Tips membuat slide persentasi yang baik untuk sidang skripsi

Tips membuat slide persentasi – Salah satu tahap akhir untuk mendapatkan kelulusan seorang mahasiswa tentunya mengikuti sidang tugas akhir yaitu sidang skripsi. banyak faktor yang akan mempengaruhi penilaian anda dalam sidang skripsi. dari penguasaan materi, cara menjawab, softskill dan tentunya slide yang anda gunakan untuk menjelaskan hasil ke dewan penguji.

Tips membuat slide persentasi

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana Tips membuat slide persentasi yang baik untuk sidang skripsi. tentunya ini merupakan pengalamanan saya menjadi dosen. dan tidak kaku seperti yang saya jelaskan saja, teman-teman dapat menjadikan referensi point-point yang akan saya jelaskan.

Tips membuat slide persentasi sidang skripsi dengan powerpoint :

1. Yang harus diketahui Slide persentasi bukan merupakan copy paste dari laporan skripsi anda, tetapi resume dari skripsi anda.

2. Tulisan pada Slide persentasi bersifat Sederhana, singkat dan padat. kira-kira kata-kata yang penuh dengan basa-basi anda hilangkan saja

3. Buat Halaman awal slide dengan : Judul Penelitian, Nama anda serta Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) anda

4. Font Size / ukuran huruf Minimal 22 pt atau 24 pt. dan gunakan font yang mudah terbaca seperti calibri, arial dan times new roman.

5. Gunakan Warna Background slide berwarna putih dan warna font hitam

6. Pada Bab I yaitu bagian latar belakang anda masukkan kedalam slide adalah poin-poin saja.

7. Untuk Bab II yang berisi tinjaun pustaka ataupun landasan teori yang berisi referensi untuk skripsi anda, jika referensi tersebut bentuknya digital anda dapat menggunakan perintah hyperlink. link tersebut disambungkan ke file jurnal anda. jika ditanya penguji anda mudah mencarinya.

8. Masukkan gambar sesuai dengan persentasi anda, jangan masukan gambar yang tidak ada hubungannya dengan skripsi anda seperti gambar doraemon ataupun nobita

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tips cara mengatasi gugup diruang sidang skripsi Mahasiswa

9. Banyak tampilkan infografis seperti tabel ataupun grafik

10. Pastikan resolusi gambar yang disisipkan di slide tidak pecah atau dapat terlihat baik oleh penguji.

11. Masukkan landasan teori seperlunya

12. untuk animasi powerpoint pilih yang sederhana saja.

13. Buatlah slide min 10-15 halaman saja

Demikianlah artikel saya tentang Tips membuat slide Power poin persentasi untuk sidang skripsi, untuk versi video anda dapat tonton di Youtube Channel saya di bawah ini :

 

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.