekend) takutnya full book atau tiket pada sold out. anda dapat memesan tiket damri langsung ke pool damri yang ada di dekat stasiun kereta api tanjung karang ataupun pool damri di Rajabasa.

Alamat pool damri Rajabasa:

Jl. Kapten Abdul Haq No.32, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

Alamat Pool damri Stasiun tanjung karang :
Posisi pool damri ini berada di samping atau area stasiun tanjung karang di gunung sari enggal.

Anda juga dapat membeli tiket dengan menggunakan aplikasi DAMRI yang dapat di download di Playstore : Aplikasi Damri

Harga tiket sama, tetapi anda harus memiliki internet banking atau mobile banking. karena waktu pembayaran diberikan aplikasi ini sangat cepat kurang dari 5 menit. apabila anda tidak membayar diwaktu yang disediakan otomatis booking dibatalkan.

Kami membeli tiket bisnis kelas dengan harga tiket Rp. 170.000/orang dan kami langsung membeli tiket pulang pergi budget per orang Rp. 340.000.

Review Damri kelas bisnis :

kami membeli tiket untuk keberangkatan hari jumat malam pukul 20.00. untuk Bus Damri ini memuaskan bagi kami. tidak berbeda jauh dari kelas esekutif ataupun royal. AC dingin, dapat snack Roti (1 bungkus) dan 1 aqua gelas. setiap bangku dan tempat duduk masing-masing dilengkapi selimut dan bantal, serta ada toilet tetapi hanya digunakan untuk buang air kecil saja.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Hal yang tidak boleh dilakukan oleh blogger pemula

untuk pembelian tiket di pool Damri stasiun tanjung karang keberangkatan akan melalui pool Damri stasiun tanjung karang dan apabila anda membeli tiket dari aplikasi, maka keberangkatan dari pool damri raja basa. di ingat-ingat ya..

Waktu keberangkatan pun ON TIME, jadwal jam 20.00 dan jam segiitulah damri berangkat. untuk keberangkat damri ini melalui kota bandar lampung dan terus ke tol (lumayan menghemat waktu) dan diperjalanan kondektur menawarkan kami (semua penumpang) untuk naik kapal cepat. dengan tambahan Rp. 10.000/orangnya. oke, semua penumpang setuju dan waktu tempuh hanya 1 jam.

Hampir 12 jam perjalanan menggunakan damri, karena macet di bekasi cikarang dan macem-macem. akhirnya kami sampai di bandung pukul 07.00 pagi di pool damri bandung.

Alamat pool damri bandung :

Jl. Kebon Kawung No.20, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

Penginapan :

untuk penginapan kami mencari bersamaan dengan pembelian tiket damri. dengan membuka semua aplikasi seperti Traveloka, AirBNB dan lainnya kami diskusikan denga teman-teman.

Untuk menyewa hotel tentunya sudah kami coret dari list, karena budget tidak sampai nginap dihotel. kemudian alternatif lain kami mencari apartemen. dengan biaya yang sedikit agak terjangkau untuk banyak orang. tetapi problemnya adalah waktu masuk di siang hari kisaran jam 14.00 atau jam 15.00.

Kami mempertimbankan karena kami tiba di Bandung pagi, jadi untuk menunggu check in kami harus mengembel atau pergi langsung ke tempat wisata dengan membawa tas ransel yang besar-besar.

well, akhirnya kami mendapatkan alternatif pilihan yang oke untuk penginapan. yaitu menghubungi teman istri yang punya kost-kostan. kebetulan istri pernah kuliah di bandung. mungkin ini namanya rezeki kami dapat 2 kamar kost, yang budgetnya Rp. 100.000/kamar dari sabtu pagi sampai minggu malam keberangkatan kami. (makasih kang andri juned). posisi 1 kamar untuk dua wanita dan 1 kamar lagi 4 orang pria (extend kasur)

dari Pool damri ke penginapan (gegerkalong tengah) kami menyewa gocar dengan biaya Rp. 34.000 rupiah

Transportasi perjalanan tempat wisata :

Untuk transportasi ke tempat wisata, karena tujuan kami yang utama ke arah lembang. satu minggu sebelumnya pun kami sudah mencari penyewaan motor. dengan modal mencari di google dan banyak travel atau penyewaan motor full book (karena weekend). alhamdulilah kami dapat lagi penyewaan motor. biaya untuk sewa motor sendiri paket sabtu minggu Rp 300.000/motor. yang sudah disediakan yaitu dua helm dan dua jas hujan.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara Optimalisasi Google plus untuk meningkatkan visitor blog

Biaya tersebut juga sudah include ke tempat penginapan kita ya. tentunya setiap pengemudi motor harus memiliki sim, e-ktp dan dokumen tertentu untuk jaminan (saya jaminannya NPWP). sim dan ktp di foto saja oleh pihak penyewa motor.

