Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah – Hari ini tanggal 21 mei 2018, Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Bandar Lampung (UBL) Mengikuti Lomba Inovasi Daerah Propinsi Lampung pada tahun 2018 yang di selenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan daerah Propinsi Lampung (Balitbangda) Lampung

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Pada hari ini merupakan proses penjurian dari produk yang di hasilkan oleh mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Bandar Lampung, Juri terdiri dari 6 orang yang seharusng 9-10 juri yang hadir. juri tersebut berasal dari Pemerintahan Propinsi Lampung, Pemerintahan Kota, akademisi, Peneliti serta dari CSR di Propinsi Lampung.

Berikut adalah Produk-Produk yang di kembangkan oleh mahasiswa Prodi Informatika FIK UBL :

1. Smart Class / Smart Room

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Judul diatas membahas bagaimana cara kerja secara otomatis di ruang kelas, secara garis besar konsep dari smart class di mulai saat seorang dosen masuk ke kelas, kemudian device yang ada di dalam kelas tersebut akan hidup ketika terdeteksi adanya object manusia yang masuk.

Alat-alat yang otomatis saya ini menyala adalah Lampu kelas, Ac, LCD Projector. kemudian smart class ini di fasilitasi web untuk monitoring kegiatan yang ada di kelas, seperti absensi secara online, perekaman materi dosen, dan lainnya.

Untuk Tim Smart Class di Ketuai oleh Bapak Robby Yuli Endra, S.Kom.,M.Kom selaku Dosen Fakultas Ilmu Komputer – Program Studi Informatika. Kemudian Tim Lain yaitu M. Bintang Syah Putra, Deni Hermawan dan Shintia Mala Vista yang merupakan mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Bandar Lampung serta di Support penuh oleh Mahasiswa Informatika angkatan 2015.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tipe Dosen di kampus yang kamu harus ketahui | jejakdosen.com
2. Remotely Operated Vehicles (ROV)

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Konsep ROV ini diawali dengan ide bagaimana sebuah robot dapat merekam lingkungan bawah laut, dengan konsep Internet of Things, alat tersebut akan menyimpan data kemudian akan mengirimkan data via Internet.

TIM ROV ini sendiri di Ketua oleh Bapak Ahmad Cucus, S.Kom.,M.Kom selaku Dosen Fakultas Ilmu Komputer – Program Studi Informatika dan di anggota tim Dwi Romadon, Juli Suprapto dan Adi Permana serta di support penuh oleh mahasiswa Informatika angakatan 2015.

3. BLits (Bandar Lampung Intelegent Transportation System)

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Blits merupakan konsep kemampuan sebuah sistem membaca situasi yang ada di jalan raya apakah dalam keadaan macet atau tidak, kemudian informasi tersebut di kumpulkan dan akan dikirim ke server sebagai pusat komputer

Tim Blits sendiri di Ketuai oleh Bapak Riza Muhida, Phd selaku Ketua Pusat studi dan Lab Mekatronika serta Tim lain adalah Dwi Romadon serta mahasiswa angkatan 2015 Informatika.

4. Hidroponik Vertical Agriculture

Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah

Merupakan konsep penanam tanaman dengan konsep hidroponik, dengan otomatisasi pemberian nutrisi dan dapat di pantau melalui android.

Ketua Tim dari Hidroponik Vertical Agriculture adalah Bapak Ahmad Cucus, S.Kom.,M.Kom selaku Dosen Fakultas Ilmu Komputer – Program Studi Informatika serta Tim lain yaitu A. Ayu Wulandari, Putri kusuma W, Adi Permana serta di dukung penuh oleh mahasiswa angkatan 2015.

Proses penjurian sangat ketat dari awal hingga akhir, melebihi sidang skripsi, banyak masukan positif yang diberikan walaupun ada beberapa hal yang tidak bisa di interupt ke juri yang bersangkutan. dan kami mengharapkan dengan adanya agenda tersebut, pemerintah provinsi dapat memberikan dana riset untuk kami para peneliti, agar penelitian di propinsi Lampung pada umumnya menjadi lebih baik lagi

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

Demikianlah artikel kampus kali ini tentang Mahasiswa prodi Informatika UBL mengikuti Lomba inovasi daerah semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.