Strategi meningkatkan penjualan arloji dengan konsep digital marketing

Memiliki toko arloji secara offline saat ini tentunya tidak mudah. karena faktor berkembanganya era digital membuat persaingan dari sisi penjualan yang kompetitif sangat tinggi dan luar biasa kerasnya. sebagai pemilik toko offline yang menjual arloji dengan beraneka merek dan harga, kami tidak hanya  memutar otak untuk meningkatkan penjualan jam tangan secara offline, tetapi kami harus memiliki strategi untuk meningkatkan penjualan jam tangan baik secara offline (penjualan di toko) dan penjualan secara online.

Halaman Website Syafiqaharloji.com

Syafiqah arloji, nama toko arloji atau jam tangan yang kami kembangkan yang berada di Bandar Lampung. tepatnya terletak di jalan Brigjen Katamso Gedung Simpur Center No B19 Lantai 1 Tanjung Karang Bandar Lampung Kodepos 35111. Simpur center merupakan departement store dan merupakan salah satu tempat favorit berbelanja orang-orang Bandar Lampung pada umumnya.kami memulai bisnis penjualan tangan ini sejak tahun 2012, pada tahun 2012 kami belum memiliki banyak saingan untuk penjualan arloji atau jam tangan khususnya di Bandar Lampung.

Masuk pada tahun 2017an, persaingan besar dimulai, toko kami tidak hanya diserang dengan munculnya toko-toko offline yang menjual produk-produk yang seperti kami jual. selain itu, menjamur toko-toko online yang menjual produk relatif lebih murah dibandingkan dengan harga ditoko kami.

Oleh sebab itu, satu tahun belakang ini kami mulai membuat dan mencari strategi bagaimana cara dapat survive dalam bisnis ini. tentunya toko kami harus mengikuti berkembangan era digital ini, dan kami tidak mungkin hanya bertahan dan diam saja dengan berkembang teknologi, tetapi kami harus bergerak dan memanfaat teknologi untuk meningkatkan omset toko dengan strategi digital marketing.

Dan kemudian ada 4 garis besar yang akan kami bahas dalam artikel ini untuk meningkatkan penjualan arloji dengan menggunakan konsep digital marketing.

Yang pertama, Bagaimana Strategi kami dalam pemanfaatan digital marketing untuk peningkatan penjualan arloji pada toko kami?

Yang kedua, Apa keuntungan penggunaan digital marketing yang kami lakukan?

Yang Ketiga, Apa kerugian yang kami alami dari penggunaan digital marketing ?

Yang Keempat, Berapa persentase atau kenaikan omset sebelum dan sesudah menggunakan konsep digital marketing.

Startegi Digital Marketing :

Kami percaya bahwa teknologi merupakan tools yang dapat membantu kami dalam menjual produk yang ada ditoko kami. tentunya kami bukan tanpa perencanaan untuk membuat startegi bisnis digital marketing ini. kami mencari banyak informasi, referensi dan teman-teman yang menerapkan digital marketing pada saat ini, dan kami memulia Startegi kami yaitu :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara Optimalisasi Google plus untuk meningkatkan visitor blog
1. Melibatkan dan menggunakan sosial media untuk tahap awal digital marketing produk kami.

Tentunya peranan sosial media saat ini besar untuk pemasaran sebuah produk, oleh sebab itu kami membuat dan fokus kepada dua akun sosial media untuk melakukan promosi penjualan Instagram dan Facebook.

Dengan membuat akun sosial media selain dapat melakukan promosi gratis, tentunya toko kami dapat menjangkau ke banyak konsumen kami tanpa terbatas jarak dan waktu. saat ini pun dari pengelihatan kami banyak konsumen kami untuk membeli jam tangan kami melalui referensi sosial media kami. tentunya data ini bukan asal kami sebut dan asal, tetapi kami selalu bertanya dari mana informasi yang konsumen ketahui tentang produk kami, sebagian besar menjawab adalah sosial media.

