Cara mengajar mata kuliah teori bobot 4 sks untuk dosen

Cara mengajar mata kuliah teori bobot 4 sks untuk dosen – Salah satu tugas seorang dosen adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang tertuang di tri dharma pendidikan perguruan tinggi selain Penelitian dan pengabdian masyarakat. Bagi dosen dalam mengajar memiliki metode-metode pengajaran mereka sendiri.

Cara mengajar mata kuliah teori bobot 4 sks untuk dosen

Cara mengajar mata kuliah teori bobot 4 sks untuk dosen

Ada dosen yang mengajar dengan cara konvensional ataupun cara digital ala-ala anak-anak milenial dengan menggunakan gadget sebagai media pembelajaran. atau ada yang mengkombinasikan kedua metode pembelajaran konvensional ataupun cara modern. termasuk saya dalam mengajar.

Pada tulisan di artikel ini, saya coba menganalisis dan mengamati bagaimana cara mengajar mata kuliah teori yang bobotnya 4 sks yang menurut saya waktunya cukup lama untuk menjelaskan di depan kelas, belum lagi efek ke mahasiswa yang merasa jenuh dan bosen ketika kuliah 4 sks tersebut berlangsung.

Sebelum menuliskan hasil tentang cara mengajar mata kuliah dengan bobot 4 sks, saya aka membahas sedikit tentang bobot sks, untuk dosen mungkin sudah banyak mengerti, dan informasi ini penting bagi saya untuk mahasiswa atau mahasiswa baru.

Apa itu SKS ?

SKS adalah merupakan singkatan dari Satuan Kredit Semester adalah angka beban kuliah yang di ambil mahasiswa setiap semesternya. untuk menyelesaikan gelar Sarjana (Strata 1) mahasiswa akan menempuh jumlah bobot sks kisaran 144 s/d 160 sks sesuai dengan aturan pemerintah yakni DIKTI.

Berikut Hitungan 1 SKS seperti di jelaskan di bawah ini :

1 SKS teori : 50 menit / minggu

1 SKS Praktikum : berkisar 100 – 180 menit / perminggu

Jika seorang dosen mengajar teori dengan bobot 4 sks maka seorang dosen tersebut harus mengajar 200 menit atau 3 jam 20 menit. dan dari hal tersebut apabila tidak ada metode mengajar yang baik, maka bisa di pastikan kelas tersebut akan membosankan.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Upload Proposal Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi | PDUPT

Lanjut hasil analisa dan pengamatan kepada dosen-dosen di sekitar saya, hal yang mereka lakukan untuk mengajar mata kuliah yang bobotnya 4 sks yaitu :

1. Melakukan Diskusi 

Diskusi ini penting selain mahasiswa peran aktif untuk mengetahui materi sesuai Satuan Acara perkuliahan (SAP) dan mereka akan kritis untuk membahas setiap isi materi. dan diskusi memerlukan waktu yang cukup banyak seperti mata kuliah yang bobotnya 4 sks.

2. Melakukan Presentasi

Selain diskusi hal yang sering di lakukan adalah melakukan persentasi. pada minggu sebelumnya dosen sudah memberikan topik yang akan di persentasikan oleh mahasiswa, dengan mendapatkan topik untuk persentasi mahasiswa tentunya mencari dan membaca materi yang diberikan. selain itu setiap mahasiswa belajar untuk berbicara di depan orang banyak.

3. Memberikan tugas

Selain melakukan diskusi ataupun melakukan persentasi, hal yang lain adalah memberikan tugas di sisa 2 sks yaitu 2 sks menjelaskan dan 2 sks memberikan tugas.

4. Membuat soal latihan

Selain memberikan tugas, hal yang menarik adalah membuat soal latihan yang fun untuk di kerjakan oleh mahasiswa sesuai dengan materi hari tersebut.

Mungkin itu saja tips Bagaimana Cara mengajar mata kuliah teori bobot 4 sks untuk dosen, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.