Tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen

Tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen – BKD merupakan Beban kinerja dosen yang setiap semesternya dilaporkan. BKD merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh seorang dosen setiap semester. Kegiatan setiap semester tersebut yang dilaporkan ke DIKTI melalui koordinator-koordinator di tiap daerah.

Tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen

Tetapi, sesuai dengan pengalaman saya. Dosen-dosen yang akan melaporkan BKD setiap semesternya merasa kerepotan untuk menyusun Laporan Kinerja Dosen (LKD) dan Beban Kinerja Dosen (BKD). permasalah yang sering muncul kadang masalah teknis seperti belum bisanya menggunakan aplikasi BKD, Belum dapat assesor untuk menandatangi berkas LKD yang dibuat, serta permasalahan lainnya.

Untuk dosen di perguruan tinggi swasta, yang saya liat pembuatan BKD hanya untuk pencairan uang tunjangan sertifikasi dosen. Dosen-dosen yang belum tersertifikasi mereka tidak pernah membuat BKD. padahal banyak keuntungan ketika seorang dosen yang belum tersertifikasi membuat BKD setiap semesternya. salah satunya adalah pengurusan untuk usulan jenjang jabatan akademik

Walaupun pekerjaan rutin, tetap saja dosen selalu sibuk untuk menyusun laporan BKD. dan berikut ini Tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen :

Pada tips kali ini yang harus di perhatikan ada beberapa poin untuk penyusunan laporan BKD :

1.Apakah anda termasuk Dosen biasa, Profesor, Dosen dengan tugas tambahan (DT), Profesor dengan tugas Tambahan

Hal ini menjadi penting mengingat masing-masing jenis dosen pada poin 1 memiliki kewajiban untuk mengumpulkan beban sks per semesternya.

A. Dosen Biasa dan Profesor

Dosen Biasa adalah Dosen yang wajib mengumpulkan ke empat unsur/Bidang yang ada dilaporan BKD yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Unsur Pendukung atau Penunjang.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tanya jawab seputar serdos atau sertifikasi dosen terbaru

Dengan ketentuan sebagai berikut :

Bidang Pendidikan, Penelitian serta Pengabdian tidak boleh kosong dan Jumlah Total kinerja dosen Minimal 12 Sks dan Maksimal 16 Sks. dengan pembagian sebagai berikut :

Bidang Pendidikan dan Penelitian : Minimal 9 Sks

Pengabdian (minimal 1 sks) + Unsur Penunjang : Minimal 3 Sks

tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen
Contoh kesimpulan dilaporan BKD

Dosen Dengan Tugas Tambahan dan Profesor dengan tugas tambahan :

Dosen dengan Tugas Tambahan (DT) adalah Dosen yang memiliki tugas tambahan atau struktural dari kampus. dan pada laporan BKD Dosen DT memiliki keistimewaan tersendiri. dan pada artikel selanjutnya saya akan menjelaskan siapa saja yang berhak menyandang status DT.

Misalnya Rektor memiliki kum 6, jadi untuk memenuhi Laporan BKD Hitungannya seperti ini :

Bidang Pendidikan minimal 3 sks

Penelitian dan Pengabdian masyarakat Boleh Kosong

Jadi Hitungannya :

Pendidikan + Penelitian : minimal 3 sks

Pengabdian + Pendukung : Boleh Kosong

Setelah mengetahui anda sebagai dosen masuk di mana, sekarang mulai untuk menyusun laporan BKD anda :

Berikut Tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen :

  1. Laporan BKD Dosen di Laporkan per semester. untuk laporan ganjil anda harus melaporkan kegiatan tridharma ganjil begitu seterusnya.
  2. Ketahuilah Laporan BKD terdiri dari 4 Komponen yaitu Pendidikan, Penelitian, PKM dan Pendukung
  3. Untuk pendidikan persiapkan dokumen yang dibutuhkan misalnya : SK Mengajar, Berita acara mengajar, Absensi Mahasiswa, Form Nilai dan Lainnya. pastikan semua dokumen anda scan. biar lebih gampang anda dapat menggunakan scanner pada Smartphone android anda. aplikasi anda dapat cari di Playstore, kalau saya menggunakan aplikasi Tap Scanner.
  4. Untuk anda dosen biasa, anda setiap 1 semesternya harus memiliki publikasi minimal 1. dan anda bisa merencanakannya di awal semester serta mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti : hasil publikasi, link url, lembar pengesahan LPPM dan Lainnya
  5. Untuk PKM setiap semesternya anda wajib menyiapkan minimal 1 SKS.
  6. dan Yang terakhir adalah unsur pendukung. anda dapat mengikuti seminar, atau aktif di kegiatan organisasi, atau kepanitian. minimal 3 sks dan buktinya misalnya surat tugas dan sertifikat
  7. Biar anda terlalu repot, apa yang bisa anda persiapkan/kumpulkan di awal semester anda dapat menyimpannya di laptop anda. misalnya SK mengajar, pasti sk ini terbit sebelum mengajar dan lainnya
Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara isi beban kinerja dosen pada aplikasi BKD terbaru

Demikianlah Tips membuat Laporan BKD akhir Semester untuk Dosen apabila ada pertanyaan lebih lanjut dapat koment di kolom komentar  dan jangan lupa Subscribe Youtube Channel saya : Robby Yuli Endra

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.