Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti

Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti – Website Sinta atau singkatan dari Science and Technology index merupakan website sistem informasi penelitian berbasis web dengan menawarkan kemudahan dan kecepatan akses. selain itu sinta merupakan pusat sitasi serta mengukur nilai index seorang peneliti ataupun Dosen.

Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti

Sinta dapat di akses melalui alama web di http://sinta2.ristekdikti.go.id/ yang dikelola oleh Kementrian ristek pendidikan tinggi. selain menampilkan hasil penelitian yang di index oleh google scholar dan index scopus.

Pada website sinta anda juga dapat menambahkan buku yang anda buat, baik buku ajar, buku referensi ataupun monograf serta buku yang lain.

Pada saat saya bergabung di grup Facebook dosen di Indonesia, ada satu orang yang bertanya bagaimana cara memasukan buku kedalam website sistem informasi sinta ristek dikti ini. dan dari pertanyaan tersebut saya tertarik untuk membuat artikel ini.

Kembali ke Judul artikel yaitu Bagaimana Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pastikan anda sudah melakukan registrasi dan akun anda suda terverifikasi oleh ristek dikti. untuk registrasi anda dapat klik menu ini REGISTRASI 

atau jika kurang jelas anda dapat membaca kelmbali artikel saya sebelumnya : Bagaimana cara mendaftar di website SINTA Ristek DIKTI

2. Kemudian setelah mendaftar dan sudah di verifikasi anda dapat login DISINI

3. Kemudian masukkan Email dan Password, kemudian klik login seperti gambar di bawah ini :

Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti
Menu login ke website SINTA

4. Kemudian setelah login berhasil akan tampil menu utama seperti gambar di bawah ini :

Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti
Tampilan setelah Login di SINTA

5. Selanjutnya untuk menambahkan buku anda dapat mengklik menu books kemudian klik Add Books dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Perbedaan dosen tetap dosen luar biasa dan dosen honorer
Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti
Menu Menambahkan Buku

6. Tahap awal anda di minta untuk memasukan nomor ISBN buku anda, jika ISBN tersebut tidak di temukan, maka anda di minta untuk mengisi data buku secara manual. pada form yang disediakan.

7. Kemudian Isi lah data-data yang diminta kemudian klik tombol add book. (jangan lupa untuk melampirkan cover dari buku anda)

8. Jika proses berhasil tunggu beberapa waktu, kemudian anda coba cari buku anda pada link pencarian buku http://sinta2.ristekdikti.go.id/books dan hasilnya buku yang anda miliki sudah ada di Sinta ristek dikti. seperti gambar di bawah ini :

Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti
Tampilan hasil pencarian buku di SINTA

Demikianlah artikel Cara menambahkan buku di website sinta ristek dikti semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.