Contoh Laporan keuangan penelitian PDUPT Dikti Terbaru

Contoh Laporan keuangan penelitian PDUPT Dikti Terbaru – Tahap setelah mendapatkan Dana hibah dikti baik dari Bidang Penelitian ataupun bidang Pengabdian Masyarakat, yang anda harus lakukan ada beberapa hal yaitu yang pertama membuat laporan penelitian baik laporan kemajuan ataupun laporan akhir.

Contoh Laporan keuangan penelitian PDUPT Dikti Terbaru
Laporan Keuangan penelitian PDUPT

Contoh Laporan keuangan penelitian PDUPT Dikti Terbaru

Kemudian langkah kedua membuat laporan pertanggung jawaban anggaran yang terdiri dari :

1. Membuat logbook harian (catatan harian)

2. Membuat isian pertangung jawaban keuangan yang disesuaikan dengan aturan SBK kementrian keuangan

3. Serta mengumpulkan nota-nota kegiatan anggaran (walaupun sifatnya di arsipkan di LPPM perguruan tinggi bersangkutan), sewaktu-waktu apabila ada audit BPK.

Kemudian langkah ketiga adalah tahap penyusunan ouput penelitian sesuai dengan rencana yang ada di proposal, contoh ouput yang di minta oleh dikti adalah publikasi, paten, haki, buku dan lainnya. untuk penelitian tertentu dengan jenis dan skim tertentu memiliki kewajiban output yang sudah di tentukan.

Misalnya pada skim Desentralisasi dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT), diwajibkan untuk penerima dana hibah harus memppublikasikan hasilnya di Jurnal Internasional bereputasi atau Publikasinya terbit di Jurnal Terakreditasi. dan masih banyak lagi yang rinciannya dapat di temui di Panduan SIMLIBTABMAS.

Lanjut pembahasan pada poin langkah ke Dua, saat ini (tahun 2018) saya sedang menyusun laporan keuangan penelitian dasar unggulan perguruan tinggi (PDUPT), dan saya menyusun laporan dan catatan harian tersebut dengan menggunakan excel dengan beberapa point yang saya buat.

Rincian Laporan keuangan penelitian PDUPT dikti tersebut terdiri dari dua sheet excel :

1. File pertama bernama (sheet) yaitu laporan PDUPT 

File ini berisi tentang catatan harian ataupun laporan kegiatan yang terdiri dari Tanggal, Jenis Kegiatan, Keterangan Transaksi (ada debit dan Kredit), Serta NO (merupakan transaksi masuk ke jenis pengeluaran di bagian mana)

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tentang Jenjang karier menjadi dosen kamu harus tahu

2. File kedua bernama (sheet) yaitu laporan Rincian anggaran

File ini berisi Ringkasan atau di sistem simlibtabmas merupakan Pertanggung jawaban anggaran sesuai dengan SBK yang berlaku. Pengeluaran tersebut terdiri dari 4 Kriteria pengeluaran yaitu :

a. Honorarium (tidak boleh ketua atau anggota peneliti) max 30 persen

b. Biaya bahan habis pakai max 60 persen

c. Biaya Perjalanan dan lain-lain max 40 persen

d. Serta Biaya Sewa alat dan lain-lain maksimal 40 persen

Dan pada laporan ini terdapat persentase apakah di setiap pengeluaran, penggunaan anggaran melebihi dari batas maksimal sesuai dengan aturan.

Anda dapat mendowload Contoh Laporan keuangan penelitian PDUPT Dikti Terbaru DISINI serta Slide tentang Aturan PAJAK DISINI yang saya dapatkan di website kopertis IV atau Kopertis XII.

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Contoh Laporan keuangan penelitian PDUPT Dikti Terbaru semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

*note : apabila link rusak bapak/ibu dapat menginformasikan ke saya di email : jejakdosen@gmail.com atau tulis di kolom komentar.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.