Mulai lagi belajar menulis di blog

Mulai lagi belajar menulis di blog – Masuk di tahun 2020, banyak hal yang saya evaluasi dalam kehidupan saya, salah satunya tentunya blog pribadi milik saya ini. sekedar intermezzo saya memulai memiliki dan mendiami rumah blog ini tahun 2017 di bulan februari. kurang lebih 2 tahun umurnya, nama blog ini jejakdosen.com. filosofinya dari nama tersebut saya ingin meninggalkan jejak di internet tentang hal apa saja yang saya lakukan, tentunya saya sebagai pribadi robby dan saya sebagai dosen sebagai profesi.

Belajar menulis lagi di blog ini

Sampai usianya 2 tahun ini, sebagai manusia tentunya saya belum merasa puas apa yang sudah saya kerjakan diblog ini, walaupun beberapa kali sudah mendapat pendapatan dari adsense tetapi masih saja saya belum puas.

Belum puas? iya tentu saja, banyak hal yang harus saya tingkatkan seperti saya masih menulis di blog ini tergantung mood, tidak rutin setiap harinya ini dilihat jumlah postingan saya pada tahun 2019 dengan rincian sebagai berikut :

Bulan Januari 2019 : Hanya menulis 7 Postingan

Bulan Februari 2019 : Hanya menulis 12 Postingan

Bulan Maret 2019 : Hanya menulis 7 Postingan

Bulan April 2019 : Hanya menulis 6 Postingan

Bulan Mei 2019 : Hanya menulis 5 Postingan

Bulan Juni 2019 : Hanya menulis 5 Postingan

Bulan Juli 2019 : Hanya menulis 4 Postingan

Bulan Agustus 2019 : Hanya menulis 3 Postingan

Bulan September 2019 : Hanya menulis 4 Postingan

Bulan Oktober 2019 : Hanya menulis 6 Postingan

Bulan November 2019 : Hanya menulis 4 Postingan

Bulan Desember 2019 : Hanya menulis 3 Postingan

Hanya 66 Posting dalam 1 tahun, rerata sehari postingannya hanya 0,18 artikel/hari

Dari statistik diatas rendah sekali menurut saya produktifitas dalam menulis artikel di blog saya ini.

Konsistensi, satu kata yang kurang saya miliki atau bahkan dapat dikatakan kelemahan saya. memang menulis sebuah blog dapat dikatakan susah-susah gampang, salah satu faktor penghambat penulisan artikel  di pengaruhi oleh mood saya dalam menulis.

Konsistensi satu kata yang kurang saya miliki

Tetapi kalau dipikir-pikir, penuruan produktifitas saya di tahun 2019 untuk menulis diblog ini karena beberapa target sudah saya dapatkan seperti diterimanya blog ini oleh google adsense dan ranking dari blog ini pada bulan oktober 2019 sampai menyentuh angka 600 ribu versi alexa. 

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Strategi meningkatkan penjualan arloji dengan konsep digital marketing

Pencapaian tersebut menurut saya sangat bagus, bagi blog baru dan penulis receh seperti saya. mungkin terlena, atau aktivitas yang mulai padat di pekerjaan sehingga blog ini sedikit terlupakan. padahal kalau saya ingat-ingat di tahun 2019 ini saya sengaja memasang internet indihome, dengan angan-angan produktif menulis artikel. karena saat itu saya berpikir dapat menulis artikel dirumah yang waktunya lebih banyak. tetapi hasilnya berbanding terbalik dan berbeda yang saya angan-angankan.

Apalagi saat akhir tahun ini, gara-gara saya menambahkan ssl pada domain blog ini, ternyata berpengaruh pada mesin pencarian dan ranking blog ini. blog ini yang awalnya bertengger di angka 600 ribuan turun sampai tanggal 31 desember 2019 ke angka 1,3 juta. dan saya mulai berpikir untuk berbenah dan mengevaluasi blog ini.

Hal lain yang saya evaluasi, adalah saya ingin belajar menulis lagi di blog ini. selain menampilkan artikel tutorial ataupun tips-tips. saya ingin rutin menulis artikel yang topiknya saya alami sendiri dan saya tulis dengan bahasa dan tulisan yang baik.

Menulis tidak mudah..bisa mudah jika mau belajar

Alasannya saya ingin belajar menulis lagi, karena pada tahun 2019 beberapa kali saya mengikuti perlombaan blog yang diselenggarakan oleh beberapa institusi. dan tentunya sampai saat ini saya belum bisa menang. saya membaca artikel-artikel di blog pemenang. memang keren tulisan-tulisan mereka, tulisan saya sangat jauh tertinggal, dari struktur penulisan yang runut setiap paragrap sehingga enak dibaca. Dan saya pun yakin dan percaya mereka layak menang. hehe

Menulis itu tidak mudah, sebagai dosen pun saya dituntut untuk dapat menulis dengan baik untuk penelitian ataupun publikasi di jurnal ataupun prosiding. untuk belajar menulis, tentunya diimbangi dengan banyak membaca. semakin banyak membaca saya dapat mengerti setiap sudut teknik penulisan artikel.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara Optimalisasi Google plus untuk meningkatkan visitor blog

Jika di Flashback lagi di tahun 2017 ketika saya pertama kali membuat blog ini, tujuan dari membuat blog ini saya ingin mem-branding diri saya di dunia maya. jika orang tahu blog jejakdosen.com tentunya mereka tahu itu saya. tentunya tujuan tersebut sampai saat ini akan saya terus lakukan. Bagaimana dengan adsense? adsense bukan tujuan utama, kalau dapat duit kenapa tidak, untuk mendapatkan uang yang banyak seperti blogger-blogger ternama, dapat menulis merupakan salah satu faktor, dan masih banyak faktor-faktor yang lain yang terkait. dan jujur saya ingin menuju kesana dengan banyak belajar pada ahlinya, walaupun hanya belajar dari google ataupun Youtube.

Terakhir, pada awal tahun masehi ini tepatnya 1 januari 2020. saya ingin membuat target-target dalam satu tahun kedepan khususnya untuk blog saya ini.

1. Yang pertama target saya adalah meningkatkan rata-rata jumlah artikel saya yang akhir tahun 2019 reratanya hanya 0,18 dan target saya meningkat ke rerata 10 persen diakhir tahun 2020.

2. Kedua menaikan kembali ranking blog saya yang pada akhir tahun ini berada di ranking 1. 353.448 dan pada akhir tahun 2020 target saya kembali ke angka 600 ribuan

3. Selain itu, saya ingin menyisihkan waktu saya untuk membuat acara seminar kecil dan berbagi tentang membuat blog atau hanya sekedar bercerita. yang tahun 2019 kemarin saya hanya sekali melakukannya dan terget saya bisa sampai 5 kali.

4. Selanjutnya membuat artikel dengan kategori yang baru, yang tulisannya dan tata bahasanya bagus seperti blog-blog ternama.

5. Mengikuti lomba penulisan blog minimal 5 perlombaan dalam tahun ini

6. Meningkatkan jumlah visitor blog ini..

Dan jawaban dari hasil target saya tentunya akan dilihat di akhir tahun 2020 mendatang. jika ada umur saya berharap target saya tersebut terpenuhi. aaminnn..

Target itu Motivasi, dan harus bisa..

Robby Yuli Endra

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tentang pembayaran atau payment google adsense

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.