Mengetahui Jenis jenis lisensi resmi sistem operasi windows

Mengetahui Jenis jenis lisensi resmi sistem operasi windows – Windows adalah salah satu sistem operasi yang populer yang banyak digunakan oleh pengguna komputer atau laptop. Memakai Windows keuntungannya salah satunya adalah user friendly dan banyak aplikasi yang dapat di install pada windows tentunya karena banyak pengguna windows

Mengetahui Jenis jenis lisensi resmi sistem operasi windows

Mengetahui Jenis jenis lisensi resmi sistem operasi windows

Windows merupakan sistem operasi berbayar, tentunya memliki jenis-jenis lisensi. Di Indonesia sistem operasi windows ini mudah di dapatkan dengan full crackan atau sering disebut dengan windows bajakan. di toko-toko komputer anda dapat install ulang dengan tarif 30-50 rb anda sudah mendapatkan windows.

Anda bebas untuk memilih jenis windows versi berapa yang kompatibel dengan hardware PC atau laptop anda. kali ini saya belum membahas tentang OS Windows Bajakan, tetapi saya ingin menjelaskan lisensi sistem operasi windows yang perlu anda ketahui. oke langsung aja simak artikel ini :

Mengetahui Jenis jenis lisensi resmi sistem operasi windows :

1. Jenis Lisensi OEM Windows :

Jenis lisensi yang pertama ini adalah OEM atau singkatan dari Original Equipment Manufacture. lisensi ini berasal dari perusahaan vendor yang memproduksi Laptop atau PC yang di dalamnya tertanam Windows Original, tetapi lisensi Windows OEM ini tidak di pindahkan ke Laptop atau komputer lain.

Misalnya kamu membeli Laptop bermerk asus yang di dalamnya sudah terdapat Windows 10 Home Edition, maka lisensi windows anda tersebut berjenis OEM dan tidak dapat anda pakai di Laptop lain.

2. Jenis Lisensi Retail Windows :

Jenis Lisensi yang kedua adalah Retail atau sering disebut juga dengan FPP (Full Packed Product) anda dapat membelinya di Toko-toko retail penjual windows original ataupun toko-toko online seperti bukalapak dan lain-lain. berbeda dengan lisensi OEM windows jika anda membeli jenis lisensi Retail Windows anda dapat memindahkan lisensi tersebut ke PC atau Laptop Lain. tetapi hanya satu device saja ya.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara konversi bilangan biner ke ASCII atau sebaliknya secara online

3. Jenis Lisensi Volume Windows :

Untuk Lisensi yang terakhir ini biasanya digunakan oleh Perusahaan ataupun lembaga pendidikan seperti kampus atau sekolah. yang didalamnya terdapat banyak PC ataupun Komputer. Lisensi ini bisa anda gunakan di banyak komputer atau Lapotop sesuai dengan kerjasama perusahaan atau lembaga pendidikan dengan Microsoft baik melalui vendor atau yang lainnya.

Sehingga jangan heran, kita anda mendapatkan lisensi tetapi dapat digunakan oleh banyak komputer atau Laptop.

Lalu bagaimana cara mengecek Lisensi windows yang terinstall pada Laptop atau komputer anda :

1. Buka command prompt pada windows anda atau ketik di menu Run CMD

2. Klik Kanan dan Klik Run As Administrator

3. Ketik slmgr -dli kemudian akan tampil jenis lisensi anda di windows

4. Note : jika anda menggunakan antivirus smadav atau yang lainnya yang membuat informasi ini terblok, pastikan anda non aktifkan sementara antivirus tersebut dan pada task manager antivirus tersebut di disable terlebih dahulu pada menu Prosess dan Start up.

Demikianlah artikel singkat kami mengenai Mengetahui Jenis jenis lisensi resmi sistem operasi windows semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.