Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui

Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui – Salah satu kejahatan di dunia maya atau internet adalah Kejahatan Phishing. Phishing merupakan kejahatan yang di lakukan oleh seseorang atau kelompok untuk mencuri informasi penting orang lain seperti username,password, nomor kartu kredit dan lain-lain. yang digunakan untuk kepentingan pribadi orang tersebut.

Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui
Kejahatan Phishing

Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui

Kejahatan atau teknik phishing ini sudah lama dimulainnya tetapi sampai saat ini kejahatan ini tidak henti-hentinya untuk mengejar mangsanya. walaupun banyak pembahasan tentang kejahatan phishing ini tetapi banyak orang yang masih tertipu dengan teknik ini.

Bagaimana Cara kerja Teknik Phishing ini ?

1. Hacker menyebarkan link website palsu mereka melalui banyak media seperti email, jejaring sosial, chat messanger dan lain-lain. dan berharap si calon mangsanya akan meng-klik link yang mereka berikan.

2. Dan jika calon mangsa terjebak, maka anda akan di arahkan ke website palsu mereka yang di dalamnya ada form isian. misalkan website phishing tersebut website Bank, maka tampilan website tersebut akan mirip dengan website aslinya.

3. Dan dengan kata-kata yang meyakinkan si hacker menyuruh anda untuk memasukan username dan password di form tersebut. atau informasi lain yang mereka butuhkan.

4. Jika anda mengisi form yang mereka minta di website palsu tersebut, maka data-data yang telah anda masukkan akan tersimpan di server si hacker

5. Dengan memiliki databases informasi data anda, si hacker dapat leluasa menggunakan data anda tersebut, baik digunakan untuk transaksi perbankan ataupun menipu teman anda di sosial media anda.

Dengan adanya kejahatan phishing ini, seharusnya mulai saat ini anda harus mengetahui ciri-ciri dari website palsu phishing ini. berikut saya jabarkan ciri-ciri website phishing tersebut.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Pekerjaan yang cocok untuk lulusan komputer yang tidak suka ngoding
Bagaimana Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Hacker biasanya membuat website semirip mungkin dengan websitenya, yang pertama anda cek adalah nama websitenya, apakah sama dengan website resminnya anda dapat mengeceknya di google

sebagai contoh :

website phishing : ww1.garuda-indonesia.com (mereka menirukan website maskapai penerbangan garuda), yang harus anda teliti pertama kali adalah :

a. Anda search di google dengan keyword : website resmi garuda indonesia dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui

link resmi garuda indonesia yang saya dapat dari google : https://www.garuda-indonesia.com perhatikan perbedaan link di atas dengan link ini. anda dapat membandingkan teks warna merah tersebut.

b. Anda harus cek akhiran domainnya, biasanya untuk website-website resmi akan menggunakan akhiran domain yang valid, sebagai contoh akhiran domain :

– Sekolah = sch.id

– Kampus = ac.id

– Pemerintahan = go.id

– Komersil = .com

– Organisasi = .org

Dan lainnya.

Bagi hacker biasanya website palsu mereka akhiran domainnya, bukan domain premium tetapi menggunakan domain gratisan. contoh .tk , .top atau domain yang kita jarang dengar. atau menggunakan domain blogspot.com dipastikan website tersebut palsu.

c. Baca dengan seksama alamat website yang diberikan, biasanya mereka plestkan 1 atau 2 huruf nama domain : contoh : www.klikbca.com diganti dengan www.kliikbca.com

d. Anda jangan cepat tergiur iming-iming yang mereka tawarkan, saya pernah mendapatkan informasi bahwa produk sepatu ternama yaitu adidas pada hari tersebut membagi-bagikan 1000 sepatu gratis. hmm dari informasi tersebut sangat mengiurkan, tetapi coba anda pikir dengan akal sehat, adidas adalah perusahaan komersil bukan perusahaan amal, mustahil jika mereka membagikan sepatu gratis  😆

e. Jangan cepat memasukan username dan password pada halaman website, jika website tersebut perbankan pastikan ada https:// ada huruf s (security) nya yang menandakan itu aman.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Menampilkan icon pesan belum terbaca pada gmail di Tab Browser

f. Cari tahu informasi di website resmi, sosial media resmi apakah perusahan tersebut sedang melakukan pemberian hadiah dan lain-lain

g. Jangan mendownload aplikasi sembarangan, biasanya di dalamnya ada virus atau malware

h. Pasang lah antivirus yang selalu update

Demikianlah artikel informasi teknologi kali ini tentang Ciri ciri website kejahatan phishing yang harus anda ketahui semoga bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.