Cara memasukan File Website di Cpanel hosting sendiri

Cara memasukan File Website di Cpanel hosting sendiri – Bagi kamu yang baru membuat website, baik website statis atau dinamis dan ingin meng-upload file-file tersebut di Cpanel hosting anda, berikut tahap-tahap yang harus dilakukan.

Yang pertama, tentunya anda harus menyewa hosting dan domain ke provider yang ada di Indonesia seperti Domainesia, Idwebhost, rumah web atau yang lainnya.

Untuk tahap-tahap pembelian dan proses penyewaan anda dapat membaca di website resmi provider tersebut.

Sebelum masuk ke upload website, tentunya teman-teman semua harus mengerti dan memahami apa perbedaan hosting dan domain.

Hosting adalah Merupakan tempat penyimpan data yang kita sewa untuk menyimpan data seperti databases, gambar yang dapat diakses via internet.

Domain adalah Nama untuk yang diberikan kepada komputer server untuk memudahkan penyebutan dibandingkan dengan memanggil internet protocol (IP) komputer.

Lalu bagaimana cara meng-upload folder/file website yang anda buat ke cpanel anda.

Kalau ada yang bertanya login cpanel saya dapat dari mana? jawabannya ketika anda sudah melakukan pembayaran di penyedia jasa hosting atau domain anda, anda akan diberi username dan password untuk masuk ke cpanel berserta link menuju ke cpanel.

lanjut, gimana cara upload folder website ke cpanel :

1. Masuk ke url cpanel anda dan kemudian masukan username dan passwordnya :

2. Setelah login berhasil, kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Cara memasukan File Website di Cpanel hosting sendiri

3. Langkah selanjutnya klik menu Files > File Manager dan akan tampil gambar dibawah ini :

4. Sebelum upload folder/file anda ke dalam file manager di cpanel, tentunya anda harus mempersiapkan folder yang akan di upload

5. Satu folder yang akan anda upload harus di buat menjadi file ZIP, anda dapat menggunakan aplikasi winzip

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Layanan Google Plus anda akan di Nonaktifikan segera back up

6. Kemudian setelah semua folder dan file di ZIP. anda arahkan atau klik public_html (pastikan anda meng-upload folder di folder public_html)

7. Klik menu upload dan tunggu sampai folder selesai di upload. seperti gambar dibawah ini contoh saya memasukan file syafiqaharloji :8. Kemudian klik kanan file yang sudah diupload kemudian pilih menu Extract

9. Setelah berhasil di Extract cut semua file yang berada di folder syafiqaharloji kemudian paste ke folder B atau intinya anda harus menghapus folder utama website anda. yang di folder B hanya file yang didalam folder utama.

10. Selesai dan coba akses website anda dengan browser dan pastinya harus terkoneksi internet

Demikian artikel saya tentang Cara memasukan File Website di Cpanel hosting sendiri semoga bermanfaat

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.