Kami membuat akun di Instagram dengan nama akun : syafiqah_arloji dan akun Fans page Facebok kami : Syafiqaharlojisimpurcenter , pada akun instagram ini kami secara rutin atau daily untuk meng-upload produk-produk jam tangan terbaru kami, serta merespon semua pertanyaan yang dilontarkan kepada kami.

Dan tentunya apabila menjual produk di sosial media (instagram ataupun Facebook) konsumen harus yakin dan percaya bahwa toko online kami merupakan toko yang dapat dipercaya serta bukan toko online yang sering menipu. tentunya untuk meyakini kepercayaan konsumen, hal-hal dibawah ini yang kami lakukan :

a. Membuat nomor pelayanan (dengan wa) yang akan direspon secara cepat melalui admin kami.

b. Manampilkan foto-foto atau gambar produk jam tangan kami dengan gambar asli, yang kami foto melalui smartphone atau kamera yang kami miliki.

Contoh salah satu produk kami

c. Meng-upload foto-foto pembeli (di toko offline Syafiqah arloji) di akun instagram kami. dengan adanya testimoni dari para konsumen harapan kami tentunya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen

Salah satu testimoni dari konsumen

d. Share nomor dan nama rekening disosial media. tentunya dengan mengetahui nomor rekening dan nama kami, konsumen dapat mengetahui siapa pemilik asli dari toko online syafiqah arloji ini. 

2. Memasang Iklan di Sosial media

Cara lain untuk meningkatkan penjualan produk kami dengan cara memasang iklan di sosial media khususnya di Instgram. dengan menggunakan instagram bisnis dan kami merasa sangat efektif. dengan memasang iklan di IG khususnya kita dapat menentukan karakteristik dari konsumen seperti wilayah, jenis kelamin, usia dan lainnya. kita dapat men-setting karakteristik tersebut dengan budget yang kami miliki.

3. Secara periodik membuat “Give away” ke Followers kami

Kami secara rutin, bisa sebulan sekali atau dua kali mengadakan give away dengan memberikan produk jam tangan kami bagi pemenang. tentunya dengan sering mengadakan give away banyak orang yang ada disosial media dapat tertarik mungkin sekedar melihat bahkan sampai mem-follow akun instgram kami. tentunya dengan cara ini kami dapat mempromosikan toko dan produk online kami secara tidak langsung.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Bagaimana cara meningkatkan ranking blog di website alexa

4. Membuat Website Company Profile toko online kami

Awalnya kami berpikir untuk membuat E-commerce di website, tetapi dengan mempertimbangkan banyaknya market place yang ada tentunya tidak efektif untuk saat ini membuat website e-commerce. tentunya dengan memiliki akun marketplace kami tidak lagi memikirkan design, SEO website dan lainya. 

Kemudian kami berencana untuk membuat website company profile toko kami, tujuannya untuk branding toko online kami, serta memberi rasa aman kepada konsume jika ingin berbelanja di toko online kami. beberapa minggu yang lalu akhirnya kami putuskan untuk membuat website tersebut.

Tentunya dengan budget yang terbatas, kami mulai mencari web hosting murah yang ada di Indonesia. Mulailah proses pencarian dari google, dari testimoni artikel blogger, dari saudara dan teman yang pernah membuat website dan menyewa hosting. dan akhirnya kami memutuskan untuk menyewa hosting di Domainesia.

Yang pertama kali yang kami lakukan adalah mengunjungi website resmi domainesia dan kemudian mencari nama domain. dan kami berencana membeli nama domain sesuai dengan nama toko offline kami yaitu Syafiqah arloji.

Kemudian kami melanjutkan membuka link untuk memilih nama domain : www.domainesia.com/domain kemudian kami ketik pada kolom pencarian nama domain syafiqaharoji.com dan alhamdulilah nama tersebut available alias masih dapat digunakan. kemudian kami pun memilih jenis hosting hosting extra (SG) karena website yang kami buat hanya untuk profil saja, dan tidak terlalu banyak membutuhkan space memory.