Dan untuk tranportasi motor ini bisa dibilang untung-untungan, maksudnya kalau lagi beruntung dapat motor yang bagus. yah kalau tidak beruntung dapat motor yang memiliki masalah hehe.

kenapa harus sewa motor, tentunya weekend bakalan macet parah. pertimbangan macet sebenarnya. tentunya bensin isi sendiri, dan jangan lupa bawa masker dan sarung tangan yah

Tour tempat wisata :
Hari pertama :
Farm House :
di Farm house Bandung

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Farm house. untuk tiket masuk farm house sebesar Rp. 25.000 dan tiket parkir Rp. 5000 dan tiket dapat ditukar dengan segelas susu asli.

di Farm house banyak spot-spot foto yang bagus. buat kamu yang suka foto-foto tentunya tempat ini dapat menjadi rekomendasi.

Floating Market :
Di Floating market Bandung

Setelah dari farm house kami beranjak ke floating market, masih di daerah lembang. tiket masuk sebesar Rp. 25.000 dan tiket parkir Rp. 5000. dan sama halnya seperti di farm house, tiket dapat ditukar dengan minuman seperti kopi, teh, ataupun milo.

Floating market berisi jajanan atau anda yang suka wisata kuliner tentunya dapat mencobai setiap makanan yang dijual. uniknya setiap makanan disajikan di perahu dan pembayarannya menggunakan koin. koin tersebut dapat anda tukar di tempat penukaran koin. selain itu anda dapat menjelajahi spot-spot foto, taman bunga dan lain-lain. sayangnya ketika kami kesana baru beberapa jam disana, hujan sudah mulai turun.

Jalan-jalan ke kota Bandung :

Setelah hujan reda, awal rencana ingin ke orchid tetapi dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung akhirnya kami pustuskan untuk turun ke kota saja. dan tempat-tempat yang bisa kami kunjungi seperti gedung sate, unpad (makan saja di bebek Boromeus, banyak dan murah hehe),  dan ke alun-alun

Hari Kedua
Orchid forest
di Orchid Forest Bandung

Awalnya kami berencana di hari pertama mengunjungi Orchid Forest, setelah mengunjungi Farm house dan Floating market. dikarenakan hujan. kami mengurungkan rencana untuk ke orchid forest. alhasil kami melanjutkan ke orchid forest untuk hari kedua. dan kami berangkat pagi-pagi dari penginapan kami start jam setengah tujuh, agar tidak berpapasan dengan kemacetan.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor

dari penginapan kami digeger kalong ke orchid forest waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit dengan motor (kecepatan 45-50 km/jam). alhamdulilah tidak terkena macet.

Sesampai di orchid forest anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 35000 dan uang parkir Rp. 5000. dengan jauhnya perjalanan ketika masuk orchid forest lelah anda terbayarkan. karena pemandangan dan spot-spot foto sangat banyak. dan lebih asiknya spot foto tidak bayar lagi kecuali naik jembatan gantung dan castle.

Orchid forest merupakan hutan pinus yang berada di ketinggian. jadi jangan lupa bawa jaket yang tebel yah gaes.

Ciwalk / cihampelas

Setelah beberapa jam menghabiskan waktu di orchid kami turun ke kota karena takut ketinggalan tiket damri. sebelum pulang, ga afdol rasanya ga beli oleh-oleh. sebelum beli oleh-oleh kami cari makan dulu. dan pilihannya sambil cuci mata kami makan di Ciwalk mall.

Kartika sari

Tempat pusat oleh-oleh Bandung yang terkenal dan banyak pilihan oleh-olehnya. tetapi kekurangannya harganya agak lebih mahal. itu kekurangan duit kami yah..hehhe

Pasar kosambi

Akhirnya kami menyelusuri pasar kosambi untuk membeli oleh-oleh seperti tempe goreng dan lain-lain. dan harganya relatif lebih miring.

Kesimpulan :

Budget Bandar Lampung Bandung (Jumat malam (berangkat) – Minggu malam (pulang ke bandar lampung dari Bandar Lampung)

1. Ongkos damri PP : Rp. 340.000

2. Sewa motor paket sabtu minggu : Rp. 300.000

3. Ongkos gocar : Rp. 34.000 / 6 orang

4. Sewa penginapan : 2 kamar : 1 kamar : Rp. 100.000

5. Tiket masuk tempat wisata :

Farm house :Rp. 25.000 (Exclude parkir)

Floating market : Rp. 25.000 (Exclude parkir)

Orchid Forest : Rp. 35.000 (Exclude parkir)

biaya makan : Rp. 30.000 / sekali makan (udah kenyang, kalau dapat tempat makan yang murah) hehe

Kira-kira itu gambaran budget untuk Budget Backpacker Lampung ke Bandung dan jangan lupa kuota isi banyak yah, karena google map sangat membantu sekali anda hehee selamat jalan-jalan murah..

Visited 11 times, 1 visit(s) today

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini