Site icon Jejak Dosen

Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online

Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online – Bagi kamu mahasiswa yang mengambil jurusan IT ataupun elektro atau sejenisnya, pada semester awal anda akan belajar tentang bahasa mesin. yah bahasa mesin atau bahasa komputer yang sulit untuk di pahami karena hanya bernilai angka 0 (False) dan 1 (True) atau sering disebut dengan bilangan Biner.

Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online

Semua komputer yang ada di dunia ini hanya mengenal angka 0 dan 1, tidak mengerti symbol, huruf angka lain selain angka tersebut. dan mahasiswa semester awal pasti kelimpungan untuk mengkonversi dari angka, huruf , simbol dan lainnya ke bahasa manusia.

Contohnya :

Saya akan mengkonversi kata “dosen” menjadi bilangan biner dan akan menjadi angka-angka seperti berikut ini :

01100100 01101111 01110011 01100101 01101110

Nama dosen merupakan format dari ASCII (apalagi ini hehe), ASCII merupakan singkatan dari American Standard Code for Information Interchange yang merupakan suatu standart internasional dalam kode huruf, angka, simbol atau yang lainnya. dengan kata lain setiap teks yang ada di komputer / keyboard memiliki standart sendiri. dan salah satu standarnya adalah ASCII.

Saat ini ada webiste untuk mengkonversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya apabila kamu mendapatkan tugas mendadak.

Berikut Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online :

1. Buka browser komputer atau laptop anda kemudian ketik atau klik url ini https://berhitung.id/konversi/bilangan/ascii-ke-biner

2, Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :

3. Kemudian ada 2 kotak untuk input bilangan biner ataupun ASCII dan Kotak Output untuk menampilkannya.

4. Untuk tampilan awal yaitu bagaimana anda mengkonversi bilangan biner ke ascii contoh seperti gambar di bawah ini :

Konversi biner ke ascii

5. Untuk merubahnya dan mendapatkan output anda cukup mengklik tombol konversi

6. Selanjutnya untuk mengkonversi dari ASCII ke Biner anda cukup mengklik teks yang ada dibawah kotak ouput. sebagai contoh seperti gambar di bawah ini :

konversi huruf ascii ke biner

 

Cukup mudahkan penerapan konversi Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online. cara ini anda dapat gunakan apabila urgent. apabila dosen anda meminta cara penyelesainya terpaksa anda lakukan dengan cara manual dengan melihat tabel konversi.

Demikianlah artikel singkat kami tentang Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Exit mobile version