Jurnal Explore Terakreditasi sinta dan arjuna

Jurnal Explore Terakreditasi sinta dan arjuna – Alhamdulilah satu minggu yang lalu saya mendapat kabar gembira, kabar apa itu? kabarnya adalah salah satu jurnal yang saya dan tim kelola keluar hasil akreditasinya. pengumuman itu saya dapatkan dari website resmi arjuna. dan sertifikat akreditasi pun sudah saya dapatkan.

Jurnal Explore Terakreditasi sinta dan arjuna

Saya akan berbagi cerita dan pengalaman buat teman-teman bagaimana cara meng-akreditasi jurnal ilmiah di website resmi arjuna dan beberapa poin-poin perbaikan yang tentunya akan menjadi bahan referensi buat rekan-rekan pengelola jurnal.

Jurnal Explore Terakreditasi sinta dan arjuna
Jurnal Explore Terakreditasi sinta dan arjuna

Memulai mengelola jurnal :

Saya memulai mengelola jurnal di kampus mulai tahun 2016. (gpp ya saya cerita sedikit). jurnal prodi informatika tersebut bernama jurnal Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) yang dapat di akses di website : http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore

Jurnal Explore ini mulai di terbitkan pada tahun 2010, karena masih baru terbitannya pun masih tidak konsisten. misalnya yang harusnya terbit setiap 6 bulan sekali, ini bahkan sering kosong setiap edisinya. melihat ketidakkonsisten tersebut karena tidak ada yang mengurus jurnal explore tersebut akhirnya saya menawarkan diri sebagai sukarelawan untuk mengelola jurnal ini. tepatnya pada tahun 2016 mulai volume 7 nomor 1 dan 2.

Memulai mengelola jurnal ternyata tidak mudah, saya dibantu beberapa tim dan pejabat struktural memiliki target yang sederhana yaitu berupaya untuk konsisten menerbitkan jurnal setahun 2 kali sesuai dengan terbitan yang didaftarkan di lipi.

Dan target itupun tidak mudah, banyak yang harus dikerjakan, kami harus mencari author untuk dapat mengisi slot di jurnal explore, kemudian kami mengedit tulisan mereka sesuai format, memberikan artikel mereka ke review. sampai nanti prosesnya dapat di publikasi di ojs (open journal system) kami.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Pertanyaan yang sering ditanyakan penguji pada sidang skripsi

Selain itu, kami pun mempercantik ojs kami dengan design sederhana serta mengintip beberapa ojs yang memang designnya sudah bagus. dan kegiatan seperti itu saya dan tim ulangi terus sampai dengan tahun 2020. jujur tim kami tidak banyak dan sepenuhnya kami tidak mendapat bayaran alias sukarela.

Mengajukan Akreditasi ;

Jujur untuk mengajukan akreditasi saya tidak pernah terbayang, apalagi untuk mendapatkan akreditasi. tetapi semangat itu datang ketika saya dan tim mendapatkan suntikan motivasi yang luar biasa dari seorang Dosen yang rendah hati di kampus UNILA yaitu Bapak Akmal Junaidi, Phd. beliau bela-belain untuk mendatangi kampus kami, karena mungkin beliau melihat jurnal yang kami kelola memiliki potensi untuk terakreditasi. saya dan beliau pun banyak belajar serta berdiskusi.

Pada Bulan februari 2020, saya dengan ketidak pedean dan meminta restu dari berbagai pihak untuk mendaftarkan jurnal explore di arjuna ristek brin. menunggu hampir 3 bulan dan sempat ditolak dokumennya. Alhamdulilah Jurnal Explore pun terakreditasi dengan sinta 5. tidak buruk, dan saya senang sekali. karena dari awal kami mengelola jurnal masih banyak kekurangan. dan catatan-catatan dari asesor pun ketika saya print berjumlah 20 halaman.

Dan berikut ini beberapa catatan dari asesor dan pengalaman saya untuk mengakreditasi jurnal bapak/ibu semua. 

1. Mengurus E-ISSN : bagi jurnal yang belum memiliki E-ISSN sebaiknya mengurus E-ISSN terlebih dahulu, karena syarat mengurus akreditasi salah satunya memiliki E-ISSN.

2. Sesuaikan nama jurnal dengan data di LIPI, di Tampilan OJS dan Di Garuda Dikti. kalau tidak sama kemungkinan pada saat desk evaluasi jurnal anda di tolak.

3. Memiliki DOI (digital object identifier) : salah satu syarat untuk urus akreditasi

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara isi beban kinerja dosen pada aplikasi BKD terbaru

4. Tambahkan di OJS anda yaitu informasi-informasi seperti kontak journal, editorial board, reviewer, link E-ISSN dan P-ISSN, Focus and Scope Jurnal, Template, statistik jurnal dan lainnya. bisa cek : http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore

5. Memulai semua aktifitas via ojs. dari memasukan artikel, review, edit dan lainnya. karena nilainya tinggi

6. pastikan artikel merupakan format jurnal bukan format skripsi

7. Selalu cek artikel yang masuk dengan aplikasi plagiarisme.

Dan tentunya masih banyak lagi dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan dm di instagrm saya : @robbyyuliendra

Berikut ini, saya juga sudah buatkan video bagaimana cara mendaftar dan mengajukan usulan akreditasi jurnal.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.