Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger

Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger – Nuansa ngeblog mulai kerasa di sekitar lingkungan saya, beberapa teman bahkan sudah membeli hosting dan domain sendiri, dengan membuat nama domain yang unik. terpengaruh saya atau tidak, suasana untuk mendapatkan earning dari internet mulai terasa dan menurut saya itu pengaruh bagus.

Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger

Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger

Untuk membuat blog baru bagi blogger pemula seperti saya, saya pun menyarankan menggunakan CMS yang mudah digunakan, yang paling buat wordpress tidak ribet adalah fitur plugin yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan fitur plugin ini gratis install dan pilihannya banyak sekali.

Untuk menginstall Plugin pada wordpress :

1. Login ke Dashboard WordPress

2. Kemudian pilih menu Plugins

3. Kemudian pilih add new

4. Ketik nama plugin yang ingin anda cari pada kolom search

Berikut 16 Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger menurut jejakdosen.com :

1. Plugin Yoast Seo

Yoast Seo adalah Plugin yang membantu anda untuk mengembangkan teknik Search engine Optimalitazion (SEO), pada fitur ini terdapat menu atau fitur bagaimana menulis postingan berdasarkan teknik SEO. serta mengatur lain seperti meta description, title, XML site, robot.txt dan lain-lain

Bagi anda blogger pemula wajib meng-install plugin ini. karena sangat membantu untuk belajar teknik SEO.

Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger
Tampilan Yoast Seo Ppada menu postingan

2. Plugin GA Google Analytics

Plugin ini berfungsi untuk meng-kaitkan antara Akun Google Analytics dengan Blog anda. Google Analytics berfungsi untuk melihat rekam jejak blog anda dalam bentuk statistik. seperti user, viewernya, Device dan lain-lain.

Jika anda ingin mengetahui perkembangan blog anda terutama dari sisi visitor, anda dapat gunakan plugin ini dengan mudah. untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi website resmi nya

3. Plugin Auto Terms of Service and Privacy Policy

Plugin ini digunakan untuk membuat halaman aturan blog anda, biasanya TOS dan privacy policy sangat diperlukan jika anda ingin membuat website jualan online, tetapi tidak ada salahnya anda untuk menginstall plugin ini untuk web blog personal anda.

4. Plugin External Links

Plugin ini berfungsi yang salah satunya adalah untuk mengaktifkan link no follow. untuk meng-index / crawl ada dua jenis link yang harus anda ketahui :

a. Do Follow : Maksudnya adalah jika ada link di postingan blog anda ke website lain, maka anda akan mengikuti link website tersebut

b. No Follow : Jika didalam postingan ada link tautan ke website lain, maka google tidak meng-indeksnya

5. Plugin Heartbeat Control 

Plugin in berfungsi untuk pengaturan API wordpress agar tidak terlalu lama berproses dan juga untuk menghemat sumber daya server.

6.  Plugin Jetpack by WordPress.com

Plugin ini digunakan untuk meng-share postingan anda langsung ke media sosial yang anda miliki seperti : Facebook, Twitter dan lain-lain. dapat menghitung statistik blok sama seperty Google Analytics dan juga dapat membuat related post.

7. Plugin KB robots.txt

Plugin ini digunakan untuk mengcontrol halama-halaman tertentu pada wordpress anda agar tidak terindeks spider mesin pencari ataupun sosial media seperti Facebook, twitter dan lain-lain.

8. Plugin Loginizer

Plugin ini digunakan untuk membantu anda melawan serangan brute force dengan cara memblokir ip seseorang yang login sampai batas maksimum login. Brute force adalah metode meretas password dengan mencoba kombinasi kemungkinan pada wordlist, tetapi teknik ini memakan waktu yang cukup lama.

9. Plugin TinyMCE Advanced

Plugin ini digunakan untuk menambahkan fitur-fitur atau toolbox pada saat menulis postingan seperti gambar di bawah ini :

Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger
Tampilan Toolbar Word untuk postingan

10. Plugin W3 Total Cache

Digunakan untuk meningkatkan kinerja blog anda, mengurangi waktu download dengan fitur Content delevery networks (CDN).

11. Plugin WordPress Popular Posts

Digunakan untuk meng-hitung jumlah artikel blog mana yang banyak di baca dan dapat di tampilkan di halaman blog. contoh popular post, artikel sering di baca dan lain-lain.

12. Plugin WP Sitemap Page

Plugin ini digunakan untuk membuat atau menambahkan halaman Sitemap dengan mudah

13. Plugin WP Smush

Digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar atau compress gambar di postingan

14. WP-PageNavi

Plugin ini digunakan untuk memberikan penomoran pada halaman utama blog anda

15. WP-PostViews

Digunakan untuk memberikan informasi berapa jumlah viewers atau pembaca pada setiap postingan

16. Quick Adsense

Plugin ini digunakan bagi anda yang telah di approve oleh google adsense untuk meletakan kode iklan pada tempat-tempat tertentu.

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai Plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall oleh blogger dan ke 16 Plugin ini yang saya install di blog saya. dan harus anda perhatikan untuk menginstal plugin jangan terlalu banyak karena akan berpengaruh ke proses load blog anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para blogger pemula..semangat nge-blog

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin