Tips Lulus kuliah Tepat Waktu untuk mahasiswa dikampus

Tips Lulus kuliah Tepat Waktu untuk mahasiswa dikampusSebagai seorang dosen, pastinya juga saya pernah merasakan menjadi seorang mahasiswa. step tersebut harus dilalui. dan saat ini saya sering sekali bertemu dengan mahasiswa yang karakternya pun berbeda-beda. ada yang mempunyai perancanaan untuk studinya ada juga yang tidak. 

Tips Lulus kuliah Tepat Waktu untuk mahasiswa dikampus

Tentunya seorang mahasiswa memiliki niat dan tujuan saat menjalani dunia perkuliah salah satunya adalah “Lulus kuliah tepat waktu”. arti lulus kuliah tepat waktu merupakan menyelesaiakan waktu tempuh kuliah sesuai deang aturan kementrian ristek dan dikti yaitu diantara 3,5 tahun – 4 tahun.

Sebenarnya untuk lulus tepat waktu tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan anda menjadi seorang yang pintar-pintar banget. berikut saya coba berbagi pengalaman saya yaitu Tips Lulus Kuliah tepat waktu :

1. Niat

Sebelum mendaftar kuliah, anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat untuk lulus tepat waktu, tanpa ada niat yang kuat sangat sulit anda lulus tepat waktu karena anda mudah terpengaruh.

2. Pilih Jurusan yang sesuai dengan anda

Ketika mendaftar kuliah pastikan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat bakat anda, banyak mahasiswa saya yang akhirnya menyerah ataupun pindah ke kampus lain karena memilih jurusan sesuai dengan keinginan orang tuanya.

3. Jangan Terpengaruh dengan teman

Pengaruh disini pastinya hal negatif. karena di kampus anda akan bertemu dengan banyak karakter mahasiswa. dari yang rajin banget sampai dengan yang males banget. untuk memilih teman tentunya jangan pilih-pilih. tetapi jika ada teman yang mengarahkan ke hal negatif jangan terpengaruh.

4. Ikuti Prosedur perkuliahan

Disetiap perguruan tinggi pasti memiliki prosedur dan aturan tertentu. tentunya anda harus mengikuti aturan tersebut. dan berbanding lurus ketika anda masuk ke mata kuliah yang diasuh oleh dosen. dosen memiliki aturan sendiri dan cobalah anda ikuti semua prosedur. dari sistem penilaian sampai ke hal yang lain.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tips membuat slide persentasi yang baik untuk sidang skripsi

5. Fokus Belajar

Tentunya Belajar menjadi poin penting juga, jangan berharap anda tidak belajar anda dapat lulus cepat atau hanya mengandalkan orang lain saja. belajar diperlukan tetapi jangan anda terlalu memporsir hari-hari anda dengan belajar, belajar dan belajar. sisipkan waktu untuk beribadah, bersosialisasi dan berolah raga.

6. Lawan rasa Malas

Malas merupakan salah satu faktor untuk anda tidak lulus tepat waktu bahkan tidak lulus-lulus di kampus. lawan malas tersebut mungkin dengan cara-cara salah satunya mengingat orang tua yang bekerja keras untuk membiayai anda kuliah atau hal yang lainnya.

7. Selesaikan Skripsi sesuai jadwal

Banyak mahasiswa yang nilai mata kuliahnya sangat baik, tetapi lulus tidak tepat waktu. salah satu faktor adalah karena dalam mengerjakan skripsi mereka telah melewati deadline sehingga waktu yang akan bertambah untuk menyelesaikan skripsi tersebut.

8. Pastikan tidak ada Mata kuliah yang mengulang

Salah satu faktor anda tidak lulus tepat waktu adalah ada mata kuliah yang mengulang, dan pastikan anda setiap semesternya untuk tidak mengulang mata kuliah

9. Jalani perkuliahan dengan Enjoy

Jangan membebani diri anda dengan perkuliahan, bawa santai saja. tetapi tetap harus serius ya..

Demikianlah artikel saya tentang mahasiswa yaitu Tips Lulus kuliah Tepat Waktu untuk mahasiswa dikampus semoga bermanfaat untuk semua.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.