Peran Dosen pembimbing skripsi untuk mahasiswa

Peran Dosen pembimbing skripsi untuk mahasiswa – Bagi kamu seorang mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi tentunya kamu akan sering bolak balik bertemu dengan seorang dosen pembimbing. Tentunya kamu harus tahu apa saja peran dosen pembimbing skripsi untuk seorang mahasiswa, sehingga kamu tidak tumpang tindih mengira bahwa tugas pembimbing skripsi itu sesuai dengan keinginan kamu.

Dosen pembimbing skripsi

Peran Dosen pembimbing skripsi untuk mahasiswa

Tentunya peran pembimbing skripsi tidak dapat kamu remehkan, tetapi sebelum menjelaskan peran dosen pembimbing. yuk kita bahasa definisi dari seorang dosen pembimbing.

Dosen Pembimbing skripsi adalah adalah Seorang dosen tetap pada perguruan tinggi tertentu yang diberi tugas (biasanya ada surat tugas dan surat keputusan dari pimpinan fakultas atau pimpinan program studi) untuk membimbing skripsi mahasiswa dengan hak dan kewajiban tertentu.

Dan Biasanya Mengenai Aturan berapa banyak jumlah pembimbing skripsi yang akan membantu kamu mengerjakan skripsi  itu disesuaikan dengan kebijakan kampus. Ada yang satu pembimbing dan ada yang juga yang menugaskan dua pembimbing skripsi pada setiap mahasiswa.

Kemudian apa saja sih peran dosen pembimbing skripsi untuk mahasiswa?

1.Selalu Mendukung mahasiswa yang sedang skripsi untuk lulus skripsi tepat waktu.

Tentunya seorang dosen pembimbing memiliki strategi khusus agar kamu lulus tepat waktu dalam mengerjakan skripsi dan tentunya strateginya kamu harus patuhi ya..

2.Membimbing mahasiswa dalam menentukan judul, topik penelitian, format penulisan dan lainnya.

Dosen pembimbing yang baiknya biasanya membimbing kamu dengan berbagai aspek, dan tidak melepaskan kamu sendiri begitu saja

3.Memberikan arahan kepada mahasiswa apabila ada kesalahan dalam menulis skripsi

Dosen pembimbing yang baik, tentunya akan memberi tahu dan mengarahkan apabila kamu salah dalam mengerjakan skripsi, dan tidak mendiamkannya.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara membuat citasi dan daftar pustaka otomatis menggunakan mendeley

4.Menyediakan dan meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswa

Pembimbing skripsi harus menyediakan waktu untuk mahasiswa bimbingannya, dan sebaiknya membuat jadwal khusus. tentunya yang harus diperhatikan teman-teman mahasiswa dosen pembimbing tidak setiap saat bisa membimbing kamu ya..

5.Dalam sidang skripsi, membantu menjelaskan kepada penguji lain tentang skripsi mahasiswa (jika diperlukan)

ada saatnya ketika sidang skripsi, dosen pembimbing membantu kamu untuk menjelaskan skripsi kamu kepada dosen penguji lain, tentunya tidak setiap saat ya..

6.Memberi nilai kepada mahasiswa saat sidang skripsi

Dan Dosen pembimbing dapat membantu menaikan nilai seorang mahasiswa bimbingannya, walaupun secara persentasi nilai dosen pembimbing tidak besar

7. Kalau ada 2 pembimbing : pembimbing satu focus pada content dan pembimbing 2 pada format penulisan

8. Mendidik secara tidak langsung kepada mahasiswa yaitu disiplin dan bertanggung jawab.

Dan menjadikan mahasiswa itu disiplin dan bertanggung jawab, merupakan salah satu peran dosen pembimbing

Demikianlah pembahasan mengenai peran pembimbing skripsi, mudah-mudahan bermanfaat buat teman-teman semua. jangan lupa subscribe Youtube Channel saya untuk lebih banyak mengetahu tentang skripsi : Robby Yuli Endra

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.