Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan

Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan – Beberapa hari yang lalu pengumuman Lulus atau tidaknya siswa untuk masuk perguruan tinggi negeri atau istilah saat ini disebut dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ada banyak ekpresi tentunya, ada yang senang dan bahagia karena masuk perguruan tinggi keinginannya ataupun Sedih karena Gagal SBMPTN.

Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan

Yang diterima diperguruan tinggi negeri, tentunya saya ucapakan selamat dan tentunya harapan semua akan lulus tepat waktu dan mendapat pekerjaan sesuai dengan harapannya.

Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan

Lalu jika yang Gagal tes SBMPTN bagaimana? yang pertama saya mau bilang ke semua adik-adik yang tidak lulus SBMPTN bahwa Dunia anda tidak berakhir karena tidak masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). 

Saya sedikit cerita pengalaman saya, saya mengenal orang yang sangat ingin masuk PTN favoritnya, oleh karena itu dia memporsir dirinya untuk belajar dengan keras demi masuk PTN, ketika pengumuman ternyata dia tidak lulus. apa yang terjadi dia Stress dan sangat tertekan. hal tersebut terjadi kira-kira hampir 10 tahun yang lalu. sampai saat itu orang tersebut masih seperti itu.

Saya tidak menginginkan hal tersebut terjadi kepada adik-adik semua, maka dari itu saya ingin beri tahu perguruan tinggi bukan akhir dari segalannya. saya jujur, tidak pernah merasakan perguruan tinggi tetapi saya saat ini alhamdulilah bisa menjadi salah satu pengajar dari banyak pengajar yang lulus dari PTN.

Lalu apa yang saya harus lakukan apabila tidak masuk PTN? yuk simak penjelasan saya dari video atau tulisan diblog saya :

 

Pertanyaan pertama yang harus dibahas, kenapa banyak siswa ingin masuk perguruan tinggi negeri, ini alasannya :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Ebook metode komputer untuk tugas akhir mahasiswa | Ilmu Komputer

1. Perguruan tinggi negeri (khususnya di Indonesia) merupakan kampus favorit atau rankingnya bagus

2. Kalau kuliah di PTN lebih bergengsi, kalau ngobrol sama orang lebih enak

3. Biaya SPP murah di PTN di bandingkan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

4. Di PTN banyak mahasiswanya 

5. Di PTN banyak Prodi atau jurusan

6. Katanya Dosen-dosennya lebih berkualitas

7. Kuliah di PTN katanya cepat diterima kerja

Kemudian Jika Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan :

1. Coba mendaftar ke perguruan tinggi swasta. ada yang bilang biaya mahal. jangan langsung percaya, anda dapat datang ke kampus tersebut dan mencari informasi. bahkan saat ini di PTS banyak program beasiswa.

2. Jika anda ingin banget masuk PTN, coba di tahun selanjutnya. dan jangan lupa prepare untuk ujian SBMPTN di tahun depan. misalnya ikut les atau apapun

3. Cari pekerjaan untuk mengisi waktu luang

4. Coba ikut uji keterampilan atau sertifikasi. misalnya anda suka komputer anda coba ikut sertifikasi dari java ataupun cisco. ataupun basic pendidikan yang lain.

5. Cari beasiswa untuk kuliah ke Luar Negeri

6. Tekuni Hobi anda

Demikianlah tulisan saya kali ini tentang Tidak Lulus masuk perguruan tinggi negeri apa yang harus dilakukan semoga bermanfaat buat teman-taman semua

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.