Tips Lulus Kuliah tepat waktu di Kampus

Tips Lulus Kuliah tepat waktu di Kampus – Bagi mahasiswa cepat lulus merupakan cita-cita dan impian pastinya. tetapi ketika telah berjalannya perkuliahan cita-cita dan harapan tersebut sulit untuk di jalankan karena banyak faktor yang mempengaruhi seorang mahasiswa untuk lulus kuliah.

Tips Lulus Kuliah tepat waktu di Kampus

Mahasiswa merupakan level tertinggi dari siswa. sehingga dari banyak hal mereka mampu mengatur serta menghadapi sendiri. salah satunya tentulah bagaimana strategi seorang mahasiswa untuk lulus kuliah tepat waktu.

Banyak manfaat buat seorang mahasiswa jika lulus tepat waktu, selain ketika lulus usia anda masih fresh graduated yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. tentunya beban orang tua untuk meng kuliah kan anda akan hilang tentunya juga dari segi finansial mulai terbebas dari uang SPP, praktikum, biaya ongkos dan lain-lain.

Dan pada kesempatan ini saya merangkum atau mengumpulkan dari pengalaman saya bagaimana dan strategi serta Tips Lulus Kuliah tepat waktu di Kampus :

1. Ikut Aturan

Dimana pun anda berada pasti memiliki aturan tersendiri, hal tersebut sama seperti di kampus ataupun di kelas. dosen memiliki aturan-aturan tersendiri yang harusnya anda ikuti. misalnya di kontrak kuliah seorang dosen memiliki tugas maka anda harus mengerjakan tugas tersebut.

2.Filter pergaulan dengan Teman

Banyak pengalaman, mahasiswa yang lulusnya lama adalah ikut-ikutan teman. anda sebagai mahasiswa harus pintar membentengi ini. ingat tujuan anda kuliah. bukan dilarang untuk berteman tetapi anda harus pintar memilah milih teman yang bagaimana yang akan anda ikuti di kampus.

3. Aktif di Kampus

Kampus merupakan salah satu ladang informasi yang banyak. jika anda sering kekampus dan aktif (bukan nongkrong di kantin yah) anda akan banyak bergaul tidak hanya dengan teman-teman baru tetapi memungkinkan anda dapat berkomunikasi yang lama dengan dosen-dosen pengajar anda. karena diwaktu belajar dikelas, untuk berdiskusi waktunya sangat sempit.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan

4. Sering berdiskusi dengan Dosen

Jika anda ada permasalahan mengenai kampus atau lainnya sebaiknya anda berdiskusi langsung dengan dosen pembimbing dikampus. minimal anda akan mendapatkan solusi dari permasalahan yang anda alami

5. Target Nilai Standar IP > 3

Nilai standar dikampus tentulah nilai ip diatas 3, kenapa harus 3 karena jika anda mendapatkan ip > 3 maka anda akan mendapatkan jatah sks 24 sks (jumlah tersebut merupakan jumlah maksimum sks) dengan jumlah maksimal anda akan lulus tepat waktu

6. Mengulangi materi perkuliah

Mengulangi materi perkuliah itu penting, anda bisa lakukan selama 1 jam ataupun lebih.

7. Manage Waktu

Mengatur Waktu menjadi penting bagi anda seorang mahasiswa, pastinya anda memiliki banyak kegiatan. dikampus pun waktu yang anda miliki tersita dengan kegiatan kampus. oleh sebab itu mengatur waktu dapat membuat anda lulus kuliah tepat waktu.

9. Persiapkan topik skripsi jika anda sudah di semester 5

Kuliah itu aneh, di awal semester rasanya kuliah lama sekali, tetapi jika anda sudah masuk ke semester 5 rasanya cepat. dan sebaiknya pada semester 5 ini anda sudah mulai memikirkan tentang topik skripsi anda

10. Bimbingan skripsi

Jika anda sudah masuk ke skripsi, jangan takut untuk bimbingan. kejar terus dosen pembimbing anda

11. Lawan Rasa malas

Malas sebuah sifat yang dialami semua orang. salah satunya mahasiswa. jika penyakit akut malas sudah terjangkit obatnya adalah lawan rasa malas itu.

12. Ingat usaha orang tua untuk menguliahi kamu

Jika kamu orang mampu materi skip poin ini, poin ini harus anda ingat buat kamu yang orang tuanya sangat bekerja keras untuk membiayai kuliah kamu.

Demikianlah artikel kampus kali ini tentang Tips Lulus Kuliah tepat waktu di Kampus dan saya juga membuatkan video di channel saya. dan video ini saya embed dibawah ini :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Skripsi lebih penting content atau sistematika penulisan

 

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.