Setelah beberapa hal selesai, kami pun terkejut mendapatkan potongan 20% dengan memasukan kode promosi : PAKETHEMAT harga yang harusnya sekitar 350.000 menjadi 280.000 lumayan. segera kami melakukan pembayar, dan lebih asiknya lagi di domainesia banyak pilihan untuk melakukan pembayaran dapat melalui transfer bank, gopay, alpha mart, indomaret dan metode lainnya.

Setelah pembayaran berhasil, ada hal yang kami kurang mengerti kemudian kami tanyakan kepada CS, pada fitur chatt yang ada diwebsite. respon cepat dan kami dilayani sangat baik. dan akhirnya lauching alamat website resmi kami : http://syafiqaharloji.com/

5. Endorse ke selebgram

Kemudian hal yang kami lakukan adalah men-endorse selebgram yang ada di Bandar Lampung. dengan membuat video ditoko offline kami selebgram tersebut mempromosikan produk-produk jam tangan kami. dengan budget 250 ribu s/d 500 ribu peningkatan follower di Instagram kami pun mulai cepat.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin

6. Membuat akun marketplace 

Karena disosial media rawan akan penipuan, banyak akun-akun fake yang membuat seperti akun toko offline kami. dan banyak juga laporan dari para konsumen karena penipuan. untuk menjaga hal tersebut karena dapat merusak citra toko kami, kami membuat akun marketplace seperti :

a. Shopee

b. Bukalapak

c. Tokopedia

Dengan konsep barang sampai kemudian uang dikirim, menurut kami dapat meminimalisir penipuan yang sering terjadi di Facebok dan Instagram kami.

Poin-poin diatas adalah strategi kami dalam meningkatkan penjualan produk jam tangan di syafiqah arloji.

Kemudian apa saja keuntungan penggunaan digital marketing untuk penjualan produk kami :

1. Pangsa pasar sangat luas karena tidak terbatas dengan jarak. jika ada konsumen yang berada diluar kota, kami dapat mengirimkan melalui ekspedisi yang ada di indonesia.

2. Menjaga komunikasi dengan konsumen melalui media sosial

3. Konsumen tidak harus datang ketoko offline kami yang tentunya memerlukan biaya lagi.

4. Dapat mempromosikan produk-produk baru di sosial media yang sulit kami lakukan di toko offline

5. Pengeluaran yang relatif lebih murah dibandingkan ditoko offline.

Kerugian menggunakan digital marketing khususnya disosial media tidak banyak, yang merugikan kami hanya satu yaitu penipuan. banyak akun fake atau akun palsu toko kamu dibuat oleh orang lain. dan lebih parahnya mereka mengambil nama toko yang sama (mirip), mengambil gambar produk kami serta menjual dengan harga yang murah. dan tidak sedikit pelanggan atau konsumen kami yang tertipu.

Seperti ini contohnya, kami mencari nama syafiqah arloji di pencarian facebook, dan banyak toko yang bermunculan dan itu bukan merupakan toko kami. dan itu tidak hanya merugikan konsumen tetapi juga merugikan kami sebagai penjual.

Contoh penipuan di Facebook

Yang terakhir, dengan menggunakan Digital marketing kenaikan omset kami bertambah kisaran 30% s/d 40%. dan ini merupakan berita yang baik buat kami. dengan sedikitnya biaya yang dikeluarkan dampak keuntungan menjadi meningkat.

Kesimpulan : Dengan masuknya era digital siapapun pelaku bisnis harus cepat beradaptasi jika tidak akan kalah dengan kompetitor. salah satunya adalah dengan menggunakan Konsep Digital marketing dengan perencanaan dan pengelolahan yang baik…

 

Bandar Lampung, 30 November 2019 pukul 22.30.15

 

 

 

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.