Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah

Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah – Bagi seorang dosen bahan ajar merupakan senjata utama dan sangat penting dalam kegiatan belajar dan mengajar. bahan ajar dapat disajikan dengan berbagai cara, baik cara konvensional maupun di tambah teknologi untuk menjadikan bahan ajar lebih menarik.

Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah

Salah satu bahan ajar yang menarik yaitu menggunakan tutorial video, dengan merekam semua kegiatan belajar dan mengajar, baik slide persentasi maupun wajah dosen yang bersangkutan. ataupun me-record atau merekam semua kegiatan yang ada di laptop.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua dosen dapat menggunakan editor video dengan tools yang cukup rumit, seperti adobe premier atau sony vegas pro atau aplikasi-aplikasi pendukung lainnya? pada tutorial kali ini, saya akan membahas Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Cyberlink Youcam.

Yang pertama harus dipersiapkan untuk membuat video tutorial mengajar dosen adalah sebagai berikut :

1. Laptop yang memiliki webcam dan webcamnya masih berfungsi

2. Download aplikasi Cyberlink Youcam di website resminya https://cyberlink-youcam.en.softonic.com/

3. Kemudian install aplikasi tersebut di laptop

Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah Cyberlink Youcam :

1. Klik Aplikasi Cyberlink Youcam yang sudah di Install dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah
Tampilan menu Cyberlink Youcam

2. Langkah selanjutnya untuk membuat video tutorial adalah Klik menu Presentations, pada menu ini ada 3 pilihan menu yaitu :

a. Desktop Capture : digunakan untuk merekam kegiatan yang anda lakukan di laptop

b. Create Presentation : digunakan Membuat video presentation dengan memasukan slide power poin ke dalam aplikasi ini

c. Dual Video : digunakan membuat video, dengan menggunakan 2 camera yaitu kamera webcam dan kamera tambahan atau webcam eksternal

3. Untuk membuat video tutorial pembelajaran yang mudah anda dapat memilih Create Presentation , tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah

Keterangan :

a. Pada gambar nomor 1 (tanda panah) anda harus memasukan slide presentasi yang sudah anda buat.

b. Pada gambar nomor 2 (tanda panah) digunakan untuk memilih jenis tampilan di videonya, apakah anda ingin menampilkan muka anda atau hanya slide presentasi yang akan di rekam dan dijadikan video

4. Langkah selanjutnya, anda tinggal menekan tombol icon rekam video, seperti gambar di bawah ini :

5. dan Setelah selesai merekam, anda dapat mendengarkan / atau video yang anda buat, selanjutnya vidoe tersebut dapat anda simpan dengan meng-klik kanan video anda  > locate file on disk , seperti gambar di bawah ini :

6. Selanjutnya anda dapat meng-upload video tersebut ke youtube (Baca artikel lain : cara upload video di youtube) dan mahasiswa anda dapat menonton video tutorial pembelajaran sederhana anda. contoh seperti gambar video saya di bawah ini :

7. Jika dikampus bapak/ibu ada website elearning video ini dapat dimasukan ke fitur elearning tersebut sebagai bahan ajar yang berbeda

Demikianlah artikel saya yang berjudul Cara membuat video tutorial mengajar dosen dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan setiap dosen memiliki bahan ajar dalam bentuk video dan multimedia. sehingga mahasiswa tidak bosan berada di kelas kita.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin