Cara membuat abstrak skripsi yang benar

Cara membuat abstrak skripsi yang benar – Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa. salah satu bagian dari sebuah skripsi adalah abstrak. abstrak merupakan tulisan singkat yang isinya dapat menggambarkan isi dari keseluruhan penelitian skripsi. membuat abstrak terkadang seorang mahasiswa asal-asalan saja.

Membuat abstrak skripsi mahasiswa

Cara membuat abstrak skripsi yang benar

Pada kesempatan kali ini, saya akan memmberikan tips bagaimana cara membuat abstrak yang baik. tips ini dapat menjadi rujukan bagi anda yang ingin membuat artikel jurnal. oke langsung saja..

Dalam membuat abstrak yang biasanya dibatasi katanya hanya 150 kata. dan dalam pembuatan abstrak yang singkat tersebut harus memenuhi poin-poin berikut ini :

a. Purpose (Tujuan Penelitian)

Pada abstrak yang harus anda jelaskan adalah tujuan penelitian. anda bisa menuliskan tujuan penelitian tersebut di awal kalimat, ingat dalam pembuatan abstrak anda tidak perlu membuat latar belakang seperti membuat bab I.

b.Design/Methodology/Approach

Kemudian setelah menjelaskan Tujuan penelitian, anda kemudian menjelaskan tentang design penelitian, atau metodologi penelitian serta pendekatan penelitian tersebut. ingat jangan terlalu banyak kata, ambil kata-kata yang penting. karena kita dibatasi dengan jumlah maksimal kata pada abstrak.

C.Manfaat Penelitian

Langkah selanjutnya, masih dalam abstrak anda harus menuliskan manfaat penelitian yang anda lakukan. sehingga para pembaca penelitian anda tahu percis apa yang anda lakukan pada penelitian serta manfaatnya.

D.Findings (Hasil)

Selanjutnya jangan lupa juga untuk memasukan Findings atau hasil dari penelitian anda, boleh menggunakan data-data statistik sehingga mudah dipahami. hal ini menjadi penting untuk para pembaca.

E.Originality/value (nilai kebaharuannya)

Yang terakhir dalam abstrak adalah Originality atau nilai kebaharuannya. ini menurut saya hanya pilihan opsional saja. jika anda tidak ingin memasukan nilai kebaharuan pada abstrak tidak apa-apa.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tips menghadapi Micro teaching Dosen baru
F. Keyword / Kata Kunci

Yang terakhir adalah kata kunci atau keyword. biasanya dalam sebuah abstrak di bagian akhir kita harus menuliskan kata kunci. yang perlu anda ketahui adalah kata kunci yang anda masukkan adalah kata-kata yang terdapat pada abstrak.

kebanyakan dari kita memasukan keyword itu berasal dari penulisan skripsi.

Demikianlah artikel singkat saya mengenai bagaimana cara menulis abstrak yang baik pada skripsi, semoga bermanfaat untuk para pembca.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat menonton di Youtube Channel saya dibawah ini, Silahkan subscribe, share dan like apabila video ini bermanfaat buat anda.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.