Cara menambahkan gambar pada header ojs jurnal

Cara menambahkan gambar pada header ojs jurnal – hey gaes, udah lama ga posting dan kasian sebenarnya sama blog ini. kayak rumah hantu..sepii..hehe. ow yah kali ini saya mau membahas tentang ojs atau open journal system. kenapa saya mau bahas ini, karena hampir seminggu ini saya lagi ngutak-ngatik ojs jurnal di fakultas. karena saya dan rekan-rekan di fakultas ingin akreditasi si jurnal tersebut, jadi minimal tampilan harus dibenahi.

Cara menambahkan gambar pada header ojs jurnal

Selain itu tulisan ini juga sebagai reminder saya, kalau-kalau saya lupa dikemudian hari. hehe..Oke langsung masuk ke topik. yang pertama saya ingin jelaskan adalah Definisi dari Ojs (open journal system).

OJS ??

OJS atau open journal system adalah sebuah platform atau aplikasi berbasis website yang berfungsi untuk mengelola jurnal. untuk mendownload ojs silahkan ke website resmi ojs disini

Apa itu jurnal ?

Jurnal merupakan artikel ilmiah (Penelitian) yang dipublikasikan yang memiliki format tertentu. dan saya rasa jika anda dosen ataupun peneliti tentunya tidak asing dengan yang namanya jurnal dan ojs ya.

dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan gambar pada header ojs seperti gambar dibawah ini :

Tampilan header pada ojs journal

Gambar diatas merupakan Ojs jurnal explore Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Bandar Lampung. yang kebetulan saya kelola. lalu bagaimana membuat header tersebut seperti tampilan diatas. yuk di simak :

Cara menambahkan gambar pada header ojs jurnal :

1. Masuk ke alamat/url ojs kampus anda sebagai Manager (saya menggunakan OJS 2).

2. Dan akan tampil seperti gambar diatas.

3. Kemudian klik menu user home > Journal management dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  6 pengaturan sebelum update status facebook yang harus diketahui

4. Kemudian pada menu management pages klik System Plugin

5. Langkah selanjutnya klik generic plugin 

6. Kemudian aktifkan (enable) menu Custom block plugin apabila belum diaktifkan dan jika sudah diaktifkan klik menu settings pada Custom block plugin seperti gambar dibawah ini :


7. Selanjutnya pada menu Custom block plugin klik link setup step 5.6 dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :

8. Dan anda sudah berada di menu upload header, dan sekarang pastikan anda memiliki gambar header yang sudah anda design dengan ukuran 1350 pixel x 275 pixel. atau anda bisa sesuaikan dengan ojs anda

9. kemudian untuk menambahkan header di halaman utama silahkan upload pada bagian menu Journal Title

10. Dan untuk header disetiap halaman ojs journal anda, anda dapat memilih menu journal page header

11. Silahkan diupload masing-masing gambar kemudian di save

12. dan selesai

Demikianlah artikel singkat saya tentang Cara menambahkan gambar pada header ojs jurnal semